Fitur-fitur Browser Google Chrome

Fitur Google Chrome

Google Chrome adalah browser web terpopuler yang menawarkan sejumlah fitur unggulan untuk penggunanya. Fitur-fitur Chrome terbaru dapat memberikan rasa nyaman para pengguna ketika mereka browsing dengan browser web yang merupakan salah satu aplikasi bawaan Android ini.

Chrome adalah salah satu browser terbaik saat ini. Selain Firefox dan Safari yang notabene aplikasi bawaan iOS, pengguna Chrome di Android sangat banyak dan aplikasi ini bisa menjadi pilihan utama saat online dari HP.

Untuk pengguna Android, Chrome bisa di download langsung lewat Google Playstore. Sementara untuk versi desktop, pengguna juga bisa mengunduhnya secara mudah lewat halaman download yang dapat diakses melalui link https://www.google.com/chrome/

Dari berbagai fitur Chrome yang sudah sering Anda lihat dan manfaatkan, terdapat beberapa fitur menarik lainnya yang mungkin belum sempat Anda coba. Dibawah ini kami rangkum beberapa fitur Chrome yang bisa Anda gunakan.

6 Fitur Google Chrome yang Menarik Untuk Digunakan

Google Chrome adalah browser web untuk pengguna mobile dan desktop. Aplikasi ini sebagian besar digunakan untuk mengakses internet. Chrome merupakan aplikasi yang sangat cepat dan aman yang dilengkapi dengan Adobe Flash yang sudah diinstal sebelumnya.

  Sebuah tabung mempunyai volume 220cm¹ dan tinggi 7 cm jari-jari alas tabung tersebut adalah...

Google Chrome adalah browser yang ringan, tidak dilengkapi dengan add-on yang terpasang. Namun, Anda dapat menginstal add-on yang diperlukan jika membutuhkan.

1. Pilihan Ekstensi dalam Mode Incognito

Mode Incognito di Chrome tidak menyertakan ekstensi yang Anda pasang. Ini adalah fitur privasi, tetapi Anda dapat mengizinkan ekstensi tertentu dalam Mode Incognito jika Anda menginginkannya.

Salah satu hal yang menyenangkan tentang ini adalah Anda tidak harus memilih semua atau tidak sama sekali. Anda dapat menentukan ekstensi mana yang ingin Anda izinkan dalam Mode tersebut.

2. Fitur Tersembunyi Chrome

Chrome memiliki banyak sekali fitur tersembunyi yang mungkin tidak Anda ketahui. Fitur-fitur ini tersembunyi di balik “flags” yang perlu diaktifkan secara manual. Google terus menambahkan dan menghapus tanda fitur baru.

Memang, itu tidak berada dalam versi stabil Chrome karena suatu alasan. Kadang-kadang fitur-fitur tersebut pada akhirnya berhasil mencapai ke tahapan yang stabil, tetapi tak jarang juga sebaliknya. Tetap saja, mencoba fitur-fitur tersebut bisa dirasa menyenangkan.

3. Mengubah Tempat Download Tersimpan

Secara default, Chrome menyimpan unduhan ke folder “Unduhan” di perangkat Anda. Dan ternyata sebenarnya Anda dapat mengubah tempat penyimpanan unduhan tersebut.

Anda memiliki dua pilihan untuk folder unduhan. Anda dapat memilih lokasi default mana pun yang Anda inginkan atau memilih untuk ditanyai setiap saat. Jika folder Unduhan Anda belum di-set, Anda mungkin ingin memilih opsi yang dirasa lebih memudahkan Anda.

4. Mencari Teks yang Disorot

Fitur pencarian menyenangkan lainnya di Chrome adalah kemampuan untuk mencari apa pun dengan cepat hanya dengan menyorot teksnya. Cara ini akan berfungsi dengan mesin pencari apa pun yang Anda pilih untuk digunakan di Chrome.

  Contoh Surat Lamaran Pekerjaan Tulis Tangan

Yang harus Anda lakukan adalah menyorot beberapa teks lalu klik kanan dan pilih “Cari [penyedia] untuk [teks].” Tab baru akan terbuka dengan pencarian yang sudah diisi sebelumnya untuk teks yang disorot. Pintasan super cepat untuk mencari sesuatu.

5. Fitur Sinkronisasi Chrome Android

Meskipun mengirim halaman antar perangkat itu menyenangkan, Anda bahkan mungkin tidak perlu melakukan itu untuk melanjutkan dari bagian terakhir yang Anda tinggalkan saat berpindah antar layar.

Aplikasi Chrome Android memiliki fitur sederhana yang memungkinkan Anda melihat daftar lengkap tab yang telah Anda buka — atau baru saja dibuka — di ponsel, tablet, atau komputer lain tempat Anda masuk.

6. Fitur Proteksi di Chrome

Dalam pengaturan aplikasi Chrome Android terdapat opsi untuk menambahkan lapisan proteksi ekstra ke setiap tab mode incognito yang terbuka — sehingga tidak ada orang lain yang dapat membukanya secara tidak sengaja dan melihat apa yang Anda lakukan.

Kapan pun layar Anda mati atau Anda me-mimize Chrome, browser akan mengunci tab tersebut dan memerlukan metode autentikasi standar Anda — kata sandi, PIN, sidik jari, atau apa pun yang Anda gunakan.

Anda bisa ketuk ikon menu tiga titik Chrome, pilih “Pengaturan”, lalu pilih “Privasi dan keamanan” dan cari opsi “Kunci tab Penyamaran saat Anda keluar dari Chrome” untuk mengaktifkannya.

Beberapa Fungsi dan Fitur Lainnya Google Chrome

  • Pengelola Tugas: Saat Anda bekerja di Google Chrome, cukup tekan Shift+Escape dan Anda akan menemukan pengelola tugas Google dengan daftar situs web yang sedang dibuka.
  • Riwayat Browser Visual: Fitur Google Chrome ini diambil dari Riwayat Web Google / Google Desktop. Cukup ketik Ctrl + H untuk Membuka riwayat browser.
  • Cek Penggunaan Memori Browser yang berbeda: Ketik about:memory di bagian URL Google chrome untuk memeriksa Memori yang digunakan oleh Menjalankan Browser Web.
  • Membuka Tab Terbaru yang Tertutup Secara Tidak Sengaja: Cukup Ketik Ctrl + T untuk membuka kembali tab terbaru yang tertutup secara tidak sengaja.
  • Adobe Flash Pra-Instal: Google Chrome dilengkapi dengan instalasi Adobe Flash bawaan yang memungkinkan Anda menikmati film tanpa biaya tambahan untuk mengunduh aplikasi tambahan.
  • Penjelajahan Pribadi dalam Mode Penyamaran: Cukup Ketik Ctrl + Shift + N untuk membuka Mode Penyamaran. Mode ini tidak menyimpan riwayat situs yang Anda jelajahi dan karenanya menawarkan Anda cara mengakses situs web secara pribadi.
  Apa Fungsi Dari Aplikasi Barcode?

Penutup

Google Chrome adalah sebuah browser web gratis yang digunakan secara global yang dibuat oleh Google. Chrome adalah perangkat lunak desktop yang tersedia untuk Sistem Operasi OSX, Windows, Linux, Android, dan iOS.

Google Chrome versi mobile juga tersedia untuk Android dan iOS. Browser ini pertama kali diluncurkan pada September 2008 dalam versi beta. Rilis stabil Google Chrome yakni pada Desember 2008. Sampai saat ini, Google Chrome semakin banyak digunakan, khususnya seiring dengan meningkatnya pengguna Android.