Pengertian Pola Keruangan Desa dan Kota Serta Perbedaannya

1 min read

Saya yakin Anda sudah mengenal istilah Desa dan Kota yang mana keduanya tentunya memiliki beberapa sisi perbedaan. Desa biasanya identik dengan rumah-rumah yang sederhana, sedangkan kota identik dengan fasilitas yang lengkap dan memadai. Namun, tidak hanya itu saja, masih banyak hal-hal lain yang mencirikan pola keruangan Desa dan Kota sebagaimana akan dikupas dalam postingan ini.

Pengertian Desa dan Kota


a. Pengertian Desa

Menurut UU No. 5 Tahun 1979, desa adalah suatu wilayah yang ditempati oleh sejumlah penduduk sebagai kesatuan masyarakat termasuk di dalamnya kesatuan masyarakat dan hukum yang mempunyai organisasi pemerintahan terendah langsung di bawah camat dan berhak menyelenggarakan rumah tangganya sendiri dalam ikatan NKRI.

b. Pengertian Kota

Kota adalah suatu sistem jaringan kehidupan manusia yang ditandai dengan kepadatan penduduk yang tinggi, strata sosial ekonomi yang heterogen, dan kehidupan materialistis.

Pola Keruangan Desa dan Kota

a. Pola Keruangan Desa

Pola pemukiman antara satu desa dengan yang lainnya memiliki perbedaan tergantung faktor geografi yang berbeda.

  Unsur-Unsur Terbentuknya Suatu Negara

– Pola Memusat

Terdapat di wilayah pegunungan atau dataran rendah. Pola semacam ini kemungkinan terbentuk karena dihuni secara turun-temurun oleh beberapa generasi.

– Pola Mengelilingi Fasilitas

Umumnya ditemukan di dataran rendah, dimana fasilitas umum yang ada dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Misalnya mengelilingi waduk atau mata air.

– Pola Memanjang Mengikuti Jalan Raya

Pola pemukiman memanjang biasanya ditemui di pinggiran jalan raya.

– Pola Memanjang Mengikuti Garis Pantai

Pemukiman berada di pesisir laut, karena umumnya penduduk bekerja sebagai nelayan.

b. Pola Keruangan Kota

Pola Keruangan Kota dan Desa
Ilustrasi – Pola Keruangan Kota

Terdapat beberapa ahli yang menjelaskan teori terkait pola keruangan kota, di antaranya teori sektoral (Homer Hoyt), teori memusat (Erness W. Burgess), dan teori inti ganda (C. D. Harris dan E. L. Ullman).

Demikianlah ulasan tentang pengertian pola keruangan Kota dan Desa serta perbedaan pola keruangan Desa dan Kota, semoga ulasan diatas berguna bagi kalian.

Tutorial Model Rambut Simpel dan Keren untuk Wisuda

Wisuda merupakan momen yang paling ditunggu oleh mahasiswa dan mahasiwi. Karena setelah wisuda akan meneruskan ke jenjang berikutnya yang lebih tinggi ataupun masuk ke...
luki h.
3 min read

Unsur-Unsur Terbentuknya Suatu Negara

Suatu negara terbentuk tentunya tidak terlepas dari sejumlah unsur. Unsur-unsur pembentuk negara merupakan syarat dalam membentuk suatu negara, apabila hal tersebut tidak terpenuhi, maka...
luki h.
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *