4 Faktor Penyebab Internet Lambat di Indonesia

3 min read

Apakah kalian termasuk orang yang tidak bisa hidup tanpa internet? Berapakah uang yang kalian habiskan untuk membeli kuota internet dalam satu bulan? Apa yang kalian rasakan dengan koneksi internet negara kita? Jika kalian telah puas dengan koneksi internet kalian dapat saat ini, maka kalian harus membaca artikel ini, maka kalian akan menemukan fakta yang mencengangkan tentang kondisi internet di nagara kita.

Sebenarnya koneksi internet di negara kita termasuk sangat lambat. Bayangkan saja, mimin pernah membaca sebuah berita yang menyatakan bahwa koneksi internet di Indonesia terlambat ke-2 sedunia. Jadi, bagi kalian yang selama ini suka pamer koneksi internet ke teman-teman kalian atau di media sosial, sebaiknya kalian hapus deh postingan kalian.

“Sudah bayar mahal – mahal, tapi tetap aja lelet!!!” mungkin kutipan tersebut merupakan ucapan yang kerap kali terdengar  ketika internet anda sedang lambat. Saya yakin anda juga pernah bahkan sering mengalaminnya, karena saya sendiri juga pernah merasakan hal yang serupa. Sebenarnya tanpa kita sadari atau tidak internet sudahlah menjadi suatu kebutuhan wajib bagi kehidupan kita, mulai digunakan untuk berkomunikasi bahkan untuk pekerjaan atau bisnis saat ini juga mengandalkan adanya internet.

Tetapi akan sangat mengganggu dan meresahkan banyak orang pula apabila koneksi internet anda sedang mengalami kelambatan atau lelet, apalagi ketika anda sudah membayar dengan biaya yang tidak murah untuk sekedar berlangganan internet. Dan hal tersebut merupakan kejadian yang sering sekali terjadi di negara Indonesia. Menurut data dari Akamai yaitu pada bulan april tahun 2013 yang lalu, dimana kecepatan koneksi internet yang terdapat di Indonesia menduduki pada peringkat ke 99 hanya untuk wilayah di Asia Pasifik saja bahkan jauh di bawah negara tetangga yaitu Malaysia yang menduduki urutan ke 46.

  Cara Registrasi Ulang Kartu SIM

Dari data Akamai tersebut dijelaskan bahwa kecepatan koneksi di Indonesia rata – rata 12,8 Mbps (Megabits per secons) dan sangat jauh tertinggal dengan negara Malaysia dengan kecepatan koneksi rata – rata 23, 6 Mbps. Bukan hanya itu, bahkan untuk negara Hongkong, Jepang dan Korea Selatan sudah termasuk  ke dalam 5 negara yang memiliki koneksi internet super tercepat di dunia dan untuk dua negara lainnya adalah Rumania dan Latvia.

Namun pernahkah anda memiliki pemikiran kenapa koneksi internet di Indonesia bisa selambat ini? Ini ada beberapa teori yang didapatkan dari channel youtube Kok Bisa. Kita semua tahu bahwa Indonesia merupakan negara yang sangat luas dan berbentuk kepulauan. Tak tanggung tanggung, pulau yang ada di Indonesia ini ribuan, bahkan belasan ribu. Coba kalian bayangkan berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengelilingi Indonesia? Kalian tidak perlu menjawabnya karena itu bukan poin yang akan kita bahas. Yang akan kita bahas adalah dengan negara yang seluas ini, maka metode pembangunan yang seperti apa yang cocok, karena selama ini kita tahu bahwa pembangunan masih belum merata dan masih terpusat di Jawa.

Faktor Penyebab Internet Lambat di Indonesia

    1. Pembangunan 

      Pembangunan, merupakan salah satu kata kunci mengapa koneksi internet kita sangat lambat dibandingkan negara-nagara tetangga, Singapura ataupun Malaysia. Jangan bandingkan luas negara sob, jelas menang kita kemana-mana. Bahkan Singapuran dan Surabaya pun masih luas Surabaya.

      Semakin luas suatu negara, maka pembangunan infrastruktur jaringan internet pun semakin banyak. Dan tidak hanya itu ketika semakin banyak infrastrtuktur yang dibutuhkan akan sebanding dengan biaya yang dibutuhkan, yaitu seakin besar pula. Maka intinya, pembangunan ini tidak akan terlaksana sepenuhnya jika salah satu komponen pendukungnya tidak ada, yaitu uang.

        Cara Memperbaiki Kartu SIM Rusak Atau Menggantinya (Nomor Tetap Sama)

        2. Letak Geografis Negara Indonesia

          Yang kedua tentang geografis Indonesia. Indonesia merupakan negara yang luas dengan daratan yang tidak rata. Indonesia memiliki hutan rimba yang luas, lautan, bukit pegunungan, dan yang lainnya. Telah tercatat lebih dari 13 ribu pulau yang berada di kawasan Indonesia dan terbentang seluas hingga 1.9 Km2.

          Selain itu Indonesia memiliki ciri khas wilayah yang berbukit serta berlembah, dimana hal ini menjadi masalah bagi operator dari penyedia jaringan internet dalam proses membangun infrasutruktur jaringan internet. Bagi para penyedia jaringan internet membutuhkan biaya yang relatif besar dalam membangun infrastruktur tersebut jika dibandingkan antara wilayah dengan medan geografis yang normal. Hal itulah yang membuat sinyal jaringan yang muncul pada smartphone kalian tidak stabil dan naik turun.

            3. Tingginya Pengguna Internet di Indonesia

              Dan faktor yang ketiga adalah penduduk Indonesia yang luar biasa banyaknya. Selain penduduknya yang sangat banyak, gadget yang dimiliki juga banyak guys. Tidak jarang satu orang punya lebih dari satu gadget yang keduanya menggunakan internet. Bisa kalian bayangkan berapa besar kebutuhan internet di Indonesia. Kebutuhan yang besar tidak diiringin dengan kualitas dari layanan internet yang disediakan oleh operator seluler.

              Banyaknya operator seluler yang ada di Indonesia juga menjadi faktor pendukung lambatnya koneksi internet. Jumlah operator seluler yang semuanya menawarkan paket internet menyebabkan spektrum jaringan harus dibagi-bagi untuk setiap operator. Belum lagi perang operator menyebabkan kualitas internet jauh di bawah maksimal.

              Indonesia merupakan negara dengan pengguna internet terbanyak dengan urutan ke 8 di dunia dan juga untuk wilayah Asia Pasifik dimana Indonesia berada pada posisi ke 4 setelah negara Tiongkok atau Cina, India, dan Negara Jepang.

                Cara Pinjam Pulsa Operator Tri

              Bahkan hingga seperempat atau sekitar 22.4 % dari total keseluruhan penduduk di Indonesia adalah pengguna internet. Hal ini lah yang menyebabkan dan menjadi salah satu faktor mengapa internet di Indonesia lambat, karena memang tingginya pengguna internet maka pembagian jaringan internet juga akan menemui titik limitnya, dan secara otomatis maka koneksi internet pun akan lambat.

                4. Belum Memiliki Koneksi Internasional

                  Faktor lain yang menjadi penyebab lambatnya koneksi internet di Indonesia adalah karena belum adanya koneksi internasional atau yang biasa dikenal dengan  Tier – 1 dimana jaringan internasional tersebut berpusat di Amerika Serikat. Hal ini dapat terjadi dikarenakan koneksinya yang mahal maka dalam satu jalur koneksi harus dibagi dengan beberapa user sehingga akan menyebabkan koneksi internet menjadi lambat.

                  Namun sebaliknya, jika di Indonesia memiliki koneksi Tier – 1 maka negara – negara yang memiliki urutan di atas akan mendapat pesaing, sehingga harga bandwith pun juga akan saling berkompetisi. Disisi lain untuk layanan internet yang berbasis satelit, juga harus menggunakan satelit dalam suatu negara seperti misalnya 2 operator seluler yang menyediakan layanan internet tertentu yang notabene tarifnya mahal.

                  Penyebab Internet Lambat di Indonesia

                  Itulah faktor yang menyebabkan lambatnya koneksi internet yang ada di Indonesia. Maka, hal ini akan menjadi tugas besar kalian guys yang nantinya akan menjadi pemimpin-pemimpin di Indonesia, maka kalian harus dapat mewujudkan pembangunan yang merata agar koneksi internet di negara kita cepat dan kita bisa pamer koneksi internet kita di media sosial. Jadi, mulai saat ini kita wajib rajin belajar agar kelak dapat berguna untuk kemajuan negara kita tercinta.

                  Cara Pinjam Pulsa Operator Tri

                  Hutang pulsa ke operator bisa menjadi solusi jika pulsa di HP Anda telah habis dan disaat yang bersamaan Anda membutuhkan pulsa untuk nelpon, kirim...
                  luki h.
                  1 min read

                  Cara Mengetahui Waktu Pengiriman SMS di HP Android

                  Untuk Anda yang mungkin masih kesulitan cara mengetahui waktu pengiriman SMS di Android, dibawah ini saya infokan cara mudah untuk mengetahuinya. Beberapa tipe ponsel...
                  luki h.
                  1 min read

                  10 Cara Memilih Smartphone Android Berkualitas

                  Android merupakan platform smartphone dengan jumlah pengguna paling banyakdi masa sekarang, jauh meninggalkan platform smartphone lainnya. Kendati kemunculan Android relatif baru jika dibandingkan sejumlah platform...
                  luki h.
                  2 min read

                  Leave a Reply

                  Your email address will not be published. Required fields are marked *