Bagaimana sistem cicilan di Shopee PayLater? Baca Penjelasannya

Shopee PayLater

Shoppe Paylater adalah sebuah produk “beli sekarag bayar nanti” yang ditawarkan oleh e-commerce Shopee. Layanan Shopee Paylater memberikan sisi manfaat dan juga beban financial bagi setiap pengguna yang menggunakan layanan tersebut. Oleh karena itu, hendaknya digunakan dengan sebaik-baiknya agar Anda tidak memiliki tanggungan yang justru akan memberatkan keuangan Anda dikemudian hari.

Untuk sahabat artikeloka.com yang punya pertanyaan tentang bagaimana sistem cicilan di Shopee PayLater, di halaman ini Anda bisa membaca sistem penagihan serta denda telat bayar Shopee Paylater yang perlu Anda ketahui sebagaimana dilansir dari salah satu portal warta dalam negeri.

Sekilas Mengenai Shopee PayLater

SPaylater
SPaylater

Berapa denda telat bayar Shopee Paylater 10 hari, dan apakah telat bayar Shopee Paylater 1 hari akan dikenai denda keterlambatan atau tidak?

Seperti sudah dijelaskan diawal tadi, SPaylater atua Shopee Paylater merupakan layanan dari platform marketplace Shopee yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembelian barang menggunakan dana talangan dari pihak Shopee.

Singkatnya, Shopee Paylater membuat pengguna bisa membeli barang kapanpun sesuai yang diinginkan pengguna tersebut namun bayar di lain hari. Dalam hal ini, tidak semua akun pengguna Shopee dapat menikmati layanan yang satu ini, melainkan hanya pengguna yang dinilai memenuhi kualifikasi oleh pihak Shopee.

  Cara Mengaktifkan m-Banking BCA dengan dan Tanpa Datang ke bank

Jadi, berdasarkan penjelasan diatas, akun pengguna yang sering belanja di Shopee saja yang dapat mengaktifkan Shopee Paylater. Nah, berkaitan dengan hal tersebut, sangat penting untuk memahami sistem tagihan Shopee PayLater seperti apa.

Begini Cara kerja Shopee PayLater

Shopee PayLater dapat memberikan pinjaman dengan nominal tertentu sesuai limit saldo yang diperoleh pengguna sebagaimana yang diinfokan pada aplikasi Shopee pengguna.

Adapun skema pinjaman SPayLater ini diselenggarakan atas nama PT Commerce Finance dan dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Jadi, artinya ini legal.

Saldo yang dipinjam pengguna harus dibayar melalui cicilan setiap bulan dengan sejumlah pilihan termin pembayaran, mulai 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, hingga 12 bulan.

Bagi para pengguna Shopee Paylater yang telah mengaktifkan layanan Shopee PayLater dapat memilih jatuh tempo pembayaran cicilan per bulan antara tanggal 5 atau 25.

Adapun total biaya cicilan di Shopee PayLater termasuk bunga dan biaya penanganan untuk setiap transaksi. Cicilan melalui Shopee PayLater dibayar termasuk minimal bunga sebesar 2,95 persen dan biaya penanganan per transaksi sebesar 1 persen.

  Contoh Surat Lamaran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

Contoh: Pengguna membeli barang seharga Rp 200.000 di Shopee yang kemudian dibayar dengan menggunakan layanan Shopee PayLater dengan termin pembayaran 1 bulan, maka pada saat jatuh tempo, tagihan yang harus dibayar adalah sebesar Rp 207,900.

Pengguna diwajibkan untuk membayar tagihan cicilan Shopee PayLater sesuai tanggal jatuh tempo. Apabila telat membayar, maka pengguna bersangkutan akan dikenai denda, termasuk bagi pengguna yang telat bayar Shopee Paylater 1 hari saja.

Walaupun telat bayar hanya sehari, pengguna juga tetap harus membayar biaya keterlambatan. Nah, oleh sebab itu, jangan sampai Anda punya pengalaman telat bayar Shopee Paylater meskipun cuma 1 hari.

Berapa denda telat bayar Shopee Paylater?

Denda telat bayar Shopee Paylater juga berlaku bagi pengguna yang telat bayar Shopee Paylater 10 hari dan seterusnya.

Masih dari sumber yang sama, mengutip dari halaman FAQs Shopee, pengguna Shopee Paylater yang tidak segera membayar tagihan cicilan sebelum atau saat tanggal jatuh tempo, akan mendapat denda sebesar 5 persen per bulan dari seluruh total tagihan.

Sebuah contoh, apabila total tagihannya adalah sebesar Rp 200.000, maka dengan adanya denda tagihan menjadi Rp 210,000.

Untuk diketahui, total tagihan akan meningkat setiap bulannya jika tidak segera dilakukan pembayaran. Karena itu, jangan sampai terlambat membayar yang bisa menyebabkan adanya denda telat bayar Shopee Paylater.

  15 Bisnis Online Terbaru 2022

Diluar adanya tambahan denda, Shopee juga akan membatasi pengguna untuk mengakses fungsi dan voucher di aplikasi ketika terjadi keterlambatan pembayaran SPayLater.

Adapun untuk dapat membuka akses tersebut, maka pengguna bisa melunasi dulu denda serta total tagihan SPayLater dengan membayarnya lewat beberapa opsi pembayaran yang disediakan, mulai dengan cara transfer bank, pembayaran di Indomaret, dan lain sebagainya.

Selain yang sudah disebutkan tadi, penting juga untuk Anda ketahui bahwa terjadinya keterlambatan pembayaran SPayLater juga dapat mempengaruhi peringkat kredit di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK.

Dengan situasi tersebut, peringkat kredit seseorang yang tidak bagus akan membuatnya menjadi susah untuk bisa mendapatkan pembiayaan dari Bank atau perusahaan penyedia pinjaman lainnya.

Dan satu hal lagi yang sangat penting untuk diketahui, dimana penagihan shopee paylater ke rumah Anda juga akan terjadi bilamana Anda telat bayar atau gagal bayar SPayLater.

Kesimpulan

Itulah ringkasan mengenai sistem cicilan Shopee PayLater serta beberapa hal penting lainnya yang perlu Anda pahami mengenai Shopee PayLater.

Gunakan layanan Shoppe PayLater ini dengan bijak, hindari belanja online secara berlebihan yang pada akhirnya justru akan menyebabkan masalah keuangan bagi Anda karena beban cicilan yang membengkak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *