Perbedaan Lisosom Dengan Peroksisom

2 min read

Apa perbedaan Lisosom dan peroksisom? Keduanya merupakan organel dengan ukuran kecil didalam sel. Lisosom dan Peroksisom melakukan proses yang sangat mirip, tetepi keduanya memiliki fungsi yang sangat berbeda.

Perbedaan Lisosom dan Perokisom

Sejatinya unit struktural dan fungsional dari setiap organisme multiseluler adalah sel. Sel adalah unit terkecil dari organisasi organisme multiseluler. Tetapi bahkan dalam satu sel tunggal, banyak proses terjadi secara simultan. Proses seluler yang berbeda bisa secara luas diklasifikasikan menjadi tiga jenis, yakni katabolik, proses anabolik dan peraturan. Katabolisme dan anabolisme bersama-sama membentuk metabolisme. Metabolisme berhubungan dengan nutrisi tubuh. Namun selain itu, sel juga harus melakukan fungsi pemeliharaan, daur ulang organel seluler, fungsi yang terkait dengan kekebalan, fungsi untuk mengatasi keausan dari sel, dan akhirnya apoptosis (kematian sel terprogram).

Baca juga: Pengertian Sel dan Strukturnya

Lisosom dan peroksisom membantu sedemikian fungsi “pemeliharaan”. Tapi, sebagai mahasiswa baru biologi sel, salah satu mungkin menjadi bingung antara keduanya. Walaupun terdapat perbedaan yang jelas dan berbeda antara keduanya, ada beberapa over-lapping fakta juga. Berikut ini penjelasan secara ringkas dua organel.

sel dengan organel lisosom
Gambar ilustrasi sel dengan organel lisosom

Lisosom

Lisosom adalah organel sel berupa kantong terikat membran yang berisi enzim hidrolitik yang berguna untuk mengontrol pencernaan intraseluler pada berbagai keadaan. Lisosom ditemukan pada tahun 1950 oleh Christian de Duve dan ditemukan pada semua sel eukariotik. Di dalamnya, organel ini memiliki 40 jenis enzim hidrolitik asam seperti protease, nuklease, glikosidase, lipase, fosfolipase, fosfatase, ataupun sulfatase. Semua enzim tersebut aktif pada pH 5. Fungsi utama lisosom adalah endositosis, fagositosis, dan autofagi.

  Pengertian Sel Menurut Para Ahli

Pada tumbuhan organel ini lebih dikenal dengan sebutan vakuola, yang selain untuk mencerna, mempunyai fungsi menyimpan senyawa organik yang dihasilkan tanaman.

  • Satu dari tiga fungsi utama lisosom adalah fagositosis. Salah satu langkah dalam proses fagositosis adalah ketika sekering lisosom dengan phagosome – mengakibatkan phagolysosome a. Proses ini membawa bakteri atau patogen dan baterai enzim lisosomal degradatif dalam satu ruang dan membantu dalam membunuh patogen. Metabolit dirilis sebagai akibat yang didaur ulang dan digunakan oleh sel.
  • Endositosis merupakan fungsi lisosomal yang penting. Sel memiliki reseptor banyak (biasanya proteinic di alam) yang membantu dalam sel-komunikasi-sel, penyerapan makanan, bahkan antibodi yang pertama kali terlihat sebagai reseptor membran terikat. Reseptor ini secara teratur didaur ulang dengan membawa mereka di dalam sel (endositosis), merendahkan mereka dan menggunakan kembali metabolit dirilis.
  • Organel seluler lainnya – seperti mitokondria – juga perlu didaur ulang. Hal ini dicapai dengan fusi lisosom dengan organel – sebuah proses yang disebut autophagy. Autophagy membantu sel untuk merevitalisasi itu sendiri.
  • Fungsi autophagic dari lisosom juga membantu secara tidak langsung dalam proses yang disebut apoptosis. Apoptosis – atau sel mati terprogram – adalah ketika sel menjadi ‘tua’, atau terinfeksi oleh beberapa jenis patogen dan menerima sinyal untuk penghancuran diri. Isi kemudian lisosom ‘tumpah’ keluar ke dalam sel dan memakan sel dari dalam.
  • Imunitas adalah kemampuan tubuh untuk melawan invasi oleh mikroorganisme penyebab penyakit. Kemampuan untuk membantu apoptosis dan membunuh patogen phagocytosed membuat lisosom penting dalam memberikan kekebalan ke organisme.
  Cara Berkembang Biak Suplir dan Klasifikasi Suplir

Peroksisom

Peroksisom, yang dalam bahasa Inggris: peroxysome, adalah organel yang terbungkus oleh membran tunggal dari lipid dwilapis yang mengandung protein pencerap (reseptor). Peroksisom tidak memiliki genom dan mengandung sekitar 50 enzim, seperti katalase dan ureat oksidase yang mengkristal di pusatnya. Peroksisom ditemukan pada semua sel eukariota.

  • Fungsi utama peroksisom adalah menjadi jelas jika kita melihat etimologi dari istilah ‘Peroksisom’ – ‘per’ berasal dari peroksida, ‘oxi’ dari oksidasi, peroksisom sehingga dengan demikian organel yang melakukan reaksi oksidasi yang mengarah pada produksi peroksida .
  • Detoksifikasi senyawa beracun berbagai yang memasuki aliran darah juga dilakukan oleh peroksisom. Ini adalah khas bagi peroksisom. Peroksisom menggunakan hidrogen peroksida (H2O2) yang dihasilkan selama oksidasi untuk mendetoksifikasi senyawa beracun. Ini disebut peroksidasi.
  • Peroksisom dalam membantu hati dalam detoksifikasi alkohol. Sekitar 25 persen dari alkohol yang kita konsumsi dieliminasi dari tubuh dengan cara ini.
  • Peroksisom memainkan peran penting dalam metabolisme asam lemak, seperti yang dinyatakan sebelumnya. Peroksisom mensintesis plasmalogens – komponen dari membran sel jaringan seperti otak dan jantung. Pada saat yang sama peroksisom juga merupakan situs untuk β-oksidasi asam lemak.
  • Pada tumbuhan, peroksisom memainkan peran yang sangat penting dalam biji. Asam lemak hadir dalam biji dipecah dalam peroksisom untuk menyediakan energi untuk pabrik pemula yang baru tumbuh sebagai benih berkecambah. Asam lemak yang diubah menjadi gula yang memberikan energi.
  • Fungsi penting lainnya dilayani oleh peroksisom dalam sel tanaman adalah bahwa selama siklus Calvin. Peroksisom membantu untuk mendaur ulang phosphoglycolate – dengan-produk dari siklus Calvin. Ini adalah fungsi yang sangat penting, seolah-olah daur ulang tidak terjadi banyak energi sel dan karbon akan hilang.
  • Kedua organel penting untuk berfungsinya sel-sel dan menjaga sel dalam kondisi sehat. 
  Pengertian Akar Tunggang, Ciri-ciri, dan Contoh Akar Tunggang

Demikian ulasan ringkas mengenai perbedaan lisosom dan peroksisom, semoga berguna bagi Anda.

11 Manfaat Tumbuhan Angiospermae

Angiosperma adalah sejenis tanaman vaskular yang memiliki biji tertutup. Struktur reproduksinya pada bunga dengan ovula yang tertutup dalam ovarium. Angiosperma ditemukan pada hampir setiap...
luki h.
2 min read

Contoh Bentuk Virus Ikosahedral dan Heliks

Virus adalah parasit mikroskopik yang menginfeksi sel organisme biologis. Virus memiliki sifat parasit obligat yang disebabkan karena virus hanya dapat bereproduksi di dalam material...
luki h.
1 min read

Organel Sel Hewan dan Tumbuhan

Sel hewan memiliki organel sel yang khas, organel tersebut antara lain sentriol dan lisosom. Sementara itu, sel tumbuhan dan sel hewan memiliki beberapa perbedaan...
luki h.
1 min read

Leave a Reply