Artikeloka Artikeloka merupakan author sekaligus admin di artikeloka.com, senang berbagi tentang berbagai hal dengan khalayak luas.

Contoh Soal Psikotes Matematika dan Jawabannya

3 min read

Dihadapkan dengan soal Matematika bisa menjadi hal yang cukup merisaukan saat akan menjalani tes psikotest. Oleh sebab itu, dibutuhkan persiapan yang matang agar Anda bisa melewatinya dengan baik.

Bagi Anda yang “kurang suka” atau selalu ingin menghindari yang namanya soal Matematika saat masih duduk dibangku sekolah, Anda bisa bayangkan sendiri.

Dan bagi Anda yang sudah terbiasa dengan soalan Matematika, belum tentu juga bisa mengerjakannya dengan mudah ketika menjalani tes psikotes Matematika untuk masuk kerja.

Karena itu, artikel ini saya tulis dengan tujuan untuk membantu Anda dalam melewati tes psikotes Matematika. Dalam artikel ini Anda akan menemukan beberapa contoh soal psikotes Matematika dan jawabannya.

Sebelumnya saya jelaskan dulu, bahwa soal Matematika yang ada disini adalah contoh soal cerita logika, jadi ini bukanlah soal psikotes Matematika deret angka.

Untuk soal psikotes Matematika deret angka, jika Ada kesempatan mungkin akan saya bahas dalam sesi postingan berikutnya.

Melalui tes ini, akan diungkap seberapa tinggi tingkat intelektualitas Anda, terutama dalam hal kemampuan nalar berhitung dan berpikir secara logis.

Adapun untuk bisa lolos soal psikotes Matematika ini, Anda setidaknya membutuhkan puluhan jawaban yang benar. Jika kurang dari itu, tidak direkomendasikan.

Anda harus all out dalam berlatih contoh soal psikotes Matematika ini, supaya ketika menjalani tes yang sesungguhnya Anda tidak merasa sangat kesulitan dan bisa melewatinya dengan mudah.

Baiklah, disini saya akan memberikan 15 contoh soal psikotes Matematika dan pembahasannya. Silahkan simak dan pelajari dengan baik.

Jangan lupa juga untuk berlatih dengan mencoba menjawabnya sendiri tanpa melihat kunci jawaban yang ada.

Contents

  5 Contoh Teks Pembawa Acara Bahasa Jawa

Contoh Soal Psikotes Matematika Lengkap dengan Jawabannya

1. Ali Mahmud adalah kakak Hasan, 4 tahun lebih tua. Sinta adalah kakak Ali Mahmud dan berbeda 3 tahun. Berapakah usia Sinta, jika saat ini Hasan baru saja merayakan ulangtahun yang ke-21?

Contoh Soal Psikotes Matematika dan Jawabannya 1

2. Pesawat terbang mampu menempuh jarah 10 km dalam hitungan waktu 40 detik. Manakah yang bukan kecepatan pesawat terbang tersebut? 450 km/jam, 15 km/menit, ¼ km/detik, 900 km/jam, 250 m/detik.

Contoh Soal Psikotes Matematika dan Jawabannya 2

3. Perhatikan bilangan dibawah ini, yang bisa habis dibagi 4 adalah … 94, 38, 26, 102, 74, 30, 54, 42, dan 356.

4. Perhatikan sederet bilangan ini 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13, dan 14. Dari bilangan diatas, yang tidak bisa dibagi 4 adalah, kecuali ….

Contoh Soal Psikotes Matematika dan Jawabannya 3

5. Ada seorang pedagang menjual jambu seharga Rp 15.000/kg. Di dalam tokonya terdapat 6 dus dan dalam setiap dus berisi 5 kg jambu. Dua bekas tempat jambu itu masih bisa dijual lagi dengan harga Rp 2.000/dus. Berapakah uang hasil penjualan seluruh jambu dan dus tersebut?

Contoh Soal Psikotes Matematika dan Jawabannya 4

6. Pak Budi memiliki uang Rp 2.700.000 dan berniat untuk membeli TV. Harga TV sebelum mendapat potongan diskon adalah Rp 2.400.000, sedangkan besar diskonnya adalah 35%. Selain itu pak Budi juga belanja bulanan untuk keperluan rumah sebesar Rp 230.000. Berapakah sisa uang pak Budi saat ini?

7. Handoko berangkat dari kota X pada pukul 10.20 dan tiba di kota Y pada pukul 14.40. Jika ia mengendarai mobilnya dengan kecepatan ratarata 75 km/jam dan beristirahat selama 1/3 jam, berapakah jarah dari kota X ke kota Y?

Contoh Soal Psikotes Matematika dan Jawabannya 5

8. Biaya sewa mobil di sebuah rental mobil adalah sebesar Rp 375.000/24 jam pertama, sedangkan kelebihan dua jam berikutnya dikenai denda sebesar Rp 25.000. Apabila suatu hari, Yono menyewa sebuah mobil dan diharuskan membayar Rp 625.000, berapa lama Yono menyewa mobil tersebut?

  Mata Pelajaran yang Wajib Diadakan Berdasarkan UU Nomor 20 Tahun 2003

9. Dika bekerja sebagai kurir di sebuah perusahaan pengiriman barang di Bandung selama 5 jam per hari dan 6 hari dalam seminggu. Dika mendapat upah sebesar Rp 3.500 per jam dan uang lembur sebesar Rp 5.000/ jam. Jika dalam 4 minggu Dika menerima uang sebesar Rp 650.000, berapakah lama waktu lemburnya?

Contoh Soal Psikotes Matematika dan Jawabannya 6

10. Jika usia Toni setengah dari umur Tama, umur Tini 14 tahun lebih mudah dari Tama. Dan jumlah usia Toni dan Tini adalah 34 tahun, berapakah umur Toni, Tama, dan Tini?

Contoh Soal Psikotes Matematika dan Jawabannya 7

11. Diketahui Deni punya uang 4 kali lipat uang Dani. Sedangkan uang Dani hanya ¼ dari uang Doni. Uang Doni hanya ½ uang Dini. Siapakah yang memiliki uang paling banyak diantara mereka?

Contoh Soal Psikotes Matematika dan Jawabannya 8

12. Ada seorang penjual soto ayam mendapat pesanan 10 buah mangkuk dan dia harus mengantarkannya ke sebuah toko. Jika penjual soto ayam hanya sanggup membawa 3 buah mangkuk soto ayam, berapa kali pergi ke toko tersebut untuk mengantar semua pesanan?

Latihan Soal Psikotes Matematika dan Jawabannya 12

13. Rumah Munir berjarak 2,5 km dari kantornya. Jika Munir mampu berjalan dengan kecepatan ratarata 3 km per jam, berapa jam waktu yang dibutuhkan untuk pergi-pulang dari rumah ke kantor selama 6 hari kerja?

Latihan Soal Psikotes Matematika dan Jawabannya 13

14. Ada seseorang memiliki rumah dengan harga Rp 4.500.000. Dalam penilaian pajak, rumah tersebut dinilai dua pertiga (2/3) dari harganya. Jika pajak yang wajib dibayar adalah 12,5 rupiah per 1000 rupiahnya, berapa jumlah pajak yang harus dibayar?

Latihan Soal Psikotes Matematika dan Jawabannya 14

15. Sebuah mebel merencanakan untuk membuat kursi dan meja. Jumlah kedua macam barang tersebut sebanyak 30 buah dan jumlah meja adalah 4 kali lebih banyak dari jumlah kursi. Berapakah jumlah meja yang akan dibuat?

Latihan Soal Psikotes Matematika dan Jawabannya 15

Demikianlah beberapa contoh latihan soal test Psikotes Matematika yang diharapkan dapat memberikan Anda masukan yang berguna. Anda bisa latihan mengerjakan soal seperti diatas agar dapat melewati tes psikotest Matemarika dengan lancar.

  5 Contoh Teks Pembawa Acara Bahasa Jawa

Tips Mengikuti Tes Psikotes Matematika

Nah bagi Anda yang akan mengikuti test psikotes Matematika, berikut beberapa tips yang bisa diperhatikan.

  1. Tidur tepat waktu. Saat Anda mengikuti test psikotes Anda akan dituntut untuk berpikir keras dan fokus, jadi Anda butuh tidur yang cukup di malam harinya.
  2. Asupan yang mendukung. Jangan lupa untuk sarapan terlebih dulu sebelum berangkat, ini sangat penting karena energi yang cukup akan membuat Anda mampu berpikir secara optimal.
  3. Bawalah kertas sendiri dari rumah untuk keperluan corat-coret mengingat akan ada banyak soal yang perlu Anda kerjakan.
  4. Santai tapi fokus. Hindari membuat diri Anda menjadi tegang, karena hal ini tidak baik dalam mengerjakan soal. Anda cukup santai tapi tetap berusaha fokus.
  5. Berdo’a sebelum memulai. Dengan do’a, segala sesuatunya dapat dimudahkan. Jadi, jangan lupa berdo’a terlebih dulu sebelum menjalani tes psikotes Matematika.

Penutup

Menjalani tes psikotes Matematika mungkin tidak mudah, namun sepanjang Anda memiliki persiapan yang baik saya rasa Anda dapat menyelesaikannya dengan lebih mudah. Jadi, usahakan untuk banyak berlatih soal agar nantinya Anda tidak akan kesulitan saat benar-benar menjalani tes.

Artikeloka Artikeloka merupakan author sekaligus admin di artikeloka.com, senang berbagi tentang berbagai hal dengan khalayak luas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *