Sejarah Sepakbola Kuno, Negara Mana Penemu Pertama?

Sejarah Sepakbola Kuno

Sepakbola merupakan salah satu cabang olahraga yang paling populer bagi masyarakat dunia. Di Indonesia, geliat sepakbola juga sangat fantastis meskipun sejauh ini tidak didukung dengan prestasi yang membanggakan.

Bicara tentang sepak bola, tahukah Anda seperti apa sejarah sepak bola kuno? Saat ini dalam sehari-hari kita menyaksikan pertandingan sepakbola baik dalam maupun luar negeri. Namun, saat ini merupakan era sepakbola modern.

Jauh sebelum berkembangnya sepak bola seperti sekarang ini, bagi para pecinta olahraga olah bola tentunya tertarik untuk memahami sejarah sepakbola kuno.

Ringkasan Tentang Sepak bola Kuno

Dikutip dari halaman Quora, sejarah sepak bola kuno dimulai di sebuah negara yang bernama China. Dimana lebih tepatnya saat itu sedang berada di masa Dinasti Han. Yaitu pada sekitar abad kedua atau ketiga sebelum penanggalan masehi.

Permainan sepak bola yang ada di zaman itu menggunakan bola kulit, dan untuk memasukkan bolanya ke gawang pun sangatlah sulit, karena gawangnya terbuat dari jaring yang kecil.

Olahraga sepak bola ini dihadirkan oleh orang-orang pada masa itu agar para tentara China tetap terlatih fisiknya. Sekaligus sebagai hiburan ketika ada perayaan ulang tahun kaisar.

Adapun permainan sepakbola yang ada pada masa itu disebut sebagai tsu chu.

Selanjutnya, masih dalam sejarah sepak bola kuno, selain tenar di China, ternyata permainan sepak bola juga menjadi salah satu permainan favorit dari warga Jepang. Dimana permainan tersebut dimainkan dengan cara menggiring bola yang terbuat dari kulit kijang dan disebut sebagai “kemari”.

Permaianan sepak bola semacam ini lalu ditemukan juga di negara seperti Romawi, Inggris, Meksiko, Amerika Tengah sampai ke Mesir Kuno yang sudah memainkan sepak bola dengan memakai bola yang terbuat dari karet.

  Pengertian dan Perbedaan RAM, ROM, Chipset, CPU, Dll.

Kemudian ada peristiwa yang menarik dari sejarah sepak bola kuno. Yaitu pada masa Raja Edward di Inggris, sempat muncul pelarangan terhadap permainan sepak bola ini karena begitu banyaknya tindakan kekerasan yang mengarah pada tindakan brutal karena tidak memiliki aturan yang begitu jelas.

Akan tetapi, pada tahun 1369 Raja Edward III lalu mencabut larangan tersebut dan kembali mengizinkan permainan sepak bola.

Namun lambat laun, permainan sepak bola ini kembali lagi mendapat larangan oleh ratu Elizabeth I di tahun 1572.

Pelarangan tersebut dikeluarkan tanpa adanya kompromi dengan menetapkan sanksi keras yang barang siapa memainkan sepak bola, maka akan dihukum penjara.

Sampai akhirnya angin segar berhembus pada akhir tahun 1680-an. Raja Charless II segera mencabut larangan tersebut, sekaligus memberikan perlindungan kepada siapapun yang ingin memainkan sepak bola di Inggris.

Sejarah Sepakbola Kuno

Sejarah singkat sepak bola kuno dilatar belakangi disebuah negara china yang disebut dengan “Tsu Chu”, tepatnya saat dinasti Han sekitar Abad II atau III sebelum penanggalan masehi. Sejarah singkat permainan sepak bola dizaman itu menggunaan bola kulit dan teknik untuk memasukkan bola digawang pada jaring yang kecil.

Tujuan permainan Olahraga sepak bola dimanikan oleh para tentara china tetap terlatih fisik dan sebagai hiburan ketika ada perayaan ulang tahun kaisar. Permainan sepak bola semakin besar hingga Jepang. Berbeda dengan China, Jepang menggunakan kulit Kijang dan permainan ini disebut dengan “Kemari”.

Hal itu sehingga, permaianan sepak bola semacam ini kemudian ditemukan dinegara seperti Romawi, Inggris, Meksiko, Amerika Tengah hingga ke Mesir Kuno yang telah melakukan permainan sepak bola dengan menggunakan bola yang terbuat dari karet.

Sejarah sepak bola kuno yang menarik pada masa Raja Edward di Inggris. Saat itu, muncul pelarangan permainan sepak bola akibat tidak memiliki aturan yang jelas berdampak banyaknya tindakan kekerasan yang mengarah pada tindakan brutal. Barulah pada tahun 1369 Raja Edward III mencabut larangan dan mengizinkan permainan sepak bola.

Permainan sepak bola di kerajaan Inggris pada masa Ratu Elizabeth I tahun 1572 mendapat pelarangan permainan tanpa kompromi dan sanksi keras berupa dihukum penjara.

  Sebutkan Hari Libur Nasional Amerika, Ini Daftarnya

Hingga pada akhir tahun 1680 an, Raja Charless II mencabutnya dan sekaligus memberikan perlindungan kepada siapapun yang ingin melakukan permainan sepak bola di Inggris.

Sementara itu, dikutip dari sumber lain mengenai sejarah sepakbola kuno, disebutkan bawah sejarah sepakbola dimuka bumi ini sangatlah beragam lantaran tidak ada bukti tertulis atau media yang mendokumentasikan seperti zaman sekarang.

Oleh karena itu sangat beragam pendapat atau klaim tentang sejarah sepakbola, dan tidak ada yang menyepakati bahwa sepakbola pertama itu muncul di negara tertentu. Akan tetapi ada cikal-bakal terjadinya permainan sepakbola dari waktu ke waktu sebagaimana dijelaskan dibawah ini.

  1. Cina Kuno pada tahun 2500 SM, terdapat permainan yang mengarah ke arah sepakbola, bolanya terbentuk dari kulit binatang ini disebut dengan Tsu Chu ini dilakukan untuk memperingati lahirnya jabang bayi.
  2. Mesir Kuno pada tahun 2500 SM, ada suatu permainan yang mirip pemainan sepakbola yaitu untuk meminta kesuburan tanah dan kesehjatraan.
  3. Inggris pada tahun 100-500 M, para tentara inggris merayakan kemenangan dalam peperangan dengan cara menendang-nendang tengkorak kepala musuh dengan semangat.
  4. Italy pada tahun 200 M, telah ada permainan yang menyerupai sepakbola yaitu “Harpastrum” kemudian orang-orang Italy memperkenalkannnya ke orang-orang Britania Muda.
  5. Inggris bangsa Britania Muda pada tahun 217 M, mereka mengatakan bahwanya mereka telah memainkan permainan yang hampir sama seperti sepakbola, bola memakai tengkorak dan bangsa yang menang berak untuk meminta kebebasan bangsanya dari tahanan atau sandra.
  6. Meksiko dan Amerika pada tahun 600-1600 tercipta bola yang terbuat dari karet, dengan cara memainkan menendang bola ke arah tembok yang sudah di beri tanda.
  7. Inggris pada tahun 1100 M mulai ada prmainan yang mengarah ke sepakbola ini menjadi permainan rakyat tetapi belum ada aturan untuk permainan tersebut. akan tetapi pada tahun 1314 M raja Inggris EDWARD III melarang permainan tersebut karena bertentangan dengan seni memanah.
  8. Italy pada tahun 1500 M disini mulai tumbuh pemain seperti sepakbola yang menggunakan aturan yaitu setiap klub terdiri dari 27 orang, kemudian ada aturan menendang, dan terciptanya gol dengan cara menggiring bola sampai garis batas musuh. Lalu pada tahun 1580 Giovanni Bardi menciptakan peraturan permainan calcio atau sepakbola.
  9. Pulau Pacifik pada tahun 1600 M rakyatnya mengembangkan suatu permainan dengan mengegunakan buah kelapa, jeruk, dan kantung kencing babi sebagai bolanya.
  10. Alaska dan Kanada pada tahun 1600 M penduduknya memainkan permainan sepakbola di kenal dengan “Aqsaqtuk” sepakbola es. Sedangkan bolanya terbuat dari rumput, rambut kijang caribou, atau lumut yang diikat berbentuk bulat.
  11. Inggris pada tahun 1680 M kembali memainkan permainan sepakbola dengan perlindungan dari raja Charles II setelah sebelumnya dilarang.
  12. Amerika Serikat pada tahun 1822 M sepakbola mulai dimainkan oleh para mahasiswa diberbagai Universitas yang ada.
  Bagaimana Cara Kerja GPS Mobil?

Ini perjalan sejarah sepakbola kuno, jadi berbagai bangsa sudah menciptakan permainan yang hampir menyerupai sepakbola yang sekarang kita liat, dari mulai boalnya menggunakan tengkorak kepala, sampai buah-buahan.

Dari mulai bangsa Cina dan Mesir kuno sampai Amerika serikat, dari tahun 2500 sebelum masehi sampai 1822 masehi terlihatlah cikal bakal terjadinya pemainan sepakbola kuno.

Kenapa Sepakbola Dulu Disebut Sepakbola Kuno?

Jawaban dari pertayaan ini tentunya sangat sederhana. Jika menyinggung tentang olahraga atau peristiwa-peristiwa di zaman dahulu, tentu banyak yang menggunakan istilah “kuno”, jadi bukan hanya untuk sepakbola saja.

Sepakbola zaman dulu disebut sepakbo kuno karena belum ada satu negara atau bangsa yang membentuk organisasi atau mengatur sepakbola dengan struktur yang jelas sebagaimana yang Anda lihat di zaman sepakbola medern seperti sekarang ini.

Penutup Mengenai Sejarah Sepak bola Kuno

Banyak sekali cabang olahraga yang biasa kita tonton sehari-hari, namun sepakbola merupakan satu olahraga yang spesial. Kenapa? Karena sepakbola ini merupakan sebuah cabang olahraga yang sangat disukai diberbagai negara.

Dan bagi Anda yang juga sangat menyukai sepakbola, tentunya sejarah singkat mengenai sepakbola kuno sebagaimana dijabarkan diatas dapat dijadikan sebagai satu wawasan yang berguna bagi Anda agar bisa lebih mengenal mengenai sejarah perkembangan sepakbola.

Leave a Reply