Cara Melacak HP Hilang Pakai Imei

Lacak HP Pakai Imei

Jika HP hilang, kalian bisa mencoba sejumlah cara yang ada untuk menemukan HP tesebut. Kali ini Artikeloka.com akan membagikan infonya untuk Anda.

Salah satu metode yang banyak dicari orang adalah mengenai cara lacak HP pakai Imei, bisakah hal ini dilakukan di HP Android?

Sebenarnya melacak HP Android hilang akan lebih mudah apabila sebelumnya kita sudah melakukan persiapan, misalkan dengan melakukan set-up pada Android Device Manager.

Itu akan lebih membantu untuk menemukan HP yang hilang. Namun, kita juga masih bisa mencoba metode lainnya yang akan dijelaskan dibawah ini.

Bagaimana cara lacak HP hilang dengan Imei?

Sebelum itu, penting untuk mengetahui apa itu Imei. Nomor Imei adalah sederhanya sebuah kode unik yang dimiliki setiap HP.

  Cara Menggunakan Aplikasi *#*#4636#*#* di Semua Tipe HP

Jadi, sepanjang HP Anda bukan HP ilegal, pastinya HP tersebut memiliki nomor Imei, baik itu HP Nokia, Sony, Xiaomi, Samsung, maupun iPhone.

Tentang Nomor IMEI HP

International Mobile Equipment Identity atau yang disingkat IMEI adalah kode unik berjumlah 15 digit yang disahkan oleh GSMA, yang berfungsi seperti sertifikat identitas untuk ponsel Anda.

Setiap kali telepon menggunakan jaringan tertentu untuk melakukan atau menerima panggilan, mengirim atau menerima pesan, nomor IMEI-nya secara otomatis dipancarkan dan terlacak.

Setiap penyedia layanan memiliki database di mana nomor ID ini termasuk dalam daftar putih dan hitam, pemilik dapat melaporkan nomor IMEI-nya dan memasukkannya ke daftar hitam setelah terjadi pencurian.

Dalam aktivitas sehari-hari, beberapa orang menggunakan pelacak GPS pelacak Bluetooth untuk menemukan keberadaan smartphone terdekat. Namun, pendekatan ini memiliki batasan jarak. Jika, ponsel Anda telah dibawa keluar dari jarak 10 meter, sebaiknya gunakan nomor IMEI dan pelacak anti-pencurian untuk mengetahui keberadaan ponsel Anda.

Bagaimana cara cek IMEI di Android?

Cara cek nomor IMEI di HP Android sanga mudah. Cara tercepat yakni dengan menekan kode *#06# melalui menu Panggilan, yang merupakan perintah untuk menampilkan ID unik.

Cara melihat nomor IMEI Android yang lainnya adalah dengan menavigasi melalui Pengaturan di HP dan ketuk pada Tentang Telepon untuk memeriksa kode IMEI ponsel Android Anda.

  Cara Membuat Chat Kosong di WA, Coba Sekarang 100% Berhasil!

Dalam kebanyakan kasus, nomor IMEI ada di bagian belakang ponsel, atau di bawah baterai yang dapat dilepas. Jika ponsel Anda hilang, tetapi kemasannya disimpan, Anda masih dapat menemukan nomor IMEI pada label. Jadi, Anda bisa mengeceknya dengan mudah.

Cara Melacak HP Android yang Hilang dengan IMEI

Berikut ini dijelaskan langkah-langkah untuk cara melacak HP Android yang hilang dengan menggunakan nomor IMEI:

a. Ketahui Nomor IMEI

Untuk mengetahui nomor IMEI dari HP Android Anda yang hilang, Anda bisa mengikuti cara yang telah dijelaskan di atas. Cara termudah untuk dilakukan adalah dengan memeriksanya pada bagian belakang kardus HP Android Anda.

Lantaran setiap kardus HP pasti memiliki nomor IMEI yang disertakan di dalamnya. Atau pada beberapa HP, nomor IMEI biasanya terdapat di dalam kotak HP dalam bentuk stiker. Setelah mengetahui nomor IMEI HP Anda, catat untuk mempermudah proses pencarian selanjutnya.

b. Ajukan Surat Pernyataan Hilang ke Pihak Berwajib

Setelah Anda mengetahui nomor IMEI HP yang hilang, selanjutnya Anda perlu meminta surat keterangan hilang kepada pihak berwajib atau polisi.

Tujuan dari meminta surat kehilangan ini adalah agar proses selanjutnya untuk mencari HP yang hilang dapat berjalan dengan lebih efektif. Walaupun agak rumit, tak ada salahnya untuk meminta surat keterangan hilang tersebut.

c. Hubungi Customer Service

Setelah meminta surat keterangan hilang, And adapat menghubungi Customer Service operator HP Android Anda. Anda dapat melapor bahwa HP Anda telah hilang atau dicuri. Sebutkan nomor IMEI kepada pihak operator. Nantinya pihak operator akan membantu melacaknya lewat nomor IMEI tersebut.

  Cara Mengambil Gambar Screenshot di Laptop

Cara Lacak HP Android yang Hilang Menggunakan IMEI dengan Aplikasi

Ada sejumlah aplikasi yang dapat digunakan sebagai cara melacak HP Android yang hilang melalui IMEI. Andadapat menggunakan HP lain untuk melacaknya. Berikut daftar aplikasi tersebut, sebagaimana dirangkum Artikeloka.com dari beragam sumber:

1. Aplikasi Google Find My Device

Cara melacak HP Android yang hilang berbekal nomor IMEI bisa Anda lakukan dengan Google Find My Devive. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda bisa mengetahui keberadaan HP Android yang hilang. Selain itu Anda juga bisa memeriksa kapasitas baterai dan koneksi internet HP Anda.

2. Aplikasi Phone Tracker By Number

Cara melacak HP Android hilang melalui IMEI yang selanjutnya yakni dengan menggunakan aplikasi Phone Tracker By Number. Untuk menggunakan aplikasi ini, Anda juga bisa mencari HP yang hilang menggunakan nomor keluarga yang tersimpan disana.

3. Aplikasi Find My Phone

Nah, cara melacak HP Android yang hilang melalui IMEI yang terakhir yaitu dengan aplikasi Find My Phone. Ini adalah aplikasi ketiga yang patut untuk Anda coba sebagai alat untuk membantu melacak HP yang hilang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *