Cara Mengatasi Blog WordPress Tidak Bisa Dibuka Karena Masalah Plugin

blog wordpress tidak bisa dibuka

Blog atau website berbasis WordPress umumnya menggunakan berbagai plugin untuk menunjang performa atau fitur website tersebut. Beberapa plugin yang umum digunakan blog berbasis WordPress antara lain plugin SEO, plugin artikel terkait, plugin sharing, dan sejumlah plugin terkait lainnya.

Baca: Web Hosting Terbaik Indonesia

Dalam proses instalasi plugin, ada kalanya plugin tersebut justru membuat blog WordPress tidak bisa dibuka secara normal. Ya, adanya masalah pada plugin yang baru saja Anda install dapat menyebabkan blog tidak bisa diakses seperti biasanya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir. Masalah blog tidak bisa dibuka karena plugin sejatinya bukanlah situasi yang rumit. Anda hanya perlu menonaktifkan plugin tersebut terlebih dulu, kemudian Anda dapat menginstalnya kembali setelah blog Anda bisa dibuka secara normal.

Contents

  Cara Mengganti Template Blog WordPress

Mengatasi Blog WordPress Tidak Bisa Dibuka Karena Plugin

Seperti sudah disinggung diatas, tidak banyak pekerjaan yang perlu Anda lakukan sekedar untuk mengatasi blog tidak bsia dibuka karena plugin bermasalah. Pada intinya Anda hanya perlu menghapus plugin tersebut terlebih dahulu. Dan jika kemudian ingin menggunakannya lagi, Anda bisa memasangnya ulang.

Dan berkaitan dengan plugin, pastikan Anda tidak menggunakan plguin secara asal-asalan karena plugin bermasalah akan berdampak buruk pada blog Anda. Caritahu lebih lanjut mengenai plugin tersebut sebelum Anda memutuskan untuk menggunakannya.

Adapun langkah-langkah menghapus plugin atau menonaktifkan plugin di WordPress bisa Anda simak caranya seperti dijelaskan dibawah ini.

Cara Menonaktifkan Plugin WordPress Lewat cPanel

Jika penyebab blog WordPress tidak dapat diakses sebagaimana biasanya karena terdapat masalah pada plugin, maka Anda bisa segera menonaktifkan atau menghapus plugin yang bermasalah tersebut melalui cPanel akun hosting Anda. Berikut ini cara menonaktifkan plugin lewat cPanel.

1. Silakan login ke cPanel dengan mengetikkan URL: namadomainanda.com/cpanel

2. Masukkan username dan password cPanel Anda.

  Cara Posting Artikel di Blog WordPress

3. Sesampainya di halaman cPanel, tekan tombol keyboard CTRL + F, lalu ketikkan File Manager.

hapus plugin lewat cpanel 1

4. Klik File Manager, klik folder Public_html, wp-content

hapus plugin lewat cpanel 2

5. Buka folder plugin, lalu hapus plugin yang memberikan masalah pada blog Anda sehingga tidak bisa dibuka secara normal.
hapus plugin lewat cpanel 36. Selanjutnya, silakan coba akses blog Anda. Jika bisa dibuka secara normal, maka itu artinya plugin yang baru saja Anda hapus merupakan penyebab blog Anda tidak bisa dibuka.

Apakah Anda ingin punya blog atau website dengan desain profesional guna dapat menunjang bisnis Anda? Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan Jasa Desain Website Murah untuk menyempurnakan tampilan website Anda.

Akhir Kata

Demikian cara menghapus plugin WordPress melalui cPanel yang tentunya dapat Anda lakukan dengan sangat mudah. Cara hapus plugin lewat cPanel akan sangat membantu ketika Anda dalam kondisi tidak bisa login ke dashboard WordPress.