Cara Mengaktifkan Play Store yang Dinonaktifkan Atau Terhapus

Cara Mengaktifkan Play Store yang Dinonaktifkan

Google Play Store adalah sebuah layanan gratis yang memudahkan pengguna HP Android untuk download dan install aplikasi secara mudah dan praktis. Bagaimana jika secara tidak sengaja Anda menghapus aplikasi Google Play Store atau telah menonaktifkannya?

Aktifkan Play Store segera, mungkin itu adalah jawabannya. Cara mengaktifkan Play Store yang dinonaktifkan atau cara mengembalikan aplikasi yang terhapus di Android sangatlah mudah. Anda bisa mengikuti panduan yang akan dijelaskan secara lengkap dalam artikel ini.

Cara Mengaktifkan Play Store yang Dinonaktifkan

Cara mengembalikan atau menginstal ulang Play Store jika sebelumnya Anda dengan tidak sengaja mencopotnya sangat mudah. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara memulihkan atau menginstal ulang Google Play Store, atau apa yang terjadi jika Anda menghapus Play Store sejak awal – berikut panduan untuk mengembalikan semuanya dengan benar agar aplikasi Play Store kembali dapat digunakan di ponsel Android Anda.

  Cara Membuat Chat Kosong di WA, Coba Sekarang 100% Berhasil!

Ada beberapa cara untuk menginstal ulang Google Play Store di Android, bergantung pada apa sebenarnya yang telah Anda lakukan pada aplikasi tersebut. Sebagai sebuah aplikasi bawaan platform, aplikasi ini sudah diinstal sebelumnya di setiap perangkat Android, mengingat ini adalah cara utama (dan resmi) Anda untuk mengunduh dan memperbarui aplikasi Android Anda. Oleh karena itu, biasanya cukup sulit untuk dihilangkan.

Baca Juga:

Apabila Play Store hilang dari daftar aplikasi terpasang di HP Android Anda, berikut cara mengaktifkan Play Store.

1. Aktifkan Play Store Lewat Pengaturan Aplikasi

Ada kemungkinan Anda masih memiliki aplikasi Google Play Store di perangkat Anda. Ini mungkin baru saja ‘dinonaktifkan’. Untuk memperbaikinya dan mengaktifkan kembali, ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Buka Pengaturan di HP Android Anda.
  • Lalu buka ‘Aplikasi’ atau ‘App’.
  • Buka ‘Semua aplikasi’.
  • Gulir kebawah untuk menemukan Play Store dalam daftar. Ketuk untuk membuka.
  • Jika Anda melihat pengaturan Dinonaktifkan di aplikasi Play Store – ketuk untuk Aktifkan.
  • Setelah itu, Anda harusnya mendapatkan kembali aplikasi Play Store di HP Android Anda.
  Penyebab HP Android Tidak Bisa di Cas dan Cara Mengatasinya

2. Download APK Play Store Lalu Instal Ulang

Jika Google Play Store hilang seluruhnya dari HP Anda, untuk mengaktifkannya kembali Anda bisa download file APK Play Store dan menginstal aplikasi Play Store lagi. Cara dan prosesnya cukup mudah dan tidak akan terlalu merepotkan.

  • Buka website yang menyediakan file APK gratis untuk Android (Silahkan browse – ada banyak sekali pilihannya)
  • Cari APK Play Store
  • Download file APK Play Store tersebut
  • Jika sudah selesai di download, silahkan masuk ke Manajer File di HP Anda.
  • Jika sudah menemukan file APK Play Store yang baru saja Anda download, silahkan ketuk file tersebut.
  • Pilih Install dan ikuti prosesnya sampai selesai.
  • Selanjutnya Anda tinggal login ke Play Store, dan aplikasi siap digunakan dengan sebagaimana mestinya.

Kesimpulan

Anda tidak perlu bingung ketika mendapati aplikasi Google PlayStore tidak tersedia di HP Android Anda. Silahkan ikuti panduan yang telah dijelaskan diatas, dan Anda bisa menggunakan Play Store kembali secara mudah.

  9 Cara Meningkatkan Kecepatan Internet di Android yang Lemot

Jika masalahnya adalah karena Google Play Store dinonaktifkan, maka silahkan masuk ke menu Pengaturan >> Aplikasi >> lalu aktifkan Play Store. Adapun jika aplikasi tersebut sudah terhapus, Anda bisa memasang ulang aplikasi Google Play Store dengan cara download file APK lalu memasangnya secara manual.