Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Permanen di HP

cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di hp

Apa yang akan terjadi jika terdapat foto yang sudah terhapus secara permanen d HP kita? Apakah foto yang telah dihapus permanen tersebut bisa dikembalikan?

Cara mengembalikan foto yang terhapus permanen di hp tanpa aplikasi mungkin tak dapat dilakukan, karena untuk mengembalikan foto yang telah dihapus total, kita membutuhkan sebuah tool atau software.

Nah, dengan bantuan perangkat lunak tersebut, maka sebenarnya kita masih punya kesempatan untuk melihat kembali foto yang telah dihapus tersebut dan mengembalikannya ke Gallery HP kita.

Terdapat beberapa metode atau trik untuk mengembalikan foto yang telah terhapus, namun pada intinya kita membutuhkan sebuah software pendukung. Kecuali, kalau foto tersebut masih ada di layanan Cloud.

Jika foto itu masih tersimpan di layanan Cloud atau Penyimpanan Awan seperti yang ditawarkan iOS, maka kita dapat dengan mudah mengambilnya lagi.

Untuk HP Android, tenang saja. Anda juga masih dapat mengembalikan foto yang terhapus permanen di HP Android dengan menempuh beberapa langkah.

Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Permanen di HP Android

Segusar apa ketika Anda mendapati gambar atau foto penting di HP Android Anda terlanjut terhapus secara permanen?

Disini kami akan memberikan solusi untuk Anda agar foto tersebut bisa dikembalikan lagi dan dapat Anda gunakan dengan sebagaimana mestinya atau sekedar untuk koleksi.

Menemukan foto yang terhapus di Android terkadang sangat mudah, karena Android memiliki folder yang baru saja dihapus untuk menyimpan foto atau video yang terhapus tersebut dalam jangka waktu tertentu.

Jika Anda menghapus video atau gambar yang disinkronkan dengan Google Foto atau sudah dicadangkan di Google Drive, video atau gambar tersebut akan tetap berada di keranjang sampah selama 60 hari. Dan, jika Anda menghapus gambar atau video tanpa membuat cadangan, maka gambar atau video tersebut akan tetap berada di sampah yang baru saja dihapus selama 30 hari.

  Cara Mengedit Pesan di Instagram Setelah Dikirim

Jika Anda tidak sengaja menghapus video atau foto di Android Anda, jangan khawatir. Kami siap membantu Anda.

Kami disini akan membahas cara memulihkan foto yang terhapus secara permanen di Android dengan metode yang mudah digunakan.

Dapar diperhatikan setiap metode yang mungkin untuk membantu Anda memulihkan video atau gambar favorit Anda tanpa pusing lagi.

Bagian #1: Apakah Bisa Mengembalikan Foto yang Dihapus Secara Permanen di HP Android Saya?

Anda mungkin bertanya-tanya, “Bisakah saya memulihkan foto yang terhapus di Android?” Jawabannya mungkin berbeda-beda tergantung apakah Anda memiliki cadangan atau tidak.

1 – Apa Bisa Mengambil Foto yang Dihapus dari Galeri Android dengan Cadangan?

Orang sering khawatir mengetahui cara memulihkan foto secara permanen dari galeri Android setelah terhapus secara tidak sengaja.

Cadangan sangat penting untuk menyimpan data Anda bahkan ketika Anda menghapusnya.

Ya, memulihkan foto yang terhapus mungkin dilakukan, tetapi tidak ada metode resmi untuk melakukannya.

Namun, Anda dapat memeriksa tempat sampah atau recycle bin untuk memastikan apakah yang terhapus masih ada di perangkat Anda.

Artikel lainnya:

2 – Apakah Kita Bisa Melihat Foto yang Telah Terhapus Secara Permanen dari Galeri Android tanpa Cadangan?

Tidak ada cara resmi untuk memulihkan foto, video, atau file yang terhapus secara permanen jika dihapus dari sampah.

Untuk memulihkan data yang terhapus, Anda selalu memerlukan layanan pencadangan seperti Google Foto, Google Drive, satu drive, atau cadangan lokal lainnya.

Cadangan dapat digunakan kapan saja untuk mengakses file dan foto yang dihapus. Jika Anda tidak memiliki cadangan apa pun, Anda dapat memeriksa cara 1 untuk mengetahui cara memulihkan foto yang dihapus secara permanen dari galeri Android dengan RecoverGo (Android).

Bagian #2: Cara Memulihkan Foto yang Dihapus Secara Permanen dari Galeri Android tanpa Cadangan

Sekarang setelah Anda tahu bahwa Anda dapat memulihkan foto yang terhapus di Android, Anda mungkin bertanya-tanya, “Bagaimana cara memulihkan foto yang terhapus dari galeri Android?” Bagian ini akan membantu Anda mengetahui cara memulihkan foto yang dihapus secara permanen dari galeri tanpa cadangan. Mari kita mulai dengan solusi untuk mengatasi sakit kepala Anda dalam memulihkan foto atau video yang terhapus.

1. Menggunakan iToolab RecoverGo (Android)

iToolab RecoverGo (Android) adalah salah satu alat premium pihak ketiga teratas untuk memulihkan foto dan video yang terhapus di Android. Alat ini bermanfaat bagi orang yang sering menghapus fotonya secara tidak sengaja.

  Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Permanen Di Galeri

Anda tidak perlu melakukan root pada perangkat Android atau membuat cadangan. Ini sangat mudah digunakan. Anda dapat memulihkan foto yang terhapus secara permanen dengan perangkat lunak canggih ini.

Fitur lainnya tentang RecoverGo (Android):

  • Simpan foto Anda dari adegan yang baru saja dihapus atau permanen hanya dengan satu klik.
  • Selain foto, ia juga dapat mengambil kontak , video , pesan, dll yang terhapus.
  • Kembalikan file yang terhapus dari memori internal atau kartu SD tanpa cadangan atau root.

Berikut cara memulihkan foto yang terhapus secara permanen dari galeri Android tanpa backup menggunakan iToolab-RecoverGo(Android):

Langkah 1: Unduh dan Instal RecoverGo (Android) di PC Anda. Setelah meluncurkan alat tersebut, Pilih “Pulihkan Data yang Dihapus dari Perangkat”.

Langkah 2: Hubungkan perangkat Anda ke komputer menggunakan kabel Lightning USB. Setelah koneksi berhasil, ikuti langkah-langkah pada antarmuka untuk masuk ke mode debugging USB.

Langkah 3: Selanjutnya, RecoverGo akan mendeteksi perangkat Anda dan Anda akan melihat layar berikut. Pilih jenis file yang ingin Anda pulihkan dan klik “Pindai”.

Langkah 4: Sekarang, alat ini akan terus memindai ponsel Android Anda untuk memulihkan foto dan video yang terhapus di ponsel Android Anda yang hilang. Prosesnya mungkin memerlukan waktu untuk diselesaikan, jadi bersabarlah.

Langkah 5: Setelah berhasil memindai perangkat, alat ini akan menampilkan semua data yang hilang dari perangkat Anda. Anda dapat mengklik data satu per satu untuk memeriksanya dan mengklik tombol Pulihkan untuk menyimpannya ke komputer Anda.

Dengan menggunakan RecoverGo (Android), Anda dapat dengan mudah memulihkan foto yang terhapus secara permanen dari galeri Android. Yang paling penting, ini membantu Anda memulihkan foto tertentu, bukan semuanya, sehingga sangat menghemat waktu. Metode di bawah ini mungkin memerlukan waktu untuk menemukan dan memulihkan foto.

Lihat juga:

2. Menggunakan Foto Google

Fitur paling umum untuk menjaga keamanan foto Anda adalah Google Foto, yang Anda perlukan hanyalah menyinkronkannya dengan benar. Langkah-langkah berikut akan membantu Anda mengetahui cara memulihkan foto yang dihapus secara permanen dari Foto Google:

  • Buka Google Foto di ponsel Android Anda dan ketuk garis horizontal di sidebar kiri.
  • Klik tombol Sampah untuk membukanya.
  • Anda akan melihat semua item yang dihapus di sana.
  • Pilih semua item yang dipilih, termasuk foto dan video, lalu ketuk opsi “Pulihkan” untuk melanjutkan.

Bagian #3: Cara Mengembalikan Foto yang Dihapus Secara Permanen di Android dengan Cadangan

Jika untungnya, Anda memiliki kebiasaan mencadangkan ponsel secara teratur, Anda dapat memulihkan foto yang terhapus secara permanen di Android dengan cadangan. Empat metode cocok untuk skenario berbeda, dan Anda dapat memilih salah satu yang sesuai untuk Anda.

  Cara Mengganti Nama Aplikasi di HP Android

1. Menggunakan Google Drive

Jika Anda sudah membuat cadangan ke Google Drive, metode ini paling cocok untuk Anda. Berikut cara memulihkan foto yang terhapus secara permanen dari Google Drive:

  • Buka aplikasi Google Drive di ponsel Android Anda.
  • Klik opsi “Drive Saya” untuk melihat semua data yang diunggah.
  • Pilih semua foto dan video pilihan untuk memulihkannya.
  • Sekarang, klik kanan pada semua item yang dipilih dan klik tombol Unduh.

2. Menggunakan Dropbox

Dropbox menawarkan banyak ruang untuk mengambil cadangan foto dan video agar tetap aman. Sebagian besar pengguna Android lebih memilih dropbox untuk mentransfer media ke orang lain dan menyimpan data dalam waktu lama. Bagian ini akan membantu Anda mengetahui cara memulihkan foto yang dihapus secara permanen dari galeri Android secara gratis:

  • Buka Dropbox di ponsel Anda.
  • Buka Unggahan Kamera atau folder tempat Anda mencadangkan foto atau video yang dihapus.
  • Pilih item yang diinginkan untuk dipulihkan.
  • Klik opsi Tiga Titik di sudut kanan atas dan ketuk tombol Simpan ke Perangkat untuk memulihkan foto yang terhapus.

3. Menggunakan Kartu SD Android

Jika Anda memiliki perangkat dengan sistem operasi Android versi lama, kami punya solusi untuk Anda. Anda dapat memulihkan file yang terhapus menggunakan Kartu SD Android. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana memulihkan foto yang terhapus secara permanen, percayalah, ini cukup sederhana.

Anda perlu memastikan bahwa semua foto dan video Anda dicadangkan ke kartu SD Anda. Saat Anda membutuhkan foto-foto itu, Anda dapat memasukkan kartu SD dan menyalin-menempelkannya ke lokasi default sebelumnya.

Kesimpulan

Foto dan video adalah sesuatu yang menciptakan kenangan indah. Anda akan merasa tertekan ketika foto-foto itu terhapus dan mungkin bertanya-tanya bagaimana cara memulihkan foto yang terhapus secara permanen di Android.

Untungnya, fitur sampah di ponsel Android terbaru membuat file yang terhapus tetap aman untuk beberapa waktu.

Namun, jika Anda tidak dapat menemukan data Anda di sana, Anda perlu melihat file cadangan Anda.

Kami telah membahas metode mengembalikan foto yang terhapus dengan cadangan dalam artikel ini, Anda juga dapat menggunakan iToolab RecoverGo (Android) untuk memulihkan foto dan video yang terhapus tanpa cadangan.