8 Cara Mengatasi Google Maps Error Tidak Bisa Dibuka

cara mengatasi google maps error

Google Maps adalah pilihan terpopuler dan dapat diandalkan untuk menavigasi kota baru, bepergian ke tujuan wisata, atau sekedar mengetahui status lalu lintas rute perjalanan harian Anda.

Dengan fitur dan kemampuan hebatnya, Google Maps adalah salah satu aplikasi peta/navigasi paling banyak digunakan saat ini. Banyak orang sangat bergantung pada Google Maps setiap hari ketika mereka akan bepergian ke suatu tempat yang belum pernah dikunjunginya.

Dengan intensitas penggunaan yang lumayan rutin, pastinya Anda akan merasa sangat terganggu ketika mendapat aplikasi Google Maps error dan tidak bisa dibuka di HP Anda.

Nah, jika Anda merasa terganggu karena Google Maps sering tidak berfungsi, Anda berada di halaman yang tepat. Kami akan merangkum beberapa kemungkinan dan solusi yang dapat Anda coba untuk menyelesaikan masalah Google Maps yang tidak bisa dibuka atau tidak berfungsi secara normal.

Cara Mengatasi Google Maps Tidak Bisa Dibuka

Untuk mengatasi Google Maps tidak bisa dibuka di Android, Anda bisa memulai dengan langkah yang sederhana, yakni dengan melakukan update aplikasi terlebih dahulu, karena seringkali aplikasi Google Maps di HP error karena pengguna bersangkutan menggunakan Google Maps versi usang.

Adapun selebihnya beberapa cara untuk memperbaiki Google Maps tidak berfungsi, silahkan ikuti panduan dibawah ini.

  Cara Mudah Menghapus Cache DNS di Android

1. Cek Status Server Google Maps

Terkadang server Google Maps mengalami downtime atau gangguan. Dalam kasus seperti ini, Google Maps mungkin tidak berfungsi dengan baik. Sekarang, Anda tidak dapat melakukan apa pun dalam kondisi ini. Anda harus menunggu hingga masalah terselesaikan dari pihak Google.

Namun, Anda dapat memverifikasi apakah server Google Maps berfungsi optimal atau tidak. Google menawarkan Dasbor Status Google Maps khusus untuk memberikan informasi tentang semua layanan yang merupakan bagian dari Google Maps.

Untuk memeriksa apakah server Google Maps aktif dan berjalan normal, Anda dapat mengunjungi Dasbor Status Google Maps menggunakan browser web seperti Google Chrome atau Yandex Browser di perangkat Android atau iOS.

Jika server berfungsi sebagaimana mestinya, server akan ditandai dengan tanda centang hijau di dalam lingkaran hijau, dan jika sebaliknya, maka akan ditandai dengan tanda silang merah di dalam lingkaran merah.

Apabila Anda menemukan bahwa semua layanan berjalan seperti yang diharapkan, dapat diasumsikan bahwa masalahnya ada di pihak Anda. Jadi, lanjutkan membaca dibawah ini untuk menemukan kemungkinan perbaikan untuk masalah Google Maps yang tidak berfungsi.

2. Restart Aplikasi Google Maps

Banyak masalah pada aplikasi dapat diselesaikan hanya dengan memulai ulang aplikasi tersebut. Restart aplikasi Google Maps akan mengakhiri semua task yang ada dan meluncurkan kembali prosesnya. Hal ini akan memungkinkan ponsel Android Anda mengosongkan memorinya juga. Setelah Anda memulai ulang Google Maps, masalah yang Anda hadapi sebelumnya akan teratasi.

3. Hapus Data Cache di Android & iOS

Aplikasi di smartphone Anda menyimpan data sementara untuk memuat informasi lebih cepat saat Anda membukanya kembali. Hal ini memungkinkan aplikasi yang diinstal pada perangkat Anda mengakses informasi langsung dari perangkat Anda alih-alih membuat koneksi lagi dengan server.

Namun, data cache ini terkadang rusak karena berbagai alasan. Data cache yang salah dapat menyebabkan aplikasi Anda berperilaku tidak normal, dan dalam beberapa kasus, bahkan error terus-menerus.

  Penyebab dan Cara Mengatasi Tidak Bisa Install WA

Oleh karena itu, cara lain untuk memperbaiki masalah Google Maps yang tidak bisa dibuka adalah dengan menghapus data cache yang disimpan oleh aplikasi tersebut ke memori ponsel Anda. Lanjutkan membaca untuk mengetahui bagaimana Anda dapat menghapus data cache Google Maps di perangkat Android dan iOS Anda.

Di Android

Ikuti langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini untuk menghapus data cache Google Maps di Android.

  • Pada daftar aplikasi, cari aplikasi Google Maps. Tekan lama pada aplikasi untuk membuka jendela pop-up mengambang dan tap pada “i” “ikon informasi” untuk membuka halaman info aplikasi.
  • Pilih “Penyimpanan & cache”.
  • Klik “Hapus cache” untuk menghapus data cache untuk Google Maps. Sekarang, luncurkan kembali aplikasi Google Maps. Ini akan memperbaiki masalah Anda.

Di iOS

Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang disebutkan dibawah ini untuk menghapus data cache Google Maps di iOS.

  • Buka Google Maps dan tap pada “ikon profil” di pojok kanan-atas layar.
  • Pilih “Pengaturan” dan gulir ke bawah untuk menemukan opsi “Tentang, syarat & privasi”.
  • Disini, pilih “Hapus data aplikasi” untuk menghapus cache Google Maps dan data lokal. Di menu pop-up konfirmasi, tap pilihan “Oke.”

Sekarang silahkan Anda buka kembali Google Maps di iPhone Anda, dan selanjutnya akan mulai berfungsi tanpa gangguan apa pun.

4. Cek Versi Terbaru Google Maps

Terkadang solusi yang paling sederhana dapat menyelesaikan masalah yang Anda anggap rumit. Dalam hal ini, sesuatu yang sederhana seperti memperbarui aplikasi Google Maps dapat membantu Anda secara mudah.

Untuk memastikan apakah Google Maps error di HP Anda karena faktor versi aplikasi, silahkan lakukan pengecekan. Silahkan buka Google Playstore atau AppStore, lalu cari aplikasi Google Maps disana. Apabila tersedi versi terbaru, silahkan lakukan update.

  Cara Memperbaiki Pembaruan Aplikasi di Google Play Stuck (Pending)

5. Uninstall dan Install Ulang Google Maps

Saat Anda menghadapi masalah Google Maps yang tidak berfungsi, disarankan untuk mencopot pemasangan aplikasi sepenuhnya dari perangkat Anda dan memasangnya kembali. Hal ini memungkinkan perangkat Anda menghapus seluruh data terkait aplikasi tersebut, sehingga menghilangkan kemungkinan gangguan dari file dan data rusak apa pun yang terkait dengan aplikasi tersebut.

6. Restart HP Anda

Langkah sederhana lainnya untuk mengatasi Google Maps tidak bisa dibuka di Android ataupun di iPhone adalah dengan me-restart smartphone Anda. Memulai ulang perangkat Anda adalah metode paling umum untuk sebagian besar masalah dan tak jarang akhirnya dapat mengatasi error yang muncul.

7. Izin Akses Tidak Diberikan

Untuk membuat aplikasi Google Maps bisa berfungsi dengan sebagaimana mestinya, aplikasi ini membutuhkan izin akses lokasi Anda. Jadi, apabila Anda tidak memberikan izin akses, maka aplikasi Google Maps tidak bisa berfungsi secara normal.

8. Periksa Internet Anda

Salah satu alasan utama kenapa Google Maps tidak bisa dibuka adalah disebabkan oleh internet atau jaringan internet yang Anda gunakan lambat atau tidak stabil. Jika data seluler dan/atau Wi-Fi Anda sering terputus, Google Maps akan kesulitan bekerja sebagaimana mestinya.

Jadi, jika Anda menggunakan data seluler, coba aktifkan Mode Pesawat selama beberapa detik sebelum menyalakannya kembali. Hal tersebut akan memperbaiki masalah apa pun yang Anda hadapi dengan jaringan seluler Anda. Jika Anda menggunakan Wi-Fi, matikan router Anda dan hidupkan kembali setelah sekian detik.

Selain itu, alasan lain mengapa Google Maps mungkin tidak dapat berfungsi dengan baik adalah jika Anda mengaktifkan VPN di perangkat Anda. Anda mungkin lupa mematikannya sebelum menggunakan Google Maps, dan hal tersebut kemungkinan dapat mempengaruhi kinerja aplikasi Google Maps di HP Anda.