Apa Bisa Menjual Mobil yang Masih Kredit? Bisa

Menjual Mobil yang Masih Kredit

Banyak orang membeli mobil dengan cara mengangsur alias kredit. Pertanyaannya, apa bisa menjual mobil yang masih kredit dan belum lunas? Jawabannya adalah bisa, dan dalam artikel ini akan dijelaskan beberapa pilihan yang dapat dipertimbangkan jika ingin menjual mobil Anda yang statusnya masih dalam proses pelunasan.

Tentunya terdapat sejumlah pertimbangan kenapa seseorang memutuskan untuk menjual mobil miliknya padahal masih berstatus kredit dan belum lunas. Misalkan saja karena butuh dana mendesak, tidak ada pemasukan untuk meneruskan sisa cicilan, ingin ganti tipe mobil yang baru, dan lain sebagainya.

Sebelum memilih menjual mobil yang masih kredit, penting untuk dicatat bahwa jual mobil masih kredit ini tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Ingat, ada konsekuensi serius yang harus Anda tanggung jika Anda melakukannya secara tidak legal. Nah oleh sebab itu, artikel ini mungkin berguna bagi Anda karena dibawah ini dirangkumkan beberapa cara yang dapat Anda pertimbangkan.

Cara Menjual Mobil yang Masih Kredit

Dalam hemat penulis, setidaknya ada tiga cara untuk menjual mobil yang masih kredit. Ketiga cara yang disebutkan disini merupakan cara yang aman dan legal. Jadi, tidak akan merugikan Anda dikemudian hari. Apa saja itu, berikut ini penjelasan lengkapnya.

  Contoh Surat Lamaran BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

Namun, sebelumnya harap dipertimbangkan secara matang, apakah Anda benar-benar ingin menjual mobil tersebut? Mengapa ini penting? Karena pada prinsipnya Anda tetap akan kehilangan sejumlah uang (rugi) ketika menjual mobil dalam kondisi kreditan belum lunas.

Hal tersebut terjadi karena secara posisi, kekuatan tawar Anda terbilang rendah mengingat kendaraan Anda masih berstatus kredit. Tapi, menjual mobil mungkin dapat memberikan solusi keuangan untuk Anda yang sedang butuh dana mendesak.

1. Menjual Mobil yang Masih Kredit dengan metode Refinancing

Apa yang dimaksud refinancing mobil? Cara menjual mobil yang masih kredit yang dapat Anda pertimbangkan adalah dengan model refinancing, dimana dalam hal ini Anda dapat melakukan peralihan status kredit mobil Anda ke bank atau leasing baru.

Apabila disetujui, nantinya sisa hutang Anda di leasing yang lama akan dilunasi oleh leasing yang baru. Nah, berangkat dari situ, dapat disepakati perjanjian pembiayaan baru dan Anda pun punya kesempatan untuk mendapatkan uang tunai dalam jumlah tertentu sebagaimana yang disepakati diawal setelah refinancing tersebut terlaksana sesuai persetujuan antara Anda dan pihak leasing yang baru.

  Simpan Uang di Bank Dapat Bunga Berapa? Berikut Rinciannya

2. Menjual Mobil yang Masih Kredit di Showroom Mobil Bekas

Pilihan berikutnya dalam menjual mobil yang masih kredit yakni dengan menjual kendaraan tersebut ke showroom mobil bekas terdekat.

Apakah mobil yang masih kredit akan diterima oleh pihak showroom mobkas?

Tidak ada jaminan bahwa kendaraan Anda akan dibeli oleh pihak showroom mobkas. Namun, tidak sedikit juga para pengelola showroom mobil bekas yang mau membeli mobil dengan status masih kredit sepanjang dalam hitungan mereka dinilai masih ada potensi keuntungan. Jadi, pada intinya bagi mereka adalah yang penting untung.

Gambarannya adalah sebagai berikut:

  • Anggap saja harga jual bekas mobil Anda adalah Rp 170 juta
  • Angsuaran masih tersisa separuh atau sebut saja Rp 110 juta.
  • Pihak showroom mobkas tidak menutup kemungkinan bersedia untuk melunasi sisa hutang Anda di leasing sebesar Rp 110 juta.
  • Nah, dari situ, Anda tinggal membuat perjanjian dengan pihak showroom mobil bekas yang Anda pilih, berapa nilai penjualan kendaraan Anda yang disepakati.

3. Menjual Mobil yang Masih Kredit dengan Cara Take Over

Cara menjual mobil yang masih kredit yang paling tepat untuk dipilih adalah take over kredit. Take over atau over kredit merupakan cara menjual mobil masih kredit yang peluangnya terlihat lebih besar untuk terealisasi dengan catatan Anda bisa menemukan calon pembeli yang ingin memiliki mobil dengan cara kredit karena mungkin saja yang bersangkutan punya anggaran terbatas.

  Pengertian Lawyer Corporate Adalah

Penting untuk diingat, sebaiknya jangan melakukan peralihan kredit mobil diatas lisan (modal sama-sama percaya). Proses take over kredit wajib dilakukan secara terbuka dengan melibatkan pihak leasing. Jika Anda memaksakan untuk melakukan take over kredit secara sepihak tanpa sepengetahuan pihak lesaing, hal ini akan merugikan Anda sendiri dikemudian hari.

Hal tersebut ilegal, dan disisi lain Anda pun akan selalu dihadapkan dengan risiko menanggung gagal bayar pembeli mobil Anda. Jika pembeli mobil Anda tidak dapat melunasi sisa kredit, nantinya yang akan dimintai pertanggungjawaban oleh pihak leasing adalah Anda karena yang tercantum di leasing adalah nama Anda.

Kesimpulan

Berdasarkan uraian diatas, jika selama ini Anda punya pertanyaan “apa bisa jual mobil yang masih kredit yang belum lunas?”, jawabannya adalah bisa. Namun, pastikan Anda memilih opsi yang benar dan tidak merugikan Anda. Menjual mobil yang masih kredit harus mengikuti prosedur yang tepat dan tidak dilakukan secara ngawur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *