5 Untuk Bisa Tips Mendapatkan Pekerjaan

1 min read

Bagi sebagian orang, mendapatkan pekerjaan memang tidak mudah, apalagi pekerjaan yang sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Diperlukan usaha yang maksimal, tanpanya sepertinya cukup sulit untuk bisa mendapatkan sebuah pekerjaan yang menurut kita sesuai dengan kualifikasi yang kita miliki.

Sulitnya untuk bisa memperoleh pekerjaan dipengaruhi oleh sejumlah faktor, mulai faktor kuota lowongan yang sepertinya masih cukup terbatas, kuota pencari kerja yang terlampau banyak, tidak memiliki cukup banyak teman yang bisa memberikan informasi, dsb.

Kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan biasanya dialami oleh kalangan fresh graduate. Seorang pencari kerja yang baru menyelesaikan masa kuliahnya kebanyakan memang masih belum memiliki pengalaman kerja, dan tidak memiliki koneksi yang cukup untuk memudahkan mereka mendapatkan pekerjaan sebagaimana yang mereka inginkan.

Latar belakang pengalaman kerja memang sangat dibutuhkan bagi seorang pelamar kerja, karena sebagian besar perusahaan lebih memberi prioritas pada calon pelamar yang sudah memiliki riwayat pekerjaan.

  5 Jenis Peluang Usaha Saat Libur Sekolah

Namun, jika Anda merupakan sosok yang punya kualifikasi, meskipun Anda baru lulus kuliah sepertinya hal ini tidak menjadi masalah besar bagi Anda.

Cara Agar Bisa Mendapatkan Pekerjaan

Pada posting sebelumnya saya sudah berbagi contoh surat lamaran kerja untuk lulusan S1 dimana surat lamaran adalah salah satu modal terpenting untuk bisa mendapatkan pekerjaan.

Dan kali ini kita akan berbagi tips bagaimana cara bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan kriteria yang kita miliki.

Berikut beberapa tips untuk mendapatkan pekerjaan impian, semoga bisa memberikan Anda masukan yang berguna.

1. Manfaatkan internet sebagai sumber informasi

Seperti yang kita tahu, bahwa internet adalah salah satu media sumber informasi. Di internet terdapat sekian banyak informasi lowongan kerja yang bisa membantu Anda selama dalam proses pencarian.

  5 Tips Membeli Mobil Bekas Secara Aman

Anda bisa berlangganan update informasi lowongan kerja dari situs-situs penyedia lowongan pekerjaan yang nantinya akan dikirimkan secara otomatis ke alamat email Anda. Hal ini tentunya semakin memudahkan Anda untuk mengetahui info lowongan kerja terkini yang mungkin sesuai dengan kriteria Anda.

2. Gali informasi lewat media cetak

Selain memanfaatkan media online, Anda juga bisa menggunakan media cetak untuk mencari info-info kerja terkini. Anda bisa berlangganan koran, di koran terdapat berbagai macam informasi lowongan pekerjaan yang harus terus Anda ikuti selama masih dalam proses pencarian kerja.

3. Hubungi teman dekat Anda

Punya teman banyak, apalagi jika teman-teman Anda adalah orang-orang berkarir tentunya sedikit-banyak mereka bisa membantu Anda. Jika Anda punya banyak teman, hubungi mereka. Mungkin mereka bisa membantu Anda untuk menemukan informasi yang tepat buat Anda.

4. Responsif

Ketika Anda menemukan informasi lowongan yang menurut Anda sudah sesuai dengan kriteria Anda, segera kirimkan surat lamaran kerja ke peruashaan bersangkutan. Jangan menunda-nunda, meskipun tanggal penutupan lamaran mungkin masih cukup lama.

  Cara Mendapatkan Kerja dan Berkarir di Luar Negeri

5. Bersikap profesional

Cara Agar Bisa Mendapatkan Pekerjaan

Ketika Anda diberikan kesempatan untuk menjalani sesi wawancara, jangan menyia-nyiakan kesempatan tersebut. Tunjukkan sikap profesionalisme Anda. Yakinkan pihak terkait bahwa Anda adalah kandidat yang layak untuk diterima sebagai staff karyawan diperusahaan bersangkutan.

Gaji Pegawai Bank BRI, BNI, BCA hingga BI

Berkarir sebagai pegawai bank memang termasuk cukup menggiurkan, tak heran jika banyak fresh graduate yang fokus untuk mengintai kesempatan masuk bank, baik bank swasta...
luki h.
2 min read

5 Jenis Peluang Usaha Saat Libur Sekolah

Peluang usaha dan bisnis bisa datang kapan saja dan dimana saja, asalkan kita mau berpikir lebih keras dan peka terhadap peluang yang ada. Ternyata...
luki h.
51 sec read

Leave a Reply