5 Kesalahan Trading Crypto bagi Trader Pemula

kesalahan trading crypto

Terdapat sejumlah kesalahan fatal yang seringkali dilakukan oleh trader pemula dimana hal tersebut dapat menyebabkan yang bersangkutan rugi besar secara finansial, bahkan lebih buruk lagi yakni menjadi bangkrut karena trading.

Ingat, kegiatan trading saham, trading forex, apalagi trading crypto dengan volatilitasnya yang sangat tinggi sejatinya memiliki risiko yang sangat besar. Jadi, Anda perlu memahami dasar dari trading itu sendiri jika Anda ingin mencoba trading.

Dalam posting singkat ini, kita akan berbagi informasi mengenai beberapa kesalahan trading crypto yang mungkin cukup umum dilakukan oleh para trader pemula dimana beberapa poin yang dijelaskan disini diharapkan dapat memberi bahan perhatian bagi sesiapa saja yang ingin mencoba trading, khususnya trading crypto.

Seperti diketahui, trading memungkinkan kita untuk mendapatkan keuntungan dalam kurun waktu yang relatif singkat, namun disisi lain kita juga selalu dihadapkan dengan kerugian yang teramat besar. Perlu perencanaan serta manajemen yang baik jika Anda ingin trading secara serius. Selain membutuhkan pemahaman, minimal secara basic, trading juga membutuhkan kecermatan serta konsentrasi tinggi.

Kesalahan Trading Crypto bagi Trader Pemula

Berikut ini dijelaskan mengenai sejumlah kesalahan trading pemula dalam mengikuti trading crypto. Meski secara pembahasan artikel ini cukup singkat, namun poin yang disampaikan sepertinya sangat penting sehingga diharapkan dapat menjadi “alarm” bagi Anda yang mungkin saat ini sedang intens berpikir untuk mencoba trading crypto.

  15 Bisnis Online Terbaru 2023

Pada prinsipnya, trading crypto adalah salah satu kegiatan atau profesi yang memiliki risiko sangat besar. Artinya, Anda tidak akan mendapatkan keuntungan tanpa persiapan yang baik. Bahkan, kemungkinan mengalami kerugian besar ada didepan mata ketika tanpa perencanaan dan manajemen yang jelas. Dibawah ini merupakan 5 kesalahan mendasar trader pemula yang wajib Anda perhatikan.

1. Ikut-ikutan

kesalahan trading pertama, trading ikut-ikutan

Trading crypto membutuhkan bekal pemahaman yang artinya Anda tidak bisa terjun kedalam trading hanya sekedar ikut-ikutan. Jangan karena tergiur oleh teman atau seseorang yang Anda kenal lantas Anda mengalokasikan sejumlah uang untuk trading crypto. Anda membutuhkan persiapan dan basic pemahaman tentang trading crypto itu sendiri baru kemudian Anda dapat mulai mencoba.

Banyak trader pemula rugi besar, sangat banyak trader pemula bangkrut, dan tak sedikit yang mengatakan bahwa tidak ada orang sukses dari trading. Faktanya, trading mengharuskan kita untuk bisa lebih cermat agar tidak selalu merugi. Jika Anda sekedar ikut-ikutan tanpa punya basic tentangnya, Anda harus banyak menggali informasi terlebih dahulu sebelum memutuskan terjun ke dunia trading.

2. Menggunakan Uang Biaya Hidup

kesalahan trading kedua, menggunakan uang biaya hidup untuk trading

Kesalahan trader pemula berikutnya adalah mereka menggunakan uang untuk biaya hidup. Ini tidak mutlak salah, tetapi jika Anda menggunakan uang yang notabene Anda perlukan untuk keperluan lain, maka Anda akan merasa seperti dikejar-kejar untuk bisa melipatgandakan uang tersebut secara cepat, padahal dalam trading itu ada kalanya market dalam kondisi bearish. Semakin tinggi risiko yang berani Anda ambil, maka semakin besar pula kemungkinan Anda mengalami loss.

Cara trading crypto yang benar adalah dengan menggunakan uang dingin atau uang yang dalam waktu dekat tidak Anda perlukan (misalkan uang tabungan). Ingat, sepertinya tak sedikit trader pemula yang terjebak dengan situasi ini. Anda perlu menghindarinya. Jika belum memiliki uang simpanan, sebaiknya tunda dulu untuk masuk ke trading karena akan mempengaruhi mental Anda dalam membuat keputusan – sementara dalam trading, manajemen mental itu nomor satu.

  Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Untuk Pemula

3. Tamak

kesalahan trading crypto ketiga, target kebesaran

Semakin besar tinggi target Anda (tidak realistis), maka semakin besar kerugian yang akan Anda tanggung. Misalkan Anda deposit modal sebesar 5 juta, lalu Anda menargetkan uang tersebut akan menjadi 7 juta dalam waktu yang relatif singkat. Dalam trading crypto, hal tersebut sangat mungkin terjadi. Namun, semakin kebesaran target Anda, maka semakin besar pula risiko mengalami kerugian. Jadi, yang benar adalah menentukan target secara realistis tapi berkelanjutan.

Lalu, berapa persen patokan target yang tepat? Dalam hal ini mungkin setiap trader punya penilaian sendiri, namun menurut saya profit 1 persen itu sudah cukup. Karena prinsip dalam trading menurut saya adalah lebih baik untung 10 ribu daripada loss 100 ribu.

Pelajaran terpenting dalam poin ini adalah, jangan menargetkan profit terlalu tinggi, karena disisi lain akan selalu ada risiko besar yang mengiringi jika Anda menentukan target kenaikan harga terlalu tinggi.

4. Terpancing kenaikan harga

kesalahan trading keempat, pergerakan harga crypto

Sebagaimana sudah disebutkan diatas, volatilitas crypto itu sangat tinggi. Misalkan harga Bitcoin di jam ini adalah 350 juta, dalam hitungan menit saja harganya bisa naik menjadi 400 juta. Nah, untuk trader pemula, kesalahan trading crypto yang sering dilakukan oleh para pemula adalah mereka terpancing dengan kenaikan harga yang dalam grafik terlihat terus naik dan naik yang kemudian mendorong mereka untuk melakukan pembelian di harga sangat tinggi tanpa memiliki pertimbangan lain.

Saran yang dapat disampaikan disini adalah, ketika Anda mendapat harga suatu aset crypto sedang mengalami tren kenaikan yang sangat signifikan, sebaiknya jangan langsung melakukan pembelian. Sabar, dan harap menunggu terlebih dahulu sampai pergerakan harga tersebut terpantau berada pada angka yang stabil. Memang, di satu sisi Anda akan kehilangan kesempatan untuk bisa profit besar, namun di lain sisi hal ini akan menghindarkan Anda dari kerugian besar. Kembali ke prinsip dasar trading, lebih baik tidak untung daripada rugi.

  Jaringan Iklan CPM Termahal Untuk Blog Indonesia

5. Ingin menutupi kerugian dalam waktu yang singkat

Kesalahan trading crypto yang berikutnya adalah keinginan untuk menutupi kerugian dalam jumlah yang relatif besar dalam kurun waktu yang cukup singkat. Anda tidak bisa memaksakan hal ini – Anda harus realistis dan mengikuti pergerakan market.

Semakin memaksakan diri untuk menutupi kerugian, maka uang Anda akan semakin terkikis. Tetap tenang, amati market, dan buatlah keputusan trading (Jual-Beli) secara logis sesuai tren yang Anda amati. Jangan terlalu tergesa-gesa dalam mengambil keputusan, karena pergerakan harga bisa saja membutuhkan waktu yang lumayan lama. Tapi, satu hal yang tetap perlu Anda yakini, bahwa pergerakan harga (naik-turun) itu pasti akan terjadi, dan Anda tinggal memanfaatkan momen tersebut.

Kesimpulan

Trading crypto maupun trading aset lainnya pada umumnya merupakan sebuah kegiatan yang sangat berisiko. Agar terhindar dari kerugian besar, terlebih mengalami kebangkrutan, sebaiknya Anda perhatikan sejumlah hal mendasar serta sangat penting yang antara lain sebagaimana diulas dalam artikel ini.

Persiapkan diri dengan sematang mungkin dengan banyak belajar dan menggali informasi agar bekal ilmu trading crypto Anda semakin dirasa cukup dan berangkat dari sini keinginan untuk bisa sukses dari trading kripto menjadi semakin realistis.