Tips Menjaga Kesehatan Telinga dengan Benar

3 min read

Telinga merupakan salah satu indera yang memiliki peranan penting untuk kehidupan manusia, dimana tanpa keberadaan indera pendengaran maka akan secara otomatis akan mengakibatkan seseorang menjadi bisu. 

Ada jutaan orang di dunia yang menderita gangguan pada pendengaran, maka sebaiknya anda harus menjaga kesehatan telinga anda.

Telinga adalah salah satu indera yang sangat penting bagi tubuh kita. dimana telinga sendiri digunakan sebagai indera yang berfungsi sebagai indera pendengaran. Namun apabila tidak ada keberadaan indera pendengaran tentunya yang terjadi pada seseorang akan mengalami seseorang bisu. Hal ini dapat terjadi karena memang tidak ada suara yang mereka tangkap atau mereka dengar, seperti halnya yang sudah kita ketahui bahwa telinga sendiri memiliki susunan yang berbeda – beda dengan fungsi yang berbeda – beda pula. Misalnya saja adalah daun telinga yang berperan penting dalam mengarahkan suara ke bagian lubang telinga dan kemudian akan diteruskan ke bagian dalam telinga yang setelah itu akan dikirim ke otak untuk diterjamahkan dalam bentuk suara atau ucapan. Oleh karena itu, menjadi suatu hal yang sangat penting untuk menjaga kesehatan anda agar tetap sehat.

Banyak penyebab terjadinya gangguan pada alat indera pendengaran anda mulai dari adanya kotoran di dalam telinga, cidera, tumor, faktor genetika, infeksi, paparan suara yang terlalu keras, efek samping suatu obat atau juga adanya benda asing yang masuk di dalam telinga anda dan masih banyak faktor lainnya. sehingga apabila tidak segera ditangani dengan cara yang baik dan tepat akan mengakibatkan gangguan pada pendengaran anda bahkan bisa mengakibatkan kehilangan pendengaran secara permanen. Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat anda lakukan untuk tetap menjaga kesehatan pada telinga anda.

Tips Menjaga Kesehatan Telinga

  • Jangan Menggunakan Cotton Bud

Langkah atau tips pertama yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan telinga anda yaitu jangan menggunakan lagi cotton bud. Dimana membersihkan atau juga mengorek kotoran yang ada di telinga anda dengan menggunakan cotton bud merupakan kegiatan yang tidak benar. Hal ini karena apabila anda menggunakan cotton bud untuk membersihkan kotoran di dalam telinga justru akan mendorong kotoran untuk masuk ke dalam dan bukan malah mendorong keluar. Bahkan apabila anda juga tidak berhati – hati dalam penggunaanya korek kuping atau cotton bud tersebut dapat melukai organ yang berada di dalam telinga anda.

  Bahaya MSG Terhadap Kesehatan Tubuh

Karena hal demikian, sangat disarankan agar anda menggunakan alat pembersih khusus untuk telinga dan bukan lagi menggunakan cotton bud. Alat – alat pembersih tersebut juga banyak anda temukan di apotek – apotek terdekat rumah anda. Namun yang perlu diingat adalah jangan menggunakan alat tersebut terlalu sering apabila telinga anda masih dalam kondisi yang normal. Karena di dalam telinga pada dasarnya memiliki mekanisme yang secara otomatis untuk mengeluarkan kotoran yang berada di dalam telinga dengan sendirinya. Bukan hanya itu, adanya cairan kuning yang berada di dalam telinga sebenarnya memiliki fungsi untuk mencegah debu atau binatang – binatang yang masuk ke telinga anda.

  • Mengunyah Makanan dengan Baik

Tips lain yang dapat anda lakukan untuk menjaga kesehatan telinga anda yaitu dengan mengunyah makanan dengan cara yang baik. Kotoran – kotoran yang berada di dalam telinga akan bisa dikelaurkan secara otomatis dengan cara mengunyah makanan. Ketika anda melakukan gerakan mengunyah makanan dengan cara yang benar dan tepat maka akan mendorong telinga anda untuk mengeluarkan kotoran di dalam telinga anda. untuk membuktikannya anda dapat mencoba dengan cara mengunyah permen, dan anda akan merasakan manfaatnya.

  • Terapi Lilin

Dengan cara melakukan terapi lilin juga sangat membantu anda dalam mengeluarakan kotoran – kotoran  yang berada di dalam telingan anda. Cara yang dapat anda lakukan yaitu cukup dengan membeli lilin khusus untuk terapi telinga, kemudian langsung dapat anda gunakan dengan cara di bakar dan menggunakan tentunya sesuai dengan petunjuk yang telah diberikan.

  Pengertian Hypoxia dan Penyebabnya
  • Jangan Menggaruk Telinga

Apabila anda merasakan gatal pada bagian telinga anda, cobalah untuk menghindari menggaruk telinga anda karena apabila anda melakukan hal tersebut yang terjadi justru akan menjadikan telingan anda menjadi infeksi. Sehingga akan sangat dianjurkan bagi anda untuk segera melakukan pemeriksaan telinga anda ke dokter THT.

  • Hubungi Dokter Apabila Terjadi Infeksi

Ketika telinga anda sedang mengalami suatu infeksi, sebaiknya anda untuk segera menghubungi dokter THT. Ada dua jenis infeksi yang terjadi pada telinga yaitu infeksi yang terjadi pada telinga bagian paling luar dan paling tengah. Dan umumnya, infeksi pada bagian telinga luar dapat terjadi karena adanya air yang kotor di bagian luar telinga. Sehingga telinga anda akan terasa sakit, bengkak atau juga parahnya lagi akan bernanah. Dengan kondisi seperti itu, pengobatan yang dapat anda lakukan dengan cara berupa antibiotik dan tentunya harus sesuai dengan ketentuan dan resep dokter.

Sedangkan adanya infeksi yang terjadi pada telinga bagian tengah, hal ini akan berakibat buruk pada bagian gendang telinga anda. dimana gendang telinga anda akan dapat pecah dan biasanya hanya dengan obat tetes dari resep dokter saja misalnya seperti antibiotik yang mampu menyembuhkan infeksi pada telinga bagian tengah. Selain diakibatkan karena infeksi, biasanya telinga anda juga akan merasakan rasa sakit karena masalah lain. Masalah – masalah tersebut  banyak faktornya misalnya saja karena anda mengalami nyeri pada bagian tenggorokan atau juga pada leher anda. Apabila hal tersebut terjadi pada telinga anda, akan sangat dianjurkan untuk langsung berkonsultasi kepada dokter dan jangan mencoba menangani dengan cara anda sendiri yang mungkin justru akan membahayakan pendengaran anda.

  • Tutup Telinga di Perjalanan Udara
  Pengertian Trauma Fisik

Ketika anda sedang melakukan perjalanan yang jauh dengan menggunakan pesawat terbang, terkadang telinga anda akan merasakan rasa sakit ketika mendengara deru mesin dan suara lainnya. sehingga untuk mengurangi timbulnya rasa sakit tersebut, sebaiknya anda menutup atau juga dengan meniup telinga anda dengan cara yang pelan dan lembut.

  • Bersihkan Daun Telinga dengan Baby Oil

Hal lain yang juga anda perlu perhatikan adalah, jangan lupa untuk membersihkan bagian area luar telinga anda atau bagian daun telinga dari adanya debu atau kotoran yang menumpuk dengan menggunakan baby oil. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan cotton bud yang telah dibasahi dengan baby oil, kemudian bersihkan pada bagian sela – sela daun telinga anda dengan cara seksama agar tidak ada lagi kotoran yang menempel dan mengendap di bagian daun telinga anda.

  • Perawatan Rutin

Melakukan perawatan secara rutin dan juga berkonsultasi kepada dokter juga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan telinga anda. Dengan melakukan konsultasi ke dokter THT tentunya akan sangat membantu anda dalam menjaga kesehatan terutama pada bagian telinga anda. Bukan hanya itu, jika anda rutin melakukan perawatan ke dokter juga dapat mencegah datangnya penyakit telinga yang mungkin tidak anda saradi.

  • Membersihkan Lingkungan Sekitar

Tips Menjaga Kesehatan Telinga dengan Benar

Membersihkan kebersihan lingkungan luar terutama pada malam hari juga menjadi kegiatan yang sangat penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan telinga anda. Terutama pada area – area kamar tidur misalnya adalah bantal, kasur, pakaian atau perlengkapan lainnya. Dengan melakukan perhatian dan kewaspadaan terhadap lingkungan yang ada di sekitar anda merupakan salah satu cara anda untu merawat telinga anda dengan cara yang baik dan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *