Penyebab HP Android Sering Restart Sendiri

Penyebab HP Android Sering Restart Sendiri

Sebagian orang saat ini menggunakan ponsel berbasis Android, meski pengguna iPhone juga ada sedemikian banyak. Untuk pengguna Android, salah satu masalah yang mereka sering jumpai adalah HP Android sering restart sendiri.

Ada beberapa penyebab HP Android restart sendiri dan terjadi secara berulang. Melalui artikel ini Artikeloka.com akan berbagi dengan sahabat pembaca cara mengatasi HP Android yang sering restart sendiri dengan langkah-langkah yang bisa Anda terapkan.

Kenapa HP Android Sering Restart Sendiri?

Apakah ponsel Android Anda restart sendiri secara otomatis? Kami akan menunjukkan kepada Anda mengapa hal ini terjadi dan bagaimana agar perangkat berfungsi normal kembali.

Android adalah sistem operasi seluler yang stabil, namun tidak kebal dari masalah yang parah. Rilis perangkat lunak sistem yang bermasalah, aplikasi yang tidak dioptimalkan, cache aplikasi yang rusak, dll., dapat dengan mudah memicu kerusakan seluruh sistem yang memaksa perangkat untuk melakukan boot ulang sendiri.

Ikuti saran dan solusi di bawah ini untuk memperbaiki ponsel Android yang terus restart.

1. Periksa Pembaruan Software Sistem Android

Ponsel Android yang menjalankan versi lama atau versi awal dari rilis perangkat lunak sistem utama rentan terhadap restart secara acak atau sering.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk memulai dengan memeriksa pembaruan Android yang lebih baru karena pembaruan tersebut sering kali mengatasi bug yang terus-menerus dan meningkatkan kinerja secara umum.

  Cara Mengatasi Tampaknya Ada Aplikasi Lain yang Memblokir Akses ke Google Play

Meskipun ponsel Android Anda tidak mendukung versi terbaru Android, Anda tetap harus menginstal pembaruan keamanan atau stabilitas apa pun yang tertunda.

Untuk melakukannya:

  • Buka aplikasi Pengaturan melalui Layar Beranda atau Laci Aplikasi.
  • Gulir ke bawah dan ketuk Sistem.
  • Pilih Pembaruan sistem.
  • Pilih Periksa pembaruan.
  • Unduh dan instal pembaruan perangkat lunak sistem apa pun yang tertunda.

Jarang sekali, beberapa pembaruan Android atau rilis beta dapat menimbulkan bug yang menyebabkan ponsel Anda restart.

Jika Anda tidak sabar menunggu pembaruan berikutnya (yang dapat mengatasi masalah ini), pertimbangkan untuk menurunkan versi Android ke versi yang lebih lama. Namun, ini adalah upaya terakhir yang harus Anda ambil hanya jika tidak ada perbaikan berikutnya yang berhasil.

2. Hapus Partisi Cache di Android

File sistem sementara yang rusak di Android adalah alasan lain perangkat restart secara acak. Coba hapus partisi cache pada penyimpanan internal ponsel Anda dalam Mode Pemulihan dan periksa apakah itu membuat perbedaan.

Memasuki Mode Pemulihan berbeda antara versi Android dan model ponsel. Sebagai contoh, berikut cara melakukannya di Google Pixel.

  1. Tekan tombol Daya dan Volume Naik secara bersamaan, lalu ketuk Matikan untuk mematikan perangkat Anda.
  2. Tekan dan tahan tombol Daya dan Volume Turun secara bersamaan hingga Anda melihat layar dengan tanda seru berwarna merah.
  3. Gunakan tombol Volume untuk menelusuri opsi yang tersedia hingga Anda memilih Mode Pemulihan. Kemudian, tekan tombol Daya.
  4. Tekan sebentar tombol Daya dan Volume Naik di layar dengan ikon Android hingga Anda melihat opsi pemulihan.
  5. Sorot opsi Hapus partisi cache menggunakan tombol Volume.
  6. Pilih tombol Daya untuk konfirmasi.

Jika Anda tidak melihat opsi Hapus partisi cache, sambungkan ponsel Anda ke komputer melalui USB dan coba lagi. Jika masih tidak muncul, kemungkinan pabrikan ponsel Anda tidak mendukung penghapusan partisi cache.

  Cara Mengkonversi File PDF ke Word Menggunakan Google Drive

3. Perbarui Semua Aplikasi Android ke Versi Terbaru

Menginstal pembaruan aplikasi terkini adalah cara hebat lainnya untuk menghindari kesalahan kerusakan perangkat yang disebabkan oleh aplikasi Android yang tidak dioptimalkan atau ketinggalan jaman. Ada berbagai metode untuk memperbarui aplikasi di perangkat Android, tetapi inilah yang paling mudah:

  1. Buka aplikasi Google Play Store di perangkat Android Anda dan ketuk potret profil Anda di kanan atas layar.
  2. Ketuk Kelola aplikasi & perangkat.
  3. Ketuk Perbarui semua di bawah Pembaruan tersedia

Jika Anda ingin memperbarui aplikasi satu per satu, alihkan ke tab Kelola dan pilih Pembaruan tersedia. Kemudian, pilih aplikasi yang ingin Anda perbarui dan ketuk ikon Perbarui.

4. Hapus Cache Aplikasi yang Rusak

Jika aplikasi tertentu menyebabkan perangkat Android Anda restart, jangan lupa untuk memperbaruinya. Jika masalah ini berulang, hentikan aplikasi agar tidak berjalan di latar belakang dan kosongkan cache-nya. Ini mengatasi kerusakan yang disebabkan oleh data aplikasi sementara yang rusak. Untuk melakukannya:

  1. Buka aplikasi Pengaturan dan pilih Aplikasi.
  2. Cari dan ketuk aplikasi yang bermasalah.
  3. Ketuk Paksa berhenti > OK
  4. Ketuk Penyimpanan dan cache.
  5. Ketuk Hapus cache.

Jika cara tersebut gagal menyelesaikan masalah, hubungi pengembang aplikasi untuk mendapatkan bantuan (Anda dapat menemukan info kontak di halaman Play Store aplikasi), uninstal dan instal ulang aplikasi, atau sideload aplikasi versi stabil.

5. Coba Gunakan Mode Aman

Mode Aman Android adalah lingkungan sederhana di mana hanya aplikasi asli yang berfungsi, dan itu membantu Anda menentukan apakah aplikasi pihak ketiga adalah penyebab perangkat dimulai ulang.

Proses memuat ponsel Android dalam Safe Mode berbeda antara produsen dan model. Misalnya, di Google Pixel, Anda harus:

  1. Tekan dan tahan tombol Daya dan Volume Naik secara bersamaan untuk menampilkan opsi daya ponsel Anda.
  2. Ketuk dan tahan ikon Restart hingga Anda melihat pop-up “Reboot to safe mode”.
  3. Ketuk Oke
  Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat No HP

Jika ponsel Anda berhenti melakukan boot ulang dalam Mode Aman, hapus semua aplikasi pihak ketiga yang baru saja diinstal dan mulai ulang ponsel Anda secara normal. Kemudian, instal ulang semuanya hingga Anda mengidentifikasi aplikasi yang bermasalah.

6. Lepas Casing, Baterai Eksternal, dan Aksesori

Casing berukuran besar, baterai eksternal, dan aksesori lain di ponsel Android dapat membuat ponsel menjadi panas dan memaksanya untuk mati atau dihidupkan ulang. Hapus mereka dan periksa apakah itu menghentikan perangkat untuk melakukan boot ulang.

7. Kosongkan Ruang Penyimpanan di Android Anda

Jika ponsel Android Anda hampir kehabisan penyimpanan, jangan kaget jika sistem dimatikan dan di-boot ulang secara acak. Untuk mengosongkan ruang di perangkat Android Anda:

  1. Buka aplikasi Pengaturan di ponsel Android Anda.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk Penyimpanan.
  3. Jelajahi kategori penyimpanan— Aplikasi, Dokumen & lainnya, Gambar, dll.—untuk menghapus item yang tidak diinginkan dari perangkat Anda atau ketuk Kosongkan ruang dan ikuti saran pembersihan untuk mendapatkan kembali penyimpanan dengan cepat.

Tips : Untuk memastikan Anda selalu memiliki cukup ruang kosong di penyimpanan internal Android, pertimbangkan untuk menggunakan kartu SD untuk menyimpan file.

8. Periksa Kesehatan Baterai Ponsel Anda

Degradasi baterai pada perangkat Android dapat menyebabkan mati dan mulai ulang secara acak. Jika Anda telah menggunakan ponsel setidaknya selama satu tahun, ada baiknya Anda memeriksa kesehatan baterainya. Ada beberapa cara untuk melakukannya:

  • Coba Kode Dial : Tekan ##4636## di aplikasi Telepon. Pada menu “Pengujian” yang muncul, ketuk Informasi baterai.
  • Ponsel Samsung : Buka aplikasi Samsung Members dan ketuk Dapatkan Bantuan > Pemeriksaan interaktif > Baterai.
  • Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga : Instal aplikasi gratis seperti CPU-Z atau AccuBattery dan periksa tab Baterai.

Jika kesehatan baterai pada ponsel Android Anda tidak baik, kami sangat menyarankan Anda untuk mengganti baterai.

Leave a Reply