Perbedaan Smart TV Android TV

Perbedaan smart tv android tv

Teknologi televisi sekarang ini kian canggih. Jika sebelumnya kita hanya dapat menggunakan TV analog atau TV tabung, maka sekarang sudah muncul TV LED, TV digital, hingga Smart TV dan Android TV. Lalu, apa perbedaan Smart TV Android TV?

Bagi Anda yang belum memahami beda antara Smart TV dan Android TV, dalam artikel ini kita akan menjelaskannya secara singkat. Baik TV Android maupun Smart TV sekarang sudah bisa dimiliki dengan anggara yang tidak terlalu mahal (tergantung brand dan tipe pilihan Anda).

Selain perbedaan TV Android dan Smart TV, Anda mungkin juga penasaran apa perbedaan Android TV dan Google TV. Ya, selain TV Aandroid, kita juga sering mendengar adanya Google TV.

Sederhananya, Google TV adalah sebuah inovasi dengan fitur yang telah ditingkatkan dari Android TV. Terdapat sejumlah pengoptimalan tampilan dan fitur pada Google TV. Jadi, Google TV sebenarnya adalah versi yang dirubah dengan dimasukkannya beberapa fitur tambahan.

Apa itu TV Pintar?

TV Pintar juga disebut TV internet, Smart TV menghadirkan fitur eksklusif dan program tambahan melalui konektivitas internet. Anda dapat menyambungkan Smart TV ke internet secara nirkabel atau melalui kabel Ethernet untuk mengakses konten online.

Smart TV hadir dengan sistem operasi yang mirip dengan yang Anda gunakan di Smartphone atau komputer.

Sebagian besar Smart TV dilengkapi dengan aplikasi bawaan seperti Netflix, YouTube, Facebook, dan lainnya yang memungkinkan Anda bermain game, menonton video, dan streaming film. Namun sistem operasi yang digunakan pada Smart TV tidak bisa di upgrade sehingga tidak dapat mengakses aplikasi terbaru.

  Review Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi (Pengalaman Pribadi)

Apa itu TV Android?

Android TV adalah jenis Smart TV yang memiliki fitur serupa seperti aplikasi bawaan dan konektivitas internet. Namun disinilah kesamaannya tidak lagi berlaku. Android TV berjalan pada sistem operasi Android yang didukung oleh Google.

Android TV jelas merupakan peningkatan dari Smart TV konvensional karena dilengkapi dengan akses ke Google PlayStore, dan Anda dapat mengunduh serta memperbarui versi aplikasi terbaru.

Sebagai bonus tambahan, banyak TV Android menawarkan Anda akses ke Chromecast dan Asisten Google bawaan untuk pengalaman TV yang lebih baik. Ini adalah perbedaan signifikan antara Smart TV dan Android TV.

Dengan fitur-fitur luar biasa di setiap kategori, tak heran jika Smart TV vs Android TV membuat pasar TV semakin kompetitif.

Setelah kita membahas aspek teknis Smart TV vs Android TV, sekarang saatnya membahas detail spesifik dan menentukan perbedaan antara Smart TV dan Android TV.

Android TV sama Smart TV apakah Beda?

Berdasarkan uraian diatas, Android TV dan Smart TV bisa dibilang serupa tapi tak sama. Mengapa demikian? Pada dasarnya Android TV adalah Smart TV, namun Android TV memiliki kelebihan tersendiri dibanding Smart TV pada umumnya.

Baik Smart TV maupun Android TV keduanya sama-sama merupakan TV pintar. Adapun yang membedakan antara Android TV dan Smart TV terletak pada OS (Sistem Operasi).

TV Android menggunakan OS Android. Sementara Smart TV menggunakan OS selain Android, bisa Tizen OS atau webOS.

Kelebihan dan kekurangan Smart TV dan Android TV, salah satu kelebihan Android TV adalah tersedianya pembaruan dimana ini mungkin menjadi salah satu kemudahan yang tidak Anda dapatkan pada Smart TV biasa.

Beberapa Perbedaan Smart TV Android TV

Kedua TV ini menawarkan beragam fitur dan fungsi, dan Anda menghadirkan pengalaman menonton yang lebih menyenangkan. Anda bisa browsing internet, menonton acara favorit, memutar musik, atau bahkan menyambungkan perangkat Smart home Anda ke TV.

Disini kita akan membandingkan dan memahami perbedaan antara Android dan Smart TV berdasarkan parameter berikut dan pada akhirnya Anda dapat menilai bagus mana Smart TV vs Android TV atau mana yang lebih baik menurut Anda.

  Cara Mengatasi Wifi Tersambung Tapi Tidak Bisa Buka Internet
  • Sistem operasi
  • Dukungan aplikasi
  • Pembaruan otomatis
  • Asisten suara
  • Transmisi layar
  • Navigasi

Mari kita lihat lebih dalam – Smart TV vs Android TV, mana yang lebih baik? Berikut ini kelebihan dan kekurangan Smart TV dan Android TV.

1. Sistem Operasi

Perbedaan utama antara Android TV dan Smart TV adalah sistem operasinya. Smart TV didukung oleh sistem operasi yang berbeda tergantung pada merek yang Anda pilih. Misalnya, LG menggunakan OS bernama webOS, sedangkan Samsung Smart TV hadir dengan OS bernama Tizen.

Sebaliknya, Android TV berjalan pada sistem operasi Android yang dikembangkan oleh Google. Ini memberi Anda pengalaman keseluruhan yang lebih baik karena Anda dapat dengan mudah mengontrol TV Android Anda dengan Smartphone Android atau Smartwatch.

2. Dukungan Aplikasi

Jika menilai antara Smart TV vs Android TV, mana yang lebih baik dalam hal ketersediaan aplikasi, Android TV jelas akan menjadi pemenangnya.

Meskipun keduanya mendukung banyak aplikasi bawaan, berkat dukungan PlayStore di Android TV, Anda memiliki jutaan aplikasi di ujung jari Anda. Dari Netflix dan Amazon Prime Video hingga YouTube, Chrome, dan Instagram – Anda dapat mengunduh aplikasi seperti di Ponsel Pintar Anda.

Sebaliknya, Smart TV tidak memiliki keunggulan ini karena hanya menawarkan akses ke beberapa aplikasi bawaan yang populer. Belum lagi, pembaruan aplikasi di Smart TV sulit didapat sehingga memberikan kerugian yang signifikan.

3. Pembaruan Otomatis

Android TV tidak hanya menawarkan ketersediaan aplikasi yang lebih besar, tetapi juga memenangkan pertarungan Android vs Smart TV dalam firmware dan pembaruan aplikasi.

Biasanya, untuk Android TV pengembang terus memberikan pembaruan terkini. Selain itu, ketika terhubung ke internet, Anda juga dapat menikmati pembaruan otomatis.

Sedangkan pada Smart TV, Anda mungkin tidak sering mendapatkan pembaruan, dan OS TV menjadi usang setelah beberapa tahun. Ini adalah perbedaan besar antara Android dan Smart TV, menjadikan Android TV pilihan yang lebih baik.

  Cara Menonaktifkan Hotspot di Laptop

4. Asisten Suara

Perbedaan mencolok lainnya antara Android dan Smart TV adalah fitur asisten suara. Asisten suara Google bawaan Android TV membuatnya menonjol dari pesaingnya. Dengan fitur ini, Anda tidak perlu menggunakan perangkat input karena Anda dapat beralih antar saluran dan mencari konten favorit Anda secara online dengan kontrol suara.

Selain itu, banyak Smart TV juga mendukung kontrol suara, tetapi Anda harus mengeluarkan sejumlah uang ekstra untuk perangkat seperti Alexa dan memasangkannya dengan TV Anda.

5. Transmisi Layar

Ketika berbicara tentang Android vs Smart TV, keduanya menawarkan Anda opsi untuk melakukan mirroring Smartphone Anda ke TV. Namun, Screen casting di Android TV lebih mudah digunakan karena dilengkapi dengan fitur Chromecast.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan gambar dan streaming video jernih dalam definisi tinggi. Sebaliknya, bahkan dengan fitur mirroring layar bawaan di Smart TV, memasangkan dan menyambungkan perangkat sepertinya masih kurang praktis.

6. Navigasi

Untuk memilih antara Android atau Smart TV dalam hal kemudahan, Smart TV bisa dianggap lebih unggul. Dengan antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna, lebih mudah untuk beralih antar aplikasi saat muncul di layar beranda. Selain itu, karena ini adalah TV lengkap, Anda tidak perlu menghabiskan banyak waktu untuk menyiapkannya.

Disisi lain, Android TV mungkin agak lebih sulit dinavigasi bagi mereka yang belum terbiasa dengan ekosistem Android. Namun, sepertinya ini bukanlah satu hal yang benar-benar menyulitkan. Mungkin Anda hanya perlu mengenalnya terlebih dulu.

Kesimpulan

Setelah memahami perbedaan antara Smart TV dan Android TV, sekarang saatnya menentukan pilihan berdasarkan fiturnya.

Jika Anda ingin akses ke daftar aplikasi yang lebih lengkap, Android TV akan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda. Sementara itu, apabila Anda lebih menginginkan performa tinggi dan disisi lain tidak keberatan dengan aplikasi yang terbatas, belilah Smart TV.

Leave a Reply