Penyebab Blog Sepi Pengunjung Meski Banyak Artikel

2 min read

Penyebab Blog Sepi Pengunjung Meski Banyak Artikel

Artikel memang menjadi bekal terpenting untuk mengukur tingkat kesuksesan sebuah blog dalam mendatangkan visitor, namun sebagaimana yang sering saya singgung lewat sejumlah post tentang teknik optimasi blog dan strategi SEO, bahwasanya terdapat sekian banyak faktor penentu lainnya yang turut menyertai. Artikel tidak dapat dijadikan sebagai modal tunggal untuk meningkatkan pengunjung blog Anda.

hosting murah unlimited

Secara teknis, blog yang dipadati konten memang lebih berpeluang untuk dibanjiri trafik, akan tetapi hal tersebut masih berkaitan rapat dengan sejumlah faktor pendukung lainnya. Sebuah kasus, saya punya dua buah blog. Salah satu blog saya berisikan banyak konten, dan satunya lagi hanya berisikan beberapa artikel, dan ternyata blog yang hanya berisikan beberapa artikel justru pengunjungnya jauh lebih banyak.

Sebelum ke inti permasalahan, “kenapa blog sepi pengunjung padahal banyak artikel” terlebih dahulu saya ingin menekankan kepada para sahabat bloggerย pemula bahwasanya tulisan di blog itu dibedakan menjadi sekian jenis.

Contents

  Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Jenis-jenis Artikel Blog (Niche)

niche blog

Pada umumnya ada tiga macam jenis artikel di blog, yaitu:

1. Berita

Konten berjenis berita tidak dapat dikategorikan sebagai bentuk artikel. Selain itu, berita juga bersifat trending yang hanya bertahan dalam kurun waktu tertentu (singkat).

2. Artikel trending

Artikel trending punya durasi pencarian yang lumayan panjang. Artikel trending biasanya dibutuhkan orang dalam jangka waktu beberapa bulan.

3. Artikel long term

Tipe artikel yang benar-benar dibutuhkan orang dalam jangka waktu panjang atau bahkan tidak ada masa kadaluarsanya. Contoh, cara membuat blog, tips bisnis online, cara mendapatkan uang dari blog, dll.

Tipe artikel yang Anda tuangkan di blog sangat menentukan volume serta konsistensi trafik blog tersebut. Jika Anda mengelola blog secara personal (sendirian), maka idealnya Anda cukup menulis artikel yang bersifat long term. Jenis-jenis konten dengan durasi pencarian singkat mengharuskan Anda untuk memposting banyak artikel setiap saat mengingat target trafik yang Anda bidik adalah trending.

Dalam skala tertentu, membuat blog itu tidak jauh berbeda dengan mendaftar akun di situs jejaring sosial. Sisi perbedaannya terlatak pada ‘optimasi’, karena untuk dapat mendatangkan pengunjung setiap blog membutuhkan kuantitas optimasi, dan disinilah terkadang yang justru menjadi kunci permasalahan yang tidak disadari oleh sebagian besar blogger (pemula).

  Tips Menjadi Blogger Terkenal

Untuk menciptakan sebuah blog yang punya kualitas dihadapan search engine membutuhkan konsep yang jelas dan proses implementasi yang merujuk pada tindakan optimasi harus berjalan sesuai syarat dan kebijakan pedoman Webmaster. Kesalahan yang Anda lakukan selaku pengelola blog dapat merusak citra blog Anda dihadapan mesin pencari dalam jangka waktu yang panjang.

Untuk menghasilkan profit dari blogging, tidak sedikit waktu yang harus Anda luangkan, dan tentunya saya yang notabene juga seorang blogger sangat berharap agar Anda para sahabat blogger tidak membuang waktu dengan sia-sia, menulis banyak artikel tanpa profit yang sebanding lantaran gagal mendatangkan pengunjung sesuai target.

Penyebab Blog Sepi Pengunjung

Berikut analisa sekaligus fakta beberapa penyebab blog sepi pengunjung walaupun banyak posting.

1. Kesehatan blog

Kesehatan blog amat menentukan volume trafik. Kesehatan blog meliputi banyak aspek, mulai kualitas artikel, duplicate title, unnatural link, broken link, dll.

2. Tema blog

Setiap tema memiliki tingkat persaingan yang berbeda-beda. Jika Anda masih pemula, maka sebaiknya hindari memilih tema dengan tingkat persaingan tinggi.

3. Backlink

Kendati Google dan sejumlah mesin pencari kenamaan lainnya terus berusaha menyempurnakan algoritma masing-masing, tetap saja backlink merupakan bagian dari bekal pokok untuk mendatangkan trafik. (baca: cara membangun backlink mudah dan cepat untuk blog baru)

  Tips Menulis Artikel Blog Sesuai Standar SEO

4. Pengaruh situs sosial media

Sebagaimana yang sudah sempat saya singgung pada artikel cara agar blog banyak pengunjung, Google menggunakan lebih dari 200 indikator selama proses pemeringkatan laman web, dan salah satunya adalah tingkat popularitas blog bersangkutan di situs social media.

5. Salah memilih template

Gunakan template blog dengan struktur laman yang baik. Struktur template bermasalah akan mempersulit proses crawling oleh spider bot mesin pencari dan hal ini akan berimbas pada tidak maksimalnya trafik blog.

6. Jarang posting artikel

Beberapa waktu lalu, Matt Cutts sempat membuat pernyataan “Google Tidak Mementingkan Update”, entah Anda sepaham dengan saya atau tidak, tapi menurut saya blog yang sering diberi penyegaran (di update) ย jauh lebih berpeluang untuk didatangi pengunjung melalui Google Search.

7. Over optimasi

Melakukan optimasi secara tidak beraturan atau yang lebih familiar dengan sebutan over optimization justru dapat ย merusak citra blog Anda. Optimasi harus dilakukan dengan cara-cara yang sehat serta terkesan natural. Seperti halnya link building, menanam backlink menjadi sebuah keharusan akan tetapi jika proses penerapannya berlebihan, maka hal ini dianggap sebagai tindakan spam yang dapat menurunkan peringkat blog di SERP.

hosting murah gratis domain

136 Replies to “Penyebab Blog Sepi Pengunjung Meski Banyak Artikel”

  1. hmmm
    pntesan, punya ane kyanya yg trakhir dh, over optimasi, akhirnya mlah semrawut,. ๐Ÿ˜€
    mkasih infonya,.keep posting

  2. blog sepi pengunjung meskipun banyak artikel berarti belum memaksimalkan kata kunci dan rajin blogwalking menurut saya, terima kasih sudah berbagi

    1. Berdasarkan pengamatan saya, sebenarnya yang lebih penting bukan kuantitas, tapi frekuensinya. Artinya, satu artikel per hari sudah sangat bagus apabila Anda melakukannya secara konsisten.

  3. wah gan ini nih masalah ane, karena ane pemula jd masih hrs banyak belajar tentang blog utaanya tentang seo, template dan backlink

  4. kebiasaan saya ngutak atik template sering membawa dampak buruk pada trafik blog..setiap abis service template, trafik anteng nggak ada respon, harus share artikel baru ada pergerakan..mungkin ini bisa jadi salah satu kendala blog sepi pengunjung..semoga ide ini bisa di terima

  5. Saya tetap saja kesulitan mendatangkan trafik sampai saya hendak berputus asa. Padahal saya sudah banyak mencoba tips2 dari blog blog tutorial. Sebenarnya ada yang membuat hati ini makin galau, blog dg banyak konten terkadang masih kalah dg blog memiliki beberapa biji konten dalam meraih trafik. Kesimpulan saya adalah, inti dari sumber trafik organik yg melimpah adalah karena konten yang mampu duduk di page 1 serp meskipun hanya 1 biji artikel. Tapi sayangnya saya blm nemu formula yang tepat untuk menuju page 1 serp. GALAU.

  6. Sangat inspiratif dan informatif Mas

    sekedar menambahkan, menurut pengamatan saya, hal yang paling mendasar yang membuat blog sepi pengunjung adalah tidak adanya perencanaan yang matang mulai dari tahapan sebelum membangun sebuah blog sampai blog berjalan.

    Persiapan sebelum membangun blog [ Pemilihan Niche, riset keyword, riset audience, menemukan dimana audience berada, apa yang menjadi masalah dan hal-hal yang ingin dicapai oleh audience]

    Saat blog sudah dibuat, bagaimana membuat konten yang berkualitas, dikatakan berkualitas jika konten itu menarik, bermanfaat, dapat dipraktekkan dan enak dibacanya.

    setelah konten dibuat, bagaimana mempromosikanya. Kepada search engine, kepada โ€˜laser targetโ€™ audience, kepada calon audience.

    Setelah visitor berkunjung, bagaimana membuat mereka kembali dan menjadi pengunjung yang setia.

    Kontent yang berkualitas bisa menjadi garansi agar blog agan semua menjadi ramai.

    Semua kegiatan diatas memang tidak mudah dikerjakan, tetapi dengan saling berbagi informasi yang mengedukasi seperti artikel diatas saya yakin, akan semakin banyak blogger Indonesia yang maju.

    terimakasih atas pencerahanya Mas
    salam sukses selalu

  7. Cuma mau berbagi pengalaman..bener banget masalah template pengaruh terhadap visitor blog. Jadi ane pernah pake template yg responsive dan bagus secara seo (ane check pake chkme) dan speedny juga bagus. Tapi, anehnya visitor di histat selama 3berturut turun terus. Ane coba check lewat analytics sama juga turun tapi anehnya lagi bounce rate ane yg biasanya 70% ini jadi 5%. Karena ngelihat ada keanehan maka diputuskan ganti template. Selang 1 hari ganti template ternyata visitor naik lagikaya sebelum ganti ma yg lama. Trus ane check di analytics ternyata bounce rate kembali ke angka 70%. Dari pengalaman itu yg bisa ane ambil speed dan seonya template gak jamin. Perlu pertimbangan lain dan pengamatan lebih dalam dari template itu ndiri. Mohon maaf klo panjang dan tidak bermutu.hehehe..

    1. Terima kasih sudah share pengalamannya. Yang jelas, SEO itu kompleks. SEO tidak dapat diukur hanya berdasarkan tingkat kecepatan.

  8. Kalau blog yang sudah lama tanpa pengunjung,, kira2 ada cara untuk memperbaiki apa tidak ya mas,, please dengan jawabannya saya tunggu, terima kasih.

    1. Silakan lakukan hal berikut:

      – Mulai posting artikel baru secara terjadwal.
      – Update artikel lama, dan pastikan artikel tersebut sudah memenuhi kriteria artikel berkualitas (padat, bermanfaat, dan unik).
      – Konsisten – lakukan aktivitas posting artikel secara berkelanjutan.

      1. min, kalau blog saya udah lama sih dari 2014, tapi sudah terbengkalai hingga bulan juli kemarin saya update lagi, nah kemarin view perharinya sudah sampai 400-600 nah selanjutnya saya ganti domain ke TLD dan ganti tema, sekarang viewnya malah turun ke angka 50an perhari, apakah ini juga pengaruh dari tema ya? domain sudah diganti hampir dua bulan tapi emang tidak ada peningkatan sama sekali

        1. Ada banyak hal yang menyebabkan penurunan traffic blog secara signifikan, salah satunya adalah terbengkalai dalam waktu yang lama.

          Ganti domain bukan merupakan solusi. Saran saya, posting artikel secara rutin dan benahi hal-hal yang dirasa perlu. Lakukan secara berkelanjutan dan dalam beberapa bulan kedepan traffic blog tersebut akan kembali memperlihatkan peningkatan.

          Diatas saya memang menyebut template sebagai salah satu penyebab traffic blog rendah, namun bukan berarti kecurigaan Anda hanya tertuju pada template. Banyak aspek yang perlu diperhatikan.

  9. artinya untuk meningkatkan visitor dan traffick harus natural ya gan? tidak boleh instan?
    ada gak cara yang jitu? entah itu berupa submit social bookmarking atau yang lain sebgainya?

  10. Blog saya masih sepi banget pengunjungnya….sangat sulit ternyata mendatangkan traffic…butuh waktu dan kerja keras ๐Ÿ™ hikssss

  11. Kutip “Konten berjenis berita tidak dapat dikategorikan sebagai bentuk artikel. Selain itu, berita juga bersifat trending yang hanya bertahan dalam kurun waktu tertentu (singkat)”

    Sepertinya saya termasuk dalam hal ini, ada bberapa artikel yang diangkat dari kabar berkembang. Memang diakui kencang pengunjung awal slanjutnya hilang visitornya.

  12. Kalau ini masalahnya biasanya dari kualitas konten dan promosi yang kurang. Tapi kalau untuk blog yang seumuran jagung ya maklum saja, karena ada saatnya nanti akan banyak pengunjung. Yang penting tingkatkan kualitas konten dan perbanyak promosi, itu saja dari saya. Salam sukses buat semuanya

  13. Membuat konten berkualitas, blogwalking, sama rajin update….mana tugas yang paling berat? Mengurus blog memang membutuhkan banyak waktu ya

  14. Nyasar kesini gara2 punya web dengan index 3k lebih klik dari mesin pencarian masih nol saja… Sepertinya point tema blog saya yang salah pilih nih… mau ganti udah terlanjur banyak…. biarin saja ah .. bikin lagi.. Terimakasih mas artikelnya.

  15. Akhirnya nemu disini cara mengatasi blog sepi, ternyata butuh kerja extra dan pikiran yang optimal untuk membangun sebuah blog yang sukses

  16. terima kasih atas infonya.sangat bermanfaat dan moga tips diatas bisa membantu blog saya menjadi lebih ramah di search google dan menarik buat pengunjung..Salam kenal dan sukses selalu

  17. sudah rajin posting tapi visitor sekarang jadi turun, site link hilang lagi, itu gimana gan ? mohon pencerahannya..tks

  18. Thanks info nya gan. Kebetulan ane baru bikin blog, udah ane kenalin di webmaster, submit url juga.. Udah 2 mingguan kira”.. Tapi masih sepi pengunjung. Itu hal yang wajar kagak ya gan ?
    Thanks gan…

  19. Blog saya jga sepi pengunjung.. padahal. Secara seo onpage dan offpage sudah saya lakukan.. tetapi tetap saja sepi.. saya masih bingung penyebabnya apa yaaa..? Artikel jga ga asal copas.. jumlah artikel 50 lebih. Tapi jumlah pengunjung perhari tidak sampai 50. Menurut histats google analityc jga sama segitu. Untuk domain pun sudah memakai domain TLD (.com).. mohon pencerahannya om. Agar blog saya berkembang ๐Ÿ™

    1. Ada beberapa hal yang mempengaruhi tinggi-rendahnya traffic, diantaranya sbb:

      – Volume pencarian
      – Tingkat persaingan
      – Kualitas artikel
      – Usia domain (blog)

    2. Sependek pengetahuan saya, SEO tidak semua yg diajarkan orang itu benar. Dasarnya kalau SEO yg mereka ajarkan itu benar, sudah barang tentu semua postingannya habis ia mbad page one google.

      Kalau sya pribadi, sejauh ini masih memanfaatkan share di medsos,

      1. 1. Materi SEO yang di share umumnya berbasis analisa, jadi tentu saja tidak semuanya 100 persen akurat.

        2. SEO itu kompleks, dan setiap blogger menerapkannya dengan tingkat kesempurnaan yang berbeda-beda. Hasilnya, jelas tidak sama.

        3. Share di medsos juga bagian dari praktik SEO

  20. kebetulan saya baru2 buat Blog dan sudah di custom domain, yang bikin saya sakit hati karena pengunjungnya perhari bisa dihitung jari…. dan mungkin kasausnya seperti yang dijelaskan diartikel ini. apesssssss

  21. yang saya rasain sudah rajin posting tapi kok visitor tetep segitu, umur domain juga sudah hampir satu tahun, kira-kira apanya ya mas, mohon pencerahannya. terimakasih

  22. Males update artikel=artikel sedikit dan gak berkualitas jadi blog sepi pengunjung,.
    Kalo blog baru tiga bulan sepi pengunjung wajar gak gan??

  23. Memang sangat dibutuhkan banyak waktu untuk mendatangkan pengunjung potensial,baik dari search engine atau yang lain.butuh kerja keras yang tak kenal lelah.thanks tips2 nya

  24. terima kasih infonya, sangat membantu, dan saya akan coba mempraktekan langsung di blog saya

    salam dua jari blogger (y)

  25. Kelihatannya saya mengalami hal ini juga, umur blog sudah satu tahun dengan 1000 artikel lebih. Saya tidak tahu apa penyebabnya, namun dari poin-poin diatas kelihatannya saya sudah penuhi. Tidak tahu apa masalahnya

  26. Saya sering mengotak Atik thema. Akhirnya blog jadi sepi nyenyet seperti blog mati. padahal sebelumnya seminggu dikunjungi lebih dari 2 ribu kali. Pengalaman otak-atik tema (gonta-ganti ) templ blog juga pernah terjadi pada blog saya yang lain tapi sudah saya hapur karena jengkel sendiri.
    Sekarang terjadi kedua kali duh rasanya mau putus asa gara-gara setel tema malah rusak tidak ada pengunjung.

    1. Sama halnya dengan saya yang terlalu sering mengotak-ngatik tema akhirnya waktu habis dengan kurang faedahnya dan pengunjung blog jadi sepi ๐Ÿ™
      terima kasih postingannya mas,, sangat memabntu. semoga blog saya kembali lagi rame pengunjungnya, aamiin

  27. Jadi bosen aja nih, kalau pengunjungnya sepi terus, tapi setelah saya memahami artikel ini, saya jadi semangat.

    Terimakasih artikel bermanfaat

  28. Bener bang admin… Kalau saya masih aneh aj ni sama blog saya.. Dari 8artikel saya 5artikel masuk 8besar terus yang 3artikel lagi masuk ke halaman 2 google tapi kenapa masih tetap sepi sehari paling cuman 10 pengunjung penyebabnya ap ya.. Makasih sudah berbagi

  29. Tips dari ane gan sedikit menambahkan ya, coba buat agan-agan melengkapi semua komponen yang memang sangat dibutuhkan website, terutama daftarkan dulu di alexa supaya masuk daftar peringkat dan google webmaster. Ini khusus buat para blogger baru 2017. Jangan lupa juga gan daftar alexa skarang udah bayar

  30. terima kasih banyak postingannya mas,, melalui bloggerlamongan ini,, sangat membantu dalam hal mencerahkan pemikiran saya yang masih tahap belajar

  31. blog saya juga sepi pengunjung, paling dalam sehari cuman dapat 1-2 visitor dari indonesa termasuk saya sendiri, gimana yah

  32. Blog saya juga begitu, udah hampir 2 tahun umur blog, tapi msh saja sepi pengunjung.
    Tapi anehnya, saya mencoba daftarkan Adsense disetujui sepenuhnya.Alhamdulillah.
    Padahal jumlah konten waktu saya daftar cuma 38. Namun setelah disetujui,saya hapus bbrp konten yg mnrt saya konten tersebut tak layak. walopun sbnrny scr keseluruhan konten mmg tdk ada yg menarik/unik.
    .
    .
    baru 5hari yg lalu saya disetujui adsense, yang sebelumnya memang sdh belasan kali ditolak. Heheee

  33. Ada satu pertanyaan dari saya gan soal update artikel.
    Baru – baru ini website saya mengalami kenaikan visitor yang lumayan, padahal jarang update. Nah baru – baru ini saya sering update, lah kok visitornya malah menurun ya? mohon penjelasaanya gan ๐Ÿ˜€
    terima kasih

    1. Perlu dipahami bahwa ada banyak faktor yang menyebabkan naik-turunnya traffic. Ketika pada suatu waktu terjadi peningkatan pencarian keyword tertentu, maka traffic suatu blog bisa saja mengalami kenaikan traffic meskipun konten blog tersebut belum bertambah.

  34. apa mesti buat blog gadoยฒ yang memiliki banyak varian informasi agar bisa dpt banyak pengunjung.??

    btw. thx for sharing

  35. saya punya website isinya sudah 225 artikel gado-gado, setiap hari sekitar 200-400 pengunjung, apakah termasuk kategori sudah seo atau belum ya gan?

  36. menarik sekali artikelnya, pas banget dengan kondisi blog saya sekarang. saya mulai nulis di blog dr 2015 tp gk keurus. sampai sekarang jumlah artikel cuma 17 itupun gado2, visitor perhari kurang dari 20. saya cek webmaster tools banyak sekali yg error. nah apa yg harus saya perbaiki seandainya saya mau bener2 fokus buat lanjutin blog saya ini? lalu seberapa besar pengaruh template terhadap blog? karena saya ada kepikiran buat ganti template. apakah dg ganti template bisa memperbaiki yg error dr webmaster, atau malah memperparah? mohon masukannya dari admin blog sama pengunjung blog ini. thx

  37. Blog yang saya kelola tepat masuk di poin no 7 Over optimasi berlebihan sekarang pengunjungnya tinggal 10 aja per hari?
    Kalau boleh tau apa yang harus di lakukan jika sudah di over optimasi ?
    Apakah di biarkan gitu aja sementara?

  38. Bagaimana cara mengecek kesehatan blog gan, ada toolnya ga supaya saya bisa mengetahui blog saya sehat atau tidak dan cara memperbaikinya. Makasih gan.

  39. Kasus yang saya alami suka gonta ganti template sehingga visitor blog saya turun drastis gan, trima kasih infonya gan artikelnya sangat bermanfaat.

  40. punya saya lebih parah gan..dari 3500 page view per hari selam 6 bulan menurun drastis menjadi 500 page view per hari permasalahannya gara-gara ganti dari http menjadi https..barankali ada yang punya solusi ? mohobn info nya.. trims

  41. Dengan membaca komentar dari rekan semua para blogger, menjadi semangat untuk terus konsisten menulis, memang “the power of blog walking”.

    Saya mah blognya juga baru seumur duren, biasanya duren disukai banyak pengunjung he…

  42. Terima kasih atas infonya yang sangat membantu, apalagi sudah bertahun tahun blog saya sepi pengunjung, hiks. Semoga infonya bisa jadi penambah semangat saya…

  43. iya saya saya sangat kesulitan sekarang apa kompetitor sudah pinter semua web ngak bisa naek juga. coba saya pelajari tulisan ini barang kali ok.

  44. sama halnya dengan blog saya gan,, sering update artikel tapi tetep sepi juga,, baru ganti domain sih jadi TLD. namun tetep aja sepi,, tipsnya dong

  45. Iya gan, beberapa keyword udah masuk halaman pertama tapi masih sepi juga. Mungkin emang volume pencariannya yang dikit kali ya? butuh belajar lagi bikin konten yang berkulitas emang.

  46. Saya ikut saran yang dalam artikel Ini, usia blog saya hampir 8 bulan…tapi pengujung setiap hari sepi…mohon bantuannya.Terimakaih

  47. kira kira kalau untuk blog itu pengunjung cuma 50an perhari oitu normal gak kak ? apalagi kalau blog nya tema game kayak punya saya ?

  48. Blog ane juga sepi…kalah bersaing di beranda Geogle..Setiap tulis Kata kunci harus lengkap dengan nama blog..di tambah lagi artikel nya cm 300-500 kata…udh pasti kalah bersaing…!!!
    Tapi ngk apalah namanya juga belajar..

  49. Ternyata banyak yang harus diperbaiki di blog saya, makasig gan informasinya. Semoga tutorialnya bisa menaikan pengunjung blog saya. Terima kasih

  50. Pengalaman saya sih, template berbayar dan domain tld juga gk begitu ngaruh, kena saya mempunyai 2 blog dan blog yang dapet pengunjung malah yang pake blogspot dan template bawaan blogger. ๐Ÿ˜€

  51. Tksh Infonya gan saya lagi belajar ini soalnya saya baru buat web buat meningkatkan pengunjung web saya baca ini, artikelnya baru 3 saya fokuskan 3 itu agar page one paling tidak apa bisa ya gan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *