Cara Mengatasi WiFi Lemot

Cara Mengatasi WiFi Lemot

Terdapat berbagai trik mengatasi Wifi lemot di HP maupun di lapto yang dapat Anda terapkan bilamana sering menjumpai masalah Wifi lambat saat digunakan untuk membuka internet atau download video pilihan Anda.

Ada puluhan alasan mengapa WiFi Anda mungkin lambat. Mungkin karena faktor eksternal, ISP Anda, perangkat keras atau perangkat lunak PC Anda, atau karena seseorang berbagi WiFi Anda.

Berurusan dengan kecepatan Wi-Fi yang lambat bisa menjadi proses yang rumit, terutama bila ada banyak faktor yang mungkin menyebabkan masalah. Mendeteksi masalah ini dan memperbaikinya sesegera mungkin akan membuat kecepatan WiFi Anda normal.

Namun, pertanyaannya adalah apa yang perlu Anda cari? Berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda coba untuk memperbaiki masalah kecepatan Wi-Fi yang lambat. Kami akan mulai dengan beberapa teknik pemecahan masalah dasar yang paling populer diikuti dengan teknik rumit yang ditempatkan di bagian akhir.

Artikel ini mungkin relevan dengan pertanyaan berikut ini:

  • cara mengatasi wifi lemot indihome
  • cara mengecek wifi lemot
  • kenapa wifi lemot padahal sinyal full
  • penyebab wifi lemot
  • cara mengatasi wifi lemot di laptop

Cara Mengatasi WiFi Lemot Download

Download file atau aplikasi di internet merupakan salah satu aktivitas yang sering dilakukan oleh pengguna tatkala mereka tersambung dengan jaringan Wifi. Dalam hal ini Anda mungkin tengah mencari cara mengatasi Wifi lemot download yang dapat Anda coba metode yang dijelaskan dibawah ini.

1. Periksa Kecepatan Wi-Fi Anda

“Tapi mengapa saya perlu memeriksa kecepatan Wi-Fi saya ketika saya sudah tahu seberapa cepat dulu bekerja?” Pertanyaan bagus, tetapi mungkin saja ISP Anda telah merevisi kecepatannya dalam paket Anda, atau bisa juga karena alasan yang berbeda sama sekali.

Oleh karena itu, untuk memeriksa kecepatan Wi-Fi Anda, Anda dapat pergi ke situs web seperti Speedtest.net atau Fast.com, atau cukup ketik uji kecepatan Internet di Google dan jalankan uji kecepatan.

Selain itu, Anda dapat memeriksa aplikasi ISP Anda jika kecepatan dan paketnya masih sama. Jika kecepatan yang Anda dapatkan tidak mendekati kecepatan yang disebutkan di aplikasi, Anda dapat menghubungi layanan pelanggan.

  Foto Anime Cewek2 Cantik Lucu

Jika mereka mengatakan tidak ada yang salah dengan jaringan Anda dari pihak mereka, Anda dapat melanjutkan dan mengikuti metode yang disebutkan di bawah ini.

2. Sambungkan ke SSID 5GHz

Jika Anda memiliki router dual-band, untuk mendapatkan kecepatan Wi-Fi terbaik, Anda harus menyambungkan ke SSID 5GHz, bukan 2,4GHz . Yang pertama mentransmisikan data pada tingkat yang lebih cepat (hampir 50% lebih cepat) daripada yang terakhir tetapi tidak mencapai gelombang 2.4GHz.

Untuk memeriksa apakah router Anda adalah unit dual-band, Anda dapat merujuk ke manual atau kotak penggunanya, atau cukup hidupkan dan periksa apakah Anda melihat dua SSID dengan nama yang sama tetapi angka berbeda 2,4 atau 5 diikuti oleh GHz.

Selain itu, jika router Anda adalah unit tri-band dengan dukungan untuk Wi-Fi 6E dan PC Anda memiliki kartu Wi-Fi 6E , Anda harus menyambungkan ke SSID 6GHz untuk kecepatan maksimum.

3. Restart Router

“Dukungan teknis: Sudahkah Anda mencoba mematikan dan menghidupkannya lagi?” adalah kalimat yang mungkin sudah sering Anda dengar sekarang, tetapi tahukah Anda bahwa memulai ulang perangkat yang bermasalah mungkin merupakan cara termudah untuk menyelesaikan masalah?

Matikan router dan tunggu setidaknya satu atau dua menit sebelum Anda menyalakannya kembali. Setelah router Anda restart, tunggu setidaknya satu menit dan coba sambungkan ke internet. Jika ini menyelesaikan masalah Anda, hore! Sekarang Anda tahu apa yang harus dilakukan setiap kali elektronik mengganggu Anda.

Saat Anda melakukannya, ada kemungkinan masalahnya ada pada perangkat yang Anda gunakan daripada router. Jadi lanjutkan dan mulai ulang perangkat Anda (ponsel, laptop, desktop, dll).

4. Periksa Perangkat Lain di Jaringan yang sama

Bandwidth jaringan Wi-Fi dibagi antara perangkat yang saat ini terhubung dengannya dan setiap pengguna di jaringan yang menggunakan lebih banyak bandwidth dapat memengaruhi pengguna lain.

Jika pengguna di jaringan Anda menggunakan internet untuk tugas-tugas seperti menjelajahi web, hal itu tidak akan berdampak besar pada kecepatan, tetapi jika seseorang melakukan streaming game di cloud, streaming video dalam 4K, atau mengunduh file besar, hal itu dapat memengaruhi secara drastis bandwidth jaringan perangkat lain.

Untuk memastikan setiap orang mendapatkan bagian bandwidth yang sama atau diperlukan, sebagian besar router memungkinkan Anda menetapkan batas bandwidth pada pengguna. Selain itu, Anda dapat memutuskan perangkat yang tidak aktif seperti ponsel cerdas yang tidak digunakan karena aplikasi latar belakang mungkin masih menggunakan bandwidth meskipun layar dimatikan.

5. Beralih ke Saluran Lain

Saluran Wi-Fi yang berbeda memiliki frekuensi yang berbeda untuk mengirim informasi ke perangkat Anda. Mungkin saja perangkat Anda telah terhubung ke saluran yang memiliki transmisi terburuk atau lebih banyak router yang mengganggu, dan Anda dapat menemukan hal yang sama dari aplikasi ISP Anda.

  Video 45.76 33.4 164.68.l27.15 link 185.62 l53 200 link 45.76.33.x 44 bokeh

Oleh karena itu, jika Anda menghadapi masalah dengan Wi-Fi, beralih ke saluran lain akan memperbaiki masalah tersebut.

Beralih saluran seharusnya cukup mudah; buka saja perangkat lunak manajemen router default (biasanya terletak di alamat 192.168.1.1), buka pengaturan jaringan Anda, dan ubah saluran. Jika Anda tidak yakin, Anda juga bisa merujuk ke manual router Anda.

Jika Anda ingin melakukannya dari Windows, WifiInfoView Nirsoft adalah alat kecil hebat yang sederhana dan gratis. Saat Anda meluncurkan program, itu mencantumkan semua saluran Wi-Fi dan menunjukkan betapa ramainya mereka. Pilih salah satu yang paling tidak ramai dan Anda siap berangkat.

6. Hentikan Program di Latar Belakang yang Menghabiskan Bandwidth

Ada kemungkinan program latar belakang menggunakan bandwidth tanpa sepengetahuan Anda. Misalnya, pembaruan Windows terkenal mengunduh pembaruan di latar belakang dan ada juga program lain yang terhubung ke internet dan menggunakan bandwidth di latar belakang.

Jika Anda menggunakan Windows, Anda dapat memeriksa program dan konsumsi bandwidthnya menggunakan Windows Task Manager. Tekan kombinasi tombol Ctrl+Shift+Esc untuk membuka Task Manager dan klik tab “ Processes ”.

Cari aplikasi pihak ketiga mana pun yang menurut Anda menggunakan jumlah data yang tidak normal dan klik ” Akhiri Proses ” setelah memilihnya. Berhati-hatilah dengan program seperti explorer.exe karena tidak menghabiskan bandwidth dan Anda tidak boleh menghapusnya secara tidak sengaja atau PC Anda akan dianggap tidak berguna dan perlu dihidupkan ulang secara paksa.

7. Periksa Akses yang Mencurigakan

Jika tidak ada program atau perangkat yang menggunakan bandwidth maka ada kemungkinan seseorang telah meretas jaringan Anda dan menghabiskan bandwidth. Ini dapat terjadi jika router Anda menggunakan standar atau sertifikat keamanan lama, atau jika Anda mengaktifkan WPS.

WPA2 saat ini merupakan protokol paling canggih untuk mengamankan WiFi Anda, tetapi memastikan kata sandi Anda memiliki setidaknya 12 karakter juga penting. Anda harus mengubah kata sandi dari antarmuka utama router Anda yang dapat diakses dengan memasukkan alamat IP router di bilah alamat browser Anda. Alamat IP umum dari sebagian besar perute adalah 192.168.1.1, tetapi jika tidak berhasil, inilah cara menemukan alamat IP default.

8. Pindahkan Lokasi Router Anda

Lokasi router Anda dan kurangnya sinyal Wi-Fi yang kuat saling berhubungan dan memainkan peran besar dalam menentukan kecepatan jaringan Anda. Jika Anda memiliki router yang terlalu tua, perangkat keras dan lemparan sinyalnya mungkin tidak cukup kuat untuk menembus dinding, sehingga menghasilkan sinyal Wi-Fi yang lebih lemah.

  Nxxxxs Vinyl Price in Korea indonesia Video Bokeh Museum india

Meskipun sinyal Wi-Fi dapat dengan mudah menembus sebagian besar objek dengan sedikit atau tanpa penurunan kecepatan, ini dapat bervariasi tergantung pada bahan yang perlu ditembus.

Misalnya, sinyal Wi-Fi sulit menembus logam, semen, atau beton, jadi jika Anda berada di balik dinding dengan bahan semacam itu di dalamnya, sinyal Wi-Fi akan terpengaruh. Bergantung pada SSID yang Anda sambungkan (5GHz atau 2,4Ghz) dan ruangan tempat Anda berada, jika Anda jauh dari router, akan lebih masuk akal untuk menyambungkan ke 2,4Ghz karena kecepatannya lebih rendah. Skenario ideal masih akan memindahkan router ke lokasi pusat tempat sebagian besar perangkat berada dan terhubung ke SSID 5GHz untuk mendapatkan kecepatan yang lebih cepat.

9. Instal ulang Driver Jaringan

Windows memiliki hal ini di mana USB, Suara, Jaringan, dan driver lain terkadang rusak setelah pembaruan tanpa alasan. Untuk menemukan dan memperbaiki driver jaringan, cari “Device Manager” di pencarian Windows dan buka hasil pencarian pertama.

Adaptor Wi-Fi akan berada di bawah adaptor jaringan dan akan memiliki kata Wi-Fi di dalamnya; klik kanan dan hapus instalan driver. Nyalakan kembali PC Anda dan Wi-Fi akan kembali lagi.

Jika itu tidak berhasil, cari pembaruan untuk driver Anda di halaman Driver dan Utilitas resmi pabrikan. Hampir semua pabrikan memiliki driver yang dipublikasikan di situs web mereka. Yang perlu Anda lakukan hanyalah mengunduh drive dan mengklik dua kali pada file yang dapat dieksekusi untuk menginstalnya dan memulai ulang komputer Anda.

10. Periksa apakah Anda menggunakan VPN

Jaringan Proksi Virtual, juga dikenal sebagai VPN digunakan untuk menjelajah secara anonim, tetapi mungkin saja Anda meninggalkan koneksi VPN saat Anda menjelajah. VPN membangun terowongan ke berbagai negara dan akibatnya, kecepatan ping dan jaringan jaringan VPN mungkin tidak secepat kecepatan koneksi stok Anda. Karenanya, Anda perlu menonaktifkan koneksi VPN Anda.

Penutup

Demikian beberapa cara mengatasi Wifi lemot di HP yang mungkin sering Anda keluhkan. Dengan menerapkan metode diatas, diharapkan jaringan Wifi menjadi lebih cepat dan tidak mengganggu Ada saat membuka internet, baik itu lewat HP maupun dengan menggunakan PC.

Jika tidak ada solusi di atas yang berhasil, Anda harus mempertimbangkan untuk menghubungi ISP Anda. Ini bisa menjadi masalah di pihak mereka dan mereka mungkin dapat memberikan cara yang tepat untuk menyelesaikan masalah koneksi internet Anda.

Leave a Reply