Cara Mengatasi Android Process Acore Telah Berhenti HP Xiaomi

cara mengatasi android process acore telah berhenti hp xiaomi

Ada beragam gejala permasalahan atau error pada HP Android. Adapun dalam artikel ini kita akan memberikan informasi berguna berkaitan dengan cara mengatasi android process acore telah berhenti hp xiaomi yang mungkin saat ini sedang terjadi di perangkat Anda.

Pesan error Xiaomi android.process.acore has stopped bukanlah satu hal yang terlalu asing bagi sejumlah pengguna. Anda pun dapat mengatasinya dengan mengikuti panduan yang dijelaskan dibawah.

Apabila Anda melihat pesan pop-up kesalahan umum di Android Anda yaitu “sayangnya proses android.proses.acore telah berhenti”. Bug atau kesalahan ini terutama terjadi saat Anda menavigasi tombol telepon atau aplikasi kontak atau mencoba menelepon seseorang.

Namun, selain aplikasi Kontak, ada juga beberapa alasan yang mungkin menyebabkan bug ini.

Pop-up tersebut akan hilang untuk sementara saat Anda mengetuk oke, namun ada kemungkinan pop-up tersebut akan muncul kembali. Munculnya error “android.process.acore” berulang kali bisa sangat mengganggu, apalagi jika Anda tidak tahu cara memperbaikinya.

Artikel ini akan mengilustrasikan beberapa cara umum untuk memperbaiki masalah “sayangnya proses android.proses.acore telah berhenti” di ponsel Android.

Apa yang menyebabkan kesalahan “android.process.acore” berhenti bekerja di Xiaomi?

Kesalahan “android.process.acore” berhenti bekerja muncul karena banyak penyebab. Namun, salah satu penyebab umum kesalahan ini adalah adanya file yang rusak di data cache kontak Anda di perangkat Android Anda. Selain itu, Anda mungkin melihat kesalahan ini setelah memperbarui OS ponsel Anda atau kesalahan sementara dalam menyinkronkan proses akun apa pun seperti Google, Facebook, dll.

Penyebab lain dari kesalahan ini adalah kurangnya ruang penyimpanan, menjalankan versi Android yang lebih lama, atau serangan virus berbahaya di ponsel Anda. Sebagian besar penyebab kesalahan ini tidak dapat diprediksi dan tidak dapat dihindari.

Artikel berkaitan: Cara Mengatasi Masukkan Kartu SD Sebelum Menggunakan Kamera

Dibawah ini, kami telah mencantumkan beberapa metode cepat untuk mengatasi kesalahan ini, namun perlu diingat untuk mengambil cadangan data perangkat Anda sebelum melakukan solusi apa pun yang diberikan. Mengambil cadangan data ponsel Anda akan melindungi Anda dari data apa pun yang hilang dari perangkat Anda.

  Cara Mengatasi Laptop Windows 11 Lemot

Metode untuk memperbaiki bug “android.process.acore telah berhenti” di Android

  1. Perbarui aplikasi dan mulai ulang ponsel Anda
  2. Hapus data dan cache dari Kontak dan penyimpanan Kontak
  3. Hapus partisi Cache Perangkat
  4. Hapus dan tambahkan kembali akun Google Anda
  5. Perbarui perangkat lunak telepon
  6. Atur ulang preferensi Aplikasi ke default, centang untuk menonaktifkan aplikasi
  7. Lakukan reset ke setelan pabrik

Perbarui aplikasi dan mulai ulang ponsel Anda

Terkadang kesalahan ” android.process.acore ” muncul saat menjalankan aplikasi versi lama di perangkat Android. Jadi mulailah mengatasi masalah ini dengan memperbarui aplikasi yang berjalan di ponsel Anda dari Play Store. Periksa pembaruan baru untuk aplikasi Anda, terutama Kontak, Telepon, dan aplikasi sistem lainnya. Jika ada pembaruan yang tersedia di Play Store, dapatkan pembaruan tersebut dan perbarui ke versi terbaru. Memperbarui aplikasi ke versi terbaru memperbaiki banyak masalah. Setelah selesai, restart ponsel Android Anda dan periksa apakah kesalahan sudah hilang. Jika masih muncul, lanjutkan dengan metode lain yang tercantum di bawah.

Hapus data untuk Kontak dan penyimpanan Kontak

Menghapus semua data dan cache untuk Kontak, Penyimpanan Kontak, dan aplikasi Google Kontak membantu mengatasi kesalahan “android.process.acore telah berhenti” dari perangkat Anda. Membersihkan data untuk aplikasi Kontak akan mengatur ulang aplikasi Anda ke default dan menghapus bug terkait. File cache berisi data yang membantu pengalaman pengguna yang lebih baik dalam hal kinerja dan kemudahan penggunaan. Menghapus file cache mungkin memperlambat kecepatan untuk sementara waktu.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus data cache dari aplikasi Kontak Anda; langkah-langkahnya mungkin sedikit berbeda berdasarkan perangkat yang Anda gunakan, namun sebagian besar sama:

  1. Luncurkan aplikasi Pengaturan di ponsel pintar Android Anda.
  2. Ketuk pada Manajemen aplikasi dan kemudian Daftar aplikasi (Info aplikasi).
  3. Dari aplikasi yang tersedia, pilih aplikasi Kontak untuk membukanya.
  4. Ketuk Paksa Berhenti untuk mematikan aplikasi.
  5. Buka Penggunaan penyimpanan dan ketuk untuk menghapus semua data dan cache

Setelah membersihkan cache dan data aplikasi Kontak, Anda juga perlu menghapus data dan cache dari dua aplikasi lagi, yaitu penyimpanan Kontak dan sinkronisasi Google Kontak. Untuk menavigasi aplikasi ini, ketuk opsi menu (3 titik) pada layar ” Daftar aplikasi (atau Info aplikasi)” dan pilih Tampilkan sistem.

  Cara menampilkan aplikasi yang tersembunyi di layar HP Xiaomi

Hapus partisi Cache Perangkat

Menghapus partisi cache perangkat dapat membantu memperbaiki bug pada ponsel Anda, termasuk gangguan dan kesalahan yang tidak terdeteksi . Tindakan ini menghapus data sementara atau rusak apa pun yang ada di ponsel Anda, tetapi tidak menghapus data lainnya. Disarankan untuk melakukan tindakan ini dengan hati-hati dan tidak memilih opsi lain. Selain itu, simpan cadangan semua data Anda untuk melindunginya dari pemformatan ponsel secara tidak sengaja.

  1. Matikan ponsel Android Anda.
  2. Tekan dan tahan tombol power + volume bawah secara bersamaan untuk membuka recovery mode . Kombinasi tombol mungkin berbeda dari satu ponsel ke ponsel lainnya. Anda dapat mencari untuk membuka mode pemulihan di Google untuk ponsel Android Anda.
  3. Setelah layar mode pemulihan terbuka, gunakan tombol volume atas dan bawah untuk menavigasi opsi Wipe cache partisi .
  4. Tekan tombol daya untuk memilih dan mengatur ulang partisi cache.

Hapus dan tambahkan kembali akun Google Anda.

Trik lain yang berfungsi untuk memperbaiki bug “android.process.acore telah berhenti” adalah dengan menghapus akun Google dari ponsel Anda. Ada kemungkinan timbul kesalahan konflik antara akun Google dan aplikasi Kontak Anda . Setelah Anda menghapus semua akun Anda, termasuk Google dan Facebook, mulai ulang perangkat Anda. Menghapus dan menambahkan kembali akun Google dan lainnya akan memperbaiki “proses android acore telah berhenti” jika ada masalah yang terjadi dengan akun Google dan aplikasi Kontak .

Berikut adalah langkah-langkah untuk menghapus akun Google dari perangkat Anda:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Anda.
  2. Navigasikan ke bagian akun dan ketuk Pengguna & akun.
  3. Sekarang ketuk Akun Gmail . Jika Anda menggunakan beberapa akun Google, hapus akun tersebut satu per satu dengan cara yang sama.
  4. Ketuk opsi menu (2 titik) di kanan atas layar.
  5. Ketuk Hapus akun dan konfirmasikan tindakan Anda dengan mengetuk Hapus akun

Setelah Anda berhasil menghapus akun Google Anda, tambahkan kembali akun tersebut ke aplikasi Kontak Anda (ponsel). Untuk menambahkan akun, ketuk Tambah akun dari bawah dan pilih Google . Sekarang masukkan kredensial Google Anda untuk ditambahkan. Jika Anda memiliki data yang disinkronkan, data tersebut akan disinkronkan ulang ke Kontak atau aplikasi lain.

Seperti akun Google, hapus akun Facebook dan aplikasi terkait seperti Facebook Messenger , dan mulai ulang ponsel Anda. Setelah memulai ulang ponsel Anda, tambahkan kembali dan sinkronkan akun Facebook Anda.

Perbarui perangkat lunak telepon

Kami tahu bahwa produsen perangkat secara rutin memperbarui perangkat lunak ponsel mereka untuk menambahkan lebih banyak fitur terbaru dan memperbaiki bug. Terkadang tidak memperbarui perangkat lunak ponsel ke versi terbaru dapat menyebabkan bug dan gangguan. Jika Anda melihat kesalahan “android.process.acore”, periksa pembaruan perangkat lunak apa pun yang tersedia di ponsel Anda.

  Cara Logout Akun GMail di HP

Berikut langkah-langkah untuk memeriksa pembaruan perangkat lunak pada ponsel pintar Android Anda:

  1. Buka aplikasi Pengaturan perangkat Android Anda.
  2. Ketuk pada Pembaruan perangkat lunak untuk memeriksa pembaruan apa pun yang tersedia. Di beberapa perangkat, navigasikan ke Tentang ponsel.
  3. Jika pembaruan tersedia, unduh dan instal di ponsel Anda.
  4. Terakhir, mulai ulang ponsel Anda untuk melakukan perubahan dan memperbaiki masalah.

Atur ulang preferensi Aplikasi ke default, dan centang untuk menonaktifkan aplikasi.

Metode lain untuk memperbaiki kesalahan “android.process.acore telah berhenti” adalah menyetel ulang preferensi aplikasi ke setelan default. Ini akan mengembalikan semua aplikasi ke pengaturan default dan mengaktifkan secara otomatis semua aplikasi sistem yang dinonaktifkan secara tidak sengaja. Terkadang Anda mungkin tidak menyadari aplikasi sistem yang dinonaktifkan yang menyebabkan kesalahan pop-up “android.process.acore”. Jadi, sebaiknya atur ulang preferensi aplikasi ke default agar aplikasi yang dinonaktifkan dapat diaktifkan.

Berikut langkah-langkah untuk menyetel ulang preferensi aplikasi di perangkat Android Anda:

  1. Buka aplikasi Pengaturan perangkat Android Anda.
  2. Ketuk Aplikasi dan notifikasi dan ketuk Info aplikasi ( lihat semua aplikasi) .
  3. Ketuk opsi menu (3 titik) di sudut kanan atas layar.
  4. Dari opsi yang tersedia, ketuk pada Reset preferensi aplikasi
  5. Ketuk opsi Setel ulang aplikasi untuk mengonfirmasi tindakan Anda.

Lakukan reset pabrik

Jika tidak ada metode yang disebutkan di atas yang menyelesaikan kesalahan “android.process.acore telah berhenti bekerja” di ponsel Android Anda, opsi terakhir adalah melakukan reset pabrik. Namun, melakukan reset pabrik pada perangkat akan menghapus semua data Anda dan mengatur ulang ponsel Anda ke pengaturan default saat Anda membelinya sebagai ponsel baru. Jadi, jika Anda berpikir untuk melakukan reset pabrik, simpanlah cadangan data Anda untuk dipulihkan dan instal ulang kembali ke ponsel Anda. Metode ini akan memperbaiki semua masalah pada perangkat Anda.

Langkah-langkah untuk menavigasi opsi reset pabrik mungkin berbeda-beda tergantung model ponsel yang Anda gunakan. Ingatlah bahwa setelah Anda memulai proses reset pabrik, Anda tidak dapat menghentikannya atau melakukan rollback.

Setelah menghapus semua data, perangkat akan reboot secara otomatis dan mengaturnya ke tahap default ketika masih baru.