Cara Menonaktifkan Komentar di FB Terbaru

Cara Menonaktifkan Komentar di FB

Ada sejumlah alasan yang mendasari seseorang untuk lebih memilih mematikan komentar di FB, misalkan karena yang bersangkutan tidak ingin terlalu banyak komentar yang diluar konteks postingannya.

Nah, kali ini Artikeloka.com akan berbagi informasi dengan sahabat pembaca mengenai cara mematikan komentar di FB yang dapat dilakukan lewat HP ataupun menggunakan laptop. Caranya sangat mudah, selebihnya bisa Anda ikuti dibawah.

Mengontrol bagian komentar postingan Facebook Anda tidaklah mudah, terutama jika Anda mengelola halaman/rangkaian bisnis Facebook dengan banyak pengikut.

Menjadi platform publik, postingan Facebook dibajak oleh komentar yang bisa berisi spam, ofensif, kontroversial, dan hal-hal kurang menyenangkan lainnya.

Seperti yang telah kita ketahui, secara default, Facebook mengizinkan semua orang mengomentari kiriman publik Anda, bahkan orang yang tidak mengikuti Anda.

Jika Anda ingin lebih mengontrol siapa yang dapat mengomentari postingan Facebook Anda serta mempelajari cara menonaktifkan komentar di postingan Facebook, Anda telah sampai di halaman yang tepat.

Facebook telah memperkenalkan perubahan baru yang memungkinkan para pengguna untuk bisa mengontrol siapa yang dapat mengomentari kiriman Facebook.

Dalam postingan ini, kami akan membantu Anda menonaktifkan komentar di postingan Facebook untuk profil, halaman bisnis, grup Facebook dan yang lainnya yang mungkin saja sedang Anda butuhkan panduannya.

Cara Menonaktifkan Komentar di Facebook Lewat HP

Sebagai catatan, apabila Anda menggunakan browser saat membuka Facebook, maka sebenarnya tidak banyak perbedaan antara Anda menggunakan HP ataupun perangkat PC seperti laptop. Keduanya nyaris sama.

Namun, agak berbeda ketika Anda menggunakan aplikasi seperti aplikasi Facebook versi standar ataupun aplikasi Facebook Lite.

  Cara Mengetahui Lokasi Seseorang Lewat No HP

Yang mendasari Facebook di balik perubahan baru ini adalah untuk memberikan lebih banyak pengaruh kepada pengguna untuk mengontrol siapa yang dapat mengomentari kiriman mereka.

Dengan perubahan baru ini, komentar dapat dibatasi pada kiriman di tingkat akun atau bahkan di kiriman Facebook individu. Anda memiliki opsi untuk memilih siapa yang diizinkan mengomentari kiriman Anda dari opsi seperti Publik, Teman, dan Orang/Halaman yang disebutkan dalam kiriman.

Untuk mematikan komentar di Facebook via aplikasi HP langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka posting yang diinginkan di profil Anda yang ingin Anda batasi komentarnya
  2. Ketuk opsi tiga titik di sudut kanan-atas postingan
  3. Ketuk pilihan ‘Siapa yang dapat mengomentari kiriman Anda?’
  4. Anda kemudian dapat memilih salah satu dari tiga opsi seperti yang terlihat di gambar SS di bawah ini.
cara menonaktifkan komentar di facebook lewat hp

Seperti terlihat pada gambar SS diatas, Anda dapat memilih opsi sesuai dengan yang Anda inginkan – mematikan komentar postingan di FB Anda.

Cara Menonaktifkan Komentar di Postingan Facebook via Browser Web

Untuk mematikan komentar di FB lewat browser atau web, langkah-langkahnya juga sangat mudah. Silahkan ikuti panduan dibawah ini:

  1. Arahkan ke posting yang Anda inginkan di halaman / profil Facebook Anda
  2. Klik opsi tiga titik di pojok kanan atas postingan
  3. Klik ‘Siapa yang dapat mengomentari kiriman Anda?’
  4. Anda kemudian harus memilih salah satu dari tiga opsi seperti yang tercantum di bawah ini
Cara Menonaktifkan Komentar di Postingan Facebook via Browser Web

Cara Mematikan Komentar di Grup Facebook

Grup Facebook terkadang bisa berubah menjadi tempat perdebatan yang berat & kontroversial . Admin grup bisa kewalahan untuk memoderasi percakapan. Dalam kasus seperti itu, lebih baik matikan komentar.

Seringkali untuk postingan yang berisi informasi seperti aturan grup atau postingan yang perlu disematkan, disarankan untuk menonaktifkan komentar.

Facebook memberi Anda opsi untuk menonaktifkan komentar untuk kiriman grup Facebook . Untuk melakukannya, Anda harus menjadi orang yang awalnya membagikan kiriman atau admin grup. Jika Anda memenuhi salah satu dari dua kategori tersebut.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menonaktifkan komentar untuk postingan grup Facebook:

  4 Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung
Cara Mematikan Komentar di Grup Facebook
  1. Arahkan ke grup yang ingin Anda batasi komentarnya.
  2. Klik ikon bertitik tiga di pojok kanan atas, dan klik “Nonaktifkan Komentar”.
  3. Untuk membatalkan tindakan ini, klik titik sekali lagi dan pilih “aktifkan komentar” lagi.

Cara Menonaktifkan Komentar di Halaman Bisnis Facebook

Media sosial telah merevolusi cara konsumen dapat berinteraksi dengan merek. Ini memberi pelanggan media langsung untuk berbagi ide, umpan balik & bahkan kritik.

Merek dapat memanfaatkan percakapan ini untuk menciptakan komunitas & mengembangkan loyalitas merek.

Jadi orang mungkin bertanya mengapa Anda perlu mematikan komentar di Facebook?

Sayangnya, kolom komentar postingan Facebook dipenuhi dengan troll, haters, atau spammer, yang dapat mengurangi pesan yang dibagikan di postingan tersebut.

Halaman Facebook merek Anda adalah ruang publik, dan Anda bertanggung jawab untuk menjaganya tetap bersih.

Jika kolom komentar Anda berisi komentar yang kurang menyenangkan, kolom komentar Anda perlu dimoderasi.

Jika Anda berurusan dengan komentar semacam itu dalam skala besar, hal-hal dapat dengan cepat menjadi berlebihan. Dan manajer media sosial menggunakan opsi untuk menonaktifkan komentar di postingan Facebook.

Meskipun mudah untuk mematikan komentar pada kiriman Facebook dalam grup, melakukannya untuk kiriman halaman dan iklan bisa jadi rumit.

Facebook tidak menawarkan opsi apa pun untuk menonaktifkan komentar pada postingan halaman Facebook bisnis dan postingan iklan Anda.

Ada dua solusi jika Anda ingin menonaktifkan komentar di posting dan iklan halaman Facebook Anda. Mari kita lihat keduanya.

1. Matikan Komentar di Halaman Posting Facebook Menggunakan Fitur Moderasi

Dengan menggunakan alat moderasi Facebook, Anda dapat menghilangkan sebagian besar komentar semacam itu. Buka pengaturan Halaman Facebook Anda > Umum > Moderasi Halaman . Sekarang tambahkan simbol umum seperti “.” dan kata-kata seperti “kepada”, “Anda”, dll., ke daftar kata kunci terlarang di administrasi halaman Facebook Anda.

Matikan Komentar di Halaman Posting Facebook Menggunakan Fitur Moderasi

PS Itu akan mematikan komentar untuk semua komentar semacam itu di semua posting dan iklan Facebook Anda sekaligus.

Namun jika Anda hanya ingin mematikan komentar pada beberapa postingan & iklan sambil melanjutkan keterlibatan pada konten Anda yang lain, cara berikut ini akan berhasil untuk Anda.

  XNNXXNNXUBD 2021 Nvidia Shield TV Review Facebook Lite Full

2. Matikan Komentar Pada Posting Facebook Menggunakan Layanan Pihak Ketiga

Layanan pihak ketiga seperti Statusbrew memungkinkan Anda untuk mematikan komentar di kiriman FB tertentu menggunakan – ” Mesin aturan .” Rule Engine memungkinkan Anda membuat aturan untuk posting tertentu dan menonaktifkan komentar di dalamnya.

Ikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Buka Statusbrew & buka mesin aturan
  2. Buat aturan baru & mulailah dengan memberinya nama
  3. Sekarang pilih profil Facebook yang terhubung ke Statusbrew
  4. Pilih kondisi sebagai ” Posting adalah” dan tindakan sebagai “Sembunyikan semua Komentar .”
  5. Klik Simpan

Dengan aturan ini, komentar pada posting & iklan Facebook yang dipilih akan dimatikan, sementara Anda dapat melanjutkan interaksi di semua posting lainnya.

Selain itu, ada juga proses peninjauan di mana Anda dapat memilih untuk menyembunyikan semua komentar secara otomatis di halaman Facebook / Instagram Anda dan mengarahkannya ke kotak masuk tertentu.

Anda kemudian dapat dengan cepat meninjau semua komentar Facebook yang tersembunyi sekali sehari. Jika sesuatu dapat bertahan, Anda dapat menyembunyikannya dengan satu klik.

Menggunakan Rule Engine di layanan pihak ketiga seperti yang kami jelaskan diatas, Anda dapat mengotomatiskan tindakan antara lain sebagai berikut:

  1. Sembunyikan pesan (Sembunyikan Komentar)
  2. Hapus pesan (Hapus Komentar)
  3. Balasan Pribadi (hanya Facebook)
  4. Tetapkan ke Pengguna atau Grup Pengguna
  5. Tetapkan percakapan sebagai Prioritas
  6. Terapkan Tag ke Percakapan

Anda dapat mencoba layanan tersebut dengan uji coba gratis, atau pesan demo gratis untuk memahami cara kerjanya untuk bisnis Anda.

Ringkasan

Ada banyak cara untuk menonaktifkan komentar di FB dimana opsi mematikan komentar di Facebook mungkin ingin Anda ambil manakala selama ini Anda sering mendapatkan komentar yang kurang menyenangkan, misalkan saja komentar spam sering Anda lihat.