Pengertian Web Hosting

1 min read

Web hosting adalah salah satu komponen utama pada website. Jika Anda belum banyak tahu mengenai lingkup website, Anda mungkin masih kurang begitu paham apa itu web hosting beserta fungsinya. Silakan di simak ulasan mengenai pengertian web hosting dan fungsinya berikut ini.

Pengertian Hosting

Hosting atau web hosting merupakan tempat untuk menyimpan seluruh data website sehingga website tersebut bisa diakses oleh banyak orang dari berbagai penjuru bumi. Hosting ibarat sebuah rumah dimana didalamnya terdapat berbagai macam barang atau perabotan.

Fungsi Hosting

Seperti disebutkan diatas, fungsi hosting adalah untuk menyimpan semua file website baik itu berupa teks, gambar, video, maupun jenis file lainnya. Seperti Anda ketahui, ketika Anda mengunjungi sebuah website, disana Anda akan mendapati berbagai macam file, nah file-file tersebut sejatinya tersimpan di layanan web hosting.

  34 Jumlah Provinsi di Indonesia Beserta Ibukotanya

Jenis-jenis Hosting

Layanan web hosting ada beberapa macam mulai shared hosting, VPS, dedicated server, hingga email hosting.

1. Shared Hosting

Shared hosting adalah sebuah layanan web hosting dimana didalamnya terdapat beberapa website yang menggunakan server yang sama (shared).

2. VPS

VPS atau virtual private server adalah sebuah layanan web hosting yang menggunakan server virtual. Layanan ini cocok untuk website berskala sedang dengan lalu lintas yang tergolong sedang-tinggi.

3. Dedicated Server

Disebut juga sebagai suite hosting, yaitu sebuah layanan web hosting dengan resources sangat tinggi yang cocok untuk digunakan website berskala besar seperti website berita, forum, atau situs toko online.

4. Email Hosting

Email hosting adalah layanan hosting yang secara khusus untuk digunakan sebagai hosting email. Jika Anda memiliki layanan email hosting, maka Anda tidak perlu menggunakan layanan email semacam GMail, Yahoo, atau layanan email gratis lainnya.

Web Hosting Terbaik Indonesia

Ada sekian banyak perusahaan penyedia web hosting mulai provider lokal hingga luar negeri. Yang perlu jadi catatan, konsumen harus dapat menentukan pilihan secara tepat agar layanan web hosting yang dibelinya sesuai dengan kebutuhan hosting website mereka.

  Mengungkap Misteri Pesugihan Tuyul

Bayangkan Anda ingin membuat website, tentu Anda ingin menggunakan web hosting terbaik yang telah teruji kualitasnya. Adapun salah satu perusahaan web hosting terbaik Indonesia adalah Niagahoster yang menawarkan web hosting handal dengan biaya sewa murah, kaya fitur, aman, dan pelayanannya sangat memuaskan.

web hosting
Ilustrasi Shared Hosting

Demikian ulasan mengenai pengertian web hosting beserta penjelasan singkat mengenai jenis-jenis layanan web hosting. Semoga bermanfaat bagi Anda yang selama ini belum memahami apa itu web hosting. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *