Cara Mendapatkan Uang Dari Blogspot

2 min read

cara install wordpress

cara mendapatkan uang dari blogspotBlogger (blogger.com) atau yang sebagian orang lebih mengenalnya sebagai Blogspot merupakan salah satu platform blog gratisan yang paling banyak digunakan oleh blogger (pengelola blog).

hosting murah unlimited

Meskipun gratis, namun blogspot menawarkan sejumlah kelebihan kepada penggunanya. Dari kesekian alasan yang mendasari dipilihnya blogspot oleh blogger adalah memungkinkan mereka untuk mencari penghasilan melalui program periklanan dari blog gratisan yang mereka buat menggunakan platform ini.

Jika di WordPress terdapat dua kategori blog, yaitu WordPress.org (self hosted/berbayar), dan WordPress gratisan (WordPress.com), maka di blogspot pilihannya hanya ada satu. Namun demikian, para pengguna blogspot diberi kebebasan untuk melakukan custom domain dimana custom domain sendiri merupakan salah satu indikator profesionalitas sebuah blog.

Terlepas dari kekurangan yang ada, blogspot merupakan tool ngeblog yang cukup bermanfaat. Bahkan, dengan ngeblog menggunakan blogspot Anda bisa menghasilkan uang tanpa harus memikirkan biaya sewa hosting setiap tahunnya. Di Indonesia, blogspot merupakan platform blog terpopuler. Faktor gratisan sepertinya menjadi alasan tersendiri bagi para penggunanya.

Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Blogspot?

Bagi Anda yang merasa tertarik untuk mendapatkan uang dari blogger atau blogspot, ada baiknya Anda mulai dari sekarang. Semakin cepat Anda memutuskan untuk “action”, maka semakin cepat pula Anda akan melihat hasilnya.

  PopCash Vs Adnety, mana yang lebih baik?

Berikut rangkuman langkah-langkah untuk mendapatkan penghasilan dari blogspot yang dapat Anda pelajari serta praktekkan.

1. Belajar tentang dan ilmu ngeblog

Carilah referensi untuk diri Anda membangun pengetahuan tentang apa itu blog, dan ilmu ngeblog. Sebelum Anda menentukan target blogging, maka hal pertama yang harus sudah Anda miliki adalah pengetahuan dasar dari blogging itu sendiri. (baca artikel: tips ngeblog untuk pemula)

2. Pikirkan apa yang menjadi minat Anda

Blogging berdasarkan minat atau hobi akan memudahkan Anda untuk menulis lebih banyak artikel dalam rentang waktu yang singkat. Pilihlah tema blog sesuai dengan hobi Anda agar Anda bisa lebih produktif serta merasa nyaman dalam menulis artikel.

3. Buatlah blog pertama Anda

Jika teknik dasar blogging sudah Anda pelajari, kemudian ide untuk menentukan tema blog sudah ada dikepala, maka tiba waktu untuk membuat blog pertama Anda. Set-up blog Anda; gunakan template seo friendly, buatlah meta description dan meta keywords, buatlah sitemap blog, daftarkan blog ke Google Webmaster Tools, dan posting artikel secara terjadwal. Jika memungkinkan, postinglah satu artikel per hari, dan jika Anda tidak punya banyak waktu cukup posting satu artikel per tujuh hari. (baca artikel: panduan cara membuat blog di blogspot)

  Daftar Harga Domain Murah Indonesia

4. Optimasi blog Anda agar mendapatkan peringkat yang bagus

Bergantung pada keyword yang Anda pilih, proses optimasi blog bisa memakan waktu sangat lama. Jika keyword yang Anda pilih berupa keyword high competition (persaingan tinggi), maka lazimnya Anda akan membutuhkan banyak waktu untuk bisa meraih peringkat bagus dalam index hasil pencarian mesin pencari. (baca artikel: cara reset keyword)

Optimasi blog merujuk pada sekian banyak aktivitas, beberapa diantaranya adalah menanam backlink secara natural, menulis artikel berkualitas, membersihkan blog dari broken link, mendesain template menjadi lebih SEO friendly, mempercepat loading blog, dll.

5. Pilih cara menguangkan blog Anda

Berbagai tahapan sudah dilalui sebagaimana disebutkan diatas, dan normalnya blog Anda sudah berpengunjung usai menempuh tahapan pembuatan, posting artikel,hingga optimasi. Saatnya bagi Anda untuk menguangkan blog tersebut.

Terdapat beragam cara untuk memonetisasi blog Anda, tiga cara terpopuler menghasilkan uang dari blog sudah saya kupas dalam artikel cara mudah mendapatkan uang dari blog.

Monetisasi blog dengan keberagamannya memiliki perbedaan serta kelebihan dan kekurangan masing-masing. Merujuk pada statistik, penghasilan dari blog ber-platform blogger lebih banyak didapat dari program periklanan berbasis Pay Per Click (PPC). Menjadi publisher iklan PPC cukup praktis karena kita tidak perlu mencari pengiklan secara langsung. PPC juga merupakan salah satu sistem periklanan online yang saat ini paling banyak digunakan.

  Tips Memulai Bisnis Online Langkah Demi Langkah

Selain PPC, Anda juga bisa mencoba program CPA (Cost Per Action). Adapun salah satu CPA Network yang cukup menjanjikan adalah dr. cash, yaitu sebuah program afiliasi CPA terbesar yang menawarkan sejumlah kelebihan untuk affiliates. Jaringan ini bekerja dengan sistem penjualan Cash on Delivery.

Blogger maupun webmaster bisa dengan mudah mendaftar di program afiliasi CPA dr. cash, memilih produk dan mulai mengiklankannya, dan mendapatkan komisi darinya. Saat ini telah tersedia sebanyak 2402 penawaran dalam 46 niche, kecantikan dan kesehatan. Anda dapat memilih niche sesuai dengan statistik traffic blog Anda.

Untuk jadwal pembayarannya, yakni setiap hari Senin, Rabu, dan Jumat. Adapun mekanisme pembayarannya adalah melalui Paxum dan PayPal dengan minimal income $50 (fee 3%), melalui Wire Transfer (transfer kawat) dengan minimal income $1500 (jika kurang dari jumlah tersebut, maka berlaku fee 3%).

Untuk pembayaran pertama akan di hold selama dua pekan, namun ada kemungkinan penangguhan ditiadakan. dr. cash merupakan jaringan afiliasi CPA berskala global yang terdapat tawaran teratas baru setiap minggunya.

Sementara itu, opsi lain yang juga bisa Anda pilih agar bisa mendapatkan uang dari blogspot adalah dengan memasang iklan berbasis CPM (Cost Per Mile). Revenue dari pemasangan iklan berbasis CPM juga tidak kalah dengan PPC maupun CPA. (baca artikel: daftar iklan PPC, CPM untuk blog bahasa Indonesia).

hosting murah gratis domain

16 Replies to “Cara Mendapatkan Uang Dari Blogspot”

    1. Bagus itu mencakup banyak hal. Pengunjung adalah aspek terpenting dalam memonetisasi blog, tetapi pengunjung tersebut harus didatangkan dengan teknik yang benar (legal). Contoh mendatangkan pengunjung secara ilegal (terlarang), memposting artikel hasil copas, menggunakan gambar yang bermateri hak cipta, spam, dll.

    1. Terkecuali untuk publisher dari China dan India, pihak Google tidak pernah menyebut blog yang akan diajukan ke AdSense harus sudah berusia enam bulan. Namun, saran saya daftarkan blog Anda setidaknya jika sudah berusia tiga bulan.

  1. mas kira-kira selain adsense, ada jaringan pengiklan lain gak, yang sekiranya lebih mudah.
    trus apakah bisa mas klo kita masang iklan dalam satu blog dengan 2 jaringan pengiklan.???

  2. mas, ada referensi artikel yang membahas masa depan bloger individual yang bukan tim atau perusahaan, kalo menurut mas sendiri gi mana tingkat kesulitan bagi para blogger2 yang baru mulai di era ini??

    1. Maaf, saya tidak punya referensinya.

      Faktanya, blogging dalam 2-3 tahun terakhir ini memang mengalami tingkat kompetisi yang jauh lebih sulit. Jika memungkinkan, membentuk sebuah team memang bisa menjadi opsi yang tepat.

      Ngeblog sendiri masih tetap punya kesempatan untuk berkembang, tapi harus siap bekerja lebih keras lagi, karena seperti yang dilihat, sekarang ini situs-situs portal berita besar sudah “menyapu bersih” semua keyword yang dulu2nya didominasi blogger, mulai Tribunnews, Detik, Kompas, Liputan6, dan sebagainya. Mereka tidak lagi fokus pada konten berita saja, tapi semua keyword.

      Dengan sumber daya yang melimpah, pastinya akan sangat sulit untuk berkompetisi dengan mereka.

      Saran saya, kembangkan blog yang fokus pada satu niche.

      Jangan membuat artikel tanpa melewati riset keyword terlebih dulu (ini sangat penting). Tujuannya adalah membidik keyword dengan tingkat persaingan sebagaimana ukuran domain authority blog Anda.

      Buatlah artikel berkualitas (jangan asal tulis dan padat kata). Pastikan artikel tersebut berguna bagi pembaca. (Google dapat mengenali artikel berkualitas dengan berbagai indikator, salah satunya bounce rate).

      Optimasi blog Anda secara berkelanjutan.

      Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *