Cara Membuat Blog WordPress Self Hosting

2 min read

cara membuat blog wordpress self-hosted

Panduan Membuat Blog WordPress Self Hosting – WordPress adalah sebuah engine (CMS) blog yang saat ini paling banyak digunakan oleh blogger maupun webmaster. Apabila Anda memutuskan untuk membuat blog berbayar (menggunakan hosting sendiri), maka Anda dapat memilih beberapa engine blog, seperti Drupal, Joomla, dan juga WordPress (WordPress.org).

hosting murah unlimited

Platform WordPress sendiri terbagi menjadi dua macam, yaitu WordPress gratisan (WordPress.com), dan WordPress self hosting (WordPress.org).

Untuk membuat blog menggunakan WordPress.com Anda tidak perlu mengeluarkan biaya, karena WordPress.com adalah platform blog gratisan. Sementara untuk membuat blog WordPress self hosting, Anda harus membeli nama domain dan menyewa layanan web hosting pada perusahaan penyedia domain dan web hosting.

Adapun perusahaan penyedia domain dan web hosting terbaik lokal yang saya rekomendasikan adalah perusahaan berikut ini:

  1. Niagahoster.co.id
  2. Ardetamedia.com
  3. Jogjahost.co.id

Ketiganya merupakan perusahaan penyedia web hosting terpercaya yang sudah teruji kualitas layanannya. Niagahoster sendiri menyediakan fitur sangat lengkap, termasuk Softaculous dan Website Builder yang akan mempermudah Anda untuk membuat  blog WordPress self hosted hanya dalam beberapa menit tanpa kesulitan apapun.

Jika Anda belum menyiapkan nama domain atau hosting, Anda dapat mengunjungi Website Niagahoster, Ardetamedia atau Website Jogjahost untuk mempelajari keunggulan layanan web hosting dari ketiga provider tersebut dan pilihlah paket hosting sesuai kebutuhan blog yang akan Anda buat.

Baca juga: Review Web Hosting Terbaik Indonesia

Proses membuat blog di WordPress.com dan di WordPress.org tidak sama. Tentunya langkah-langkah pembuatan blog menggunakan WordPress.com lebih sederhana dan cepat karena Anda tinggal menggunakan tools yang sudah tersedia. Secara keseluruhan, Anda hanya perlu membuat akun dan memilih nama domain gratis (sub domain).

  Tips Ngeblog Untuk Pemula

Sementara itu, untuk membuat blog menggunakan WordPress.org prosesnya lumayan panjang, dan komponen pokok yang harus Anda persiapkan sebagaimana dijelaskan diatas yaitu sebuah nama domain (Top Level Domain atau Sub-domain), dan layanan web hosting.

Agar langkah-langkah instalasi script WordPress dapat berjalan dengan lebih cepat, Anda dapat memanfaatkan software installer CMS WordPress. Software installer yang saya maksudkan yakni Softaculous dan Fantastico. Dengan menggunakan Softaculous atau Fantastico proses instalasi CMS WordPress akan lebih mudah karena Anda tidak perlu meng-upload file WordPress secara manual. Saat ini sebagian besar provider web hosting sudah menyediakan kedua software tersebut untuk client mereka.

Jika Anda sudah memiliki nama domain, dan sudah menyewa hosting sebagai media penyimpanan file-file blog Anda secara online, selanjutnya Anda bisa memulai langkah-langkah instalasi script blog. Silakan simak panduan cara membuat blog di WordPress dengan hosting sendiri (self hosting) seperti dijelaskan dibawah ini.

Cara Membuat Blog WordPress Self Hosting

*Pastikan order domain dan hosting Anda sudah terverifikasi, karena jika belum Anda tidak akan bisa melakukan pengaturan.

Silakan log in ke cPanel hosting Anda dengan mengetikkan namadomainanda.com/cpanel di browser. (Ganti namadomainanda.com dengan nama domain milik Anda)

  Tips Memilih Domain Blog dan Website

cara-membuat-blog-wordpress

Masukkan username dan password yang diberikan oleh penyedia domain & hosting Anda melalui email terdaftar.

cara install wordpress

Pada halaman dashboard (halaman utama) cPanel, silakan menuju ke bagian bawah untuk menemukan icon script WordPress. Silakan klik icon WordPress untuk memulai proses instalasi script.

panduan-membuat-blog-wordpress

Klik tombol Install Now seperti yang yang terlihat pada gambar diatas. Selanjutnya Anda akan masuk ke halaman instalasi WordPress. Penjelasannya bisa Anda baca dibawah.

tutorial-membuat-blog-wordpress

install-wordpress-lewat-cpanel

cara-membuat-wordpress-menarik

  • Choose the version you want to install: Pilih versi WordPress paling baru
  • Choose Protocol: Pilih http:// atau http://www. (Jika Anda memilih http:// maka nantinya URL website Anda tanpa menggunakan www.)
  • Choose Domain: Pilih domain yang ingin Anda install WordPress
  • In Directory: Biarkan kosong
  • Site Name: Ketikkan nama blog Anda
  • Site Description: Ketikkan deskripsi blog Anda
  • Enable Multisite (WPMU): Biarkan (jangan di centang)
  • Admin Username: “admin” merupakan user name default (Anda bisa merubahnya, misalkan menggunakan nama Anda)
  • Admin Password: Ketikkan password menggunakan kombinasi huruf, angka, dan karakter tertentu.
  • Admin Email: Biarkan secara default
  • Select Language: Anda bisa memilih English atau bahasa Indonesia.
  • Unit Login Attempts (Loginizer): Biarkan (tidak perlu di centang)
  • Classic Editor: Biarkan (tidak perlu di centang)
  • Untuk bidang Advanced Options dan Select Theme cukup Anda biarkan saja.
  Cara Mengembalikan WordPress ke Versi Sebelumnya

Jika semuanya sudah Anda isi, silakan klik tombol Install untuk mulai menginstal WordPress. Proses instalasi WordPress akan berlangsung selama beberapa detik-menit.

cara-membuat-wordpress

Gambar diatas menunjukkan bahwa proses instalasi script WordPress sudah selesai dilakukan, artinya blog Anda sudah selesai dibuat. Selanjutnya silakan masuk ke dashboard WordPress menggunakan detail akun yang baru saja Anda buat.

Cara Masuk ke WordPress

Untuk masuk ke dashboard WordPress, silakan ketikkan: namadomainanda.com/wp-admin di address bar web browser yang Anda gunakan. Kemudian, akan muncul jendela login seperti gambar dibawah ini.

cara masuk ke wordpress

Masukkan username WordPress Anda beserta password-nya, kemudian klik tombol Log in.

cara mengakses dashboard wordpress

Gambar diatas merupakan halaman utama (dashboard) WordPress. Selanjutnya Anda bisa melakukan kustomisasi weblog Anda, mengganti template, memposting artikel, dll.

Penutup

Sebagai informasi, WordPress merupakan CMS open source terbaik yang menawarkan berbagai keunggulan diantaranya gratis, SEO friendly, user friendly, tersedia banyak template, diberdayai berbagai macam plugin yang dapat digunakan secara gratis, dan telah digunakan jutaan blog dan website dengan berbagai skala.

Demikian tutorial membuat blog di WordPress dengan hosting sendiri. Semoga bermanfaat bagi sahabat pembaca. Sepertinya panduan diatas cukup mudah dipahami, namun apabila Anda masih menemukan kesulitan tertentu silakan menghubungi saya atau tinggalkan komentar pada kolom komentar dibawah.

hosting murah gratis domain

Cara Membuat Widget Sticky di Sidebar

Widget sticky adalah widget yang tetap akan muncul meskipun laman blog di scroll ke bagian bawah oleh pengunjung. Widget sticky biasanya digunakan blogger untuk...
bl
1 min read

Cara Backup Blog WordPress

Untuk menghindari kerugian yang disebabkan oleh hal-hal yang tak terduga, ada baiknya Anda melakukan backup blog secara terjadwal. WordPress merupakan CMS opern source yang...
bl
1 min read

Cara Mengatasi WordPress Tidak Bisa Dibuka Karena Kesalahan Kode…

Pada theme editor WordPress, kita dapat menambahkan script atau kode yang memiliki fungsi tertentu, misalkan untuk merubah background, menambahkan widget, menampilkan thumbnail di halaman...
bl
53 sec read

118 Replies to “Cara Membuat Blog WordPress Self Hosting”

  1. Hеya i am for the primary time here. І came across this
    board andd I find Ιt truly helpful & it helped me
    οut much. I hope to offer ѕomething back and
    help others such aѕ you helped me.

  2. as…wr…wb
    sy masih awam master mau minta tolong
    di buatkan blog wordpress.org
    kalau master bisa membantu,tolong buatkan
    blog saya.nanti hubungi sy ke no 085217717791
    tank

  3. Sebenarnya ada banyak jasa pembuatan blog berbasis WP diluar sana yg bisa Anda coba, tapi kalau Anda memilih saya InsyaAllah nanti saya akan hubungi Anda.

    1. Maaf, no hp ga bisa di share disini gan. Agan bisa kontek saya via email: bloggerlamongan01[at]gmail.com

  4. Pingback: URL
  5. Ane tertarik WP yang bayar tapi belum ngerti proses instalnya, untung dapat panduannya disini,.makasih gan. Untuk themesnya itu gimana ya buat jualan online

      1. Kalau mau serius, jangan menggunakan free hosting. Jika kamu ingin ngeblog untuk jangka panjang, free hosting hanya akan membuat kamu bekerja dua kali.

  6. Ketika ingin membuat wp self hosting dan menonton video tutorial yang di beli, masih bingung karena menyangkan sama seperti blogspot yang harus bikin blog dulu, nentukan template artikel dan publish,, dan komplit semua baru tinggal beli domain,,,

    ternyata kl wp self host beli domain dan hosting dulu, baru tentukan isi (upload) dan tentukan theme dan bikin artikelnya,

    Artikel ini bikin ngerti karena sebelum TUTORIAL CARA MENGGUNAKAN CPANEL, ada penjelasan2 pendahuluannya terlebih dahulu,

    terima kasih infonya, blog ini tampilannya sederhana tapi artikelnya berkualitas

  7. bermanfaat banget gan tutorialnya, semoga tutorial ini bisa bermanfaat bagi teman-teman yang mau buat blog self hosting. salam kenal gan

  8. Izin Bookmark dulu bro, terima kasih atas infonya, maju terus Blogger Lamongan, saya juga dari Lamongan !

  9. Saya telah upgrade dari wordpress versi 4.0 ke versi anyar versi 4.2.2, akan tetapi untuk menjawab komentar kenapa kok tidak bisa, atau tidak muncul area kerjanya.
    Terima kasih sebelumnya atas pencerahannya.

  10. Selamat siang, Mas Din.

    Artikelnya tepat sekali dengan yang sedang saya butuhkan. Saya memang dalam proses migrasi dari blogspot ke WP. dan baru saja selesai custom domain jdi dot.com tadi pagi. Berikutnya mungkin bikin blog WP baru dan migrasi. Beruntung saya nemu artikel ini.

    Yang ingin saya tanyakan, semoga Mas Din gak keberatan. Blog saya tidak bisa saya akses baik dari laptop maupun perangkata android dan selalu keluar error 404 atau site under construction.

    Herannya blog jusru bisa di akses orang lai dari hape dan komputer yang berbeda.

    1. Jika blog kamu sudah di migrasi ke WP, dan saat kamu akses muncul pesan “site under construction”, sebaiknya kamu konsultasikan ke penyedia hosting yang kamu pakai. Nanti kamu akan diberikan pengarahan

      1. Terima kasih atas sarannya.

        Sudah ganti domain ke TLD Mas, Tapi saya masih ragu untuk migrasi ke WP karena belum betul2 menguasai. Sementara masih hosting di tempat asal (Blogspot)

  11. berapa total biaya yg dikeluarkan jika mengikuti langkah2 diatas? saya sanngat butuh selfhosted tapi terkendala biaya.

    1. Besaran biaya bergantung pada provider hosting dan tipe hosting yang Anda pilih. Kalau Anda memilih hosting kelas basic, biayanya sekitar 200-300 ribu.

      Saran saya, pilihlah paket hosting dengan ruang penyimpanan (disk space) minimal 300 MB. Kalau Anda menginginkan disk space yang lebih besar namun harganya relatif murah, Anda bisa pilih hosting Niagahoster. Jika Anda memilih Niagahoster, Anda bahkan tidak perlu membeli domain karena sudah dikasih domain gratis (sepaket dengan hosting). Hanya dengan Rp 178.800 Anda sudah bisa memiliki weblog self hosting.

        1. idhostinger menyediakan dua paket hosting, yaitu free & paid hosting. Kalau free hosting pastinya banyak sekali kekurangannya, sementara untuk yang paid hosting saya kurang tahu karena saya tidak mempelajari lebih jauh paket hosting dari idhostinger.

    1. Nggak ada ribetnya kok, prosesnya kurang-lebih sama saja seperti kamu custom domain blogspot.

  12. terimakasih atas informasi nya, artikel nya sangat menarik dan dapat di pahami bagi para pemula.

  13. terimakasih atas informasinya, artikel nya sangat bagus dan dapat di pahami bagi para pemula.

  14. Setelah blog jadi tugas selanjutnya adalah meningkatkan trafik blog dari sinilah saya agak mengalami kesulitan karena membutuhkan waktu yang cukup lama agar blog ramai

    1. Trafik itu hasil, dan yang perlu kamu lakukan adalah menempuh prosesnya, yang tidak lain adalah memposting artikel secara teratur dan berkelanjutan.

  15. ane pernah belajar buat blog wordpress dan sangat membingungkan, sama sekali gak ngerti makanya pake blogspot karena gampang dipelajari

    1. Saya rasa opini agan kurang tepat, nyatanya membuat blog WP bisa dilakukan hanya dalam waktu -/+3 menit. Untuk kustomisasinya juga tidak sulit-sulit amat, hanya saja perlu sedikit waktu untuk pengenalan.

  16. berarti mas kalo kita mau bikin blog di WP ,yang harus dipesen duluan Hosting sama Domainnya ya ?? baru setelah itu coustume templatenya ? atau gimana ya ?
    soalnya saya agak kurang paham soal WP ,dan baru mau minat sekarang2 …
    o’y untuk costumenya juga harus premium gak ? mudah2an mas bisa bantu

    1. Tahapannya sebagai berikut:

      1. Beli nama domain (TLD)
      2. Sewa hosting

      Catatan: Bergantung pada penyedia layanan web hosting serta paket hosting yang Anda pilih, sebagian penyedia layanan web hosting memberikan nama domain (TLD) gratis untuk setiap paket penyewaan paket hosting. Rekomendasi saya, pilihlah penyedia layanan web hosting Jogjahost, atau Niagahoster.

      Kemudian, silakan install CMS WordPress melalui cPanel akun hosting Anda. Langkah-langkahnya seperti dijelaskan pada artikel diatas.

      1. Mas kebetulan saya sudah beli domain+hostingnya juga,.
        Nah untuk pertanyaan selanjutnya ;
        1.apakah kita perlu melakukan pengaturan yg lainnya selain wordpress yg sudah kita instal di cPanel hosting kita (misal penyimpanan database,mysql,dll) atau sudah otomatis,maksudnya begitu kita instal wordpressnya sudah bisa diaktifasi tinggal kita update kontennya saja ?
        2.email yg kita daftarkan apa mesti yg digunakan di cPanel / email account webmail atau bisa dg gmail tp dg domain di hosting kita ? Khawatirnya rawan hack mas kalau pake account email yg kita costume ..
        3.kira2 menurut mas ,500mb untuk website jenis statis yg hanya menampilkan beberapa halaman (misal 7-10 halaman ) kebesaran gak sih ?

        Tolong bantu ya ?

    1. Blogger bukan self hosted, Blogger merupakan platform blog gratisan dimana hostingya sudah disediakan oleh Google selaku pemilik platform tersebut. Di Blogger Anda tidak memiliki akses apapun kecuali menulis dan memposting artikel serta mendesain layout blog (template).

  17. Artikelnya menarik, pada saat di fantastico, upload ada kemungkinan gagal atau tidak ? Lalu pada saat nanti kita ingin mengganti template dengan yang baru, apakah prosesnya tinggal di tiban saja atau gimana. ?? Thanks …

    1. Jika menggunakan Fantastico tidak perlu lagi upload. Tinggal klik icon WordPress kemudian mulai proses instalasi. Untuk theme, Anda cukup memilih theme yang ingin Anda gunakan atau upload theme pilihan Anda kemudian aktifkan theme tersebut melalui dashboard WordPress.

  18. kalo hosting gratis yang bagus apa yang gan.. ane mau bikin web untuk tempat ane magang.. tapi gak punya modal jadi yang gratis serta gampag dalam pengoperasiaannya apa ya gan…

    1. Kalau mau jujur, tidak ada satupun penyedia web hosting gratisan yang bagus. Setiap web host gratisan pasti menyisakan banyak kekurangan mulai server lambat, sering down, tidak menjamin keamanan data website, dll. Saran saya tetap gunakan web host berbayar, dan jika budget Anda terbatas silakan pilih paket web host yang murah seperti yang ditawarkan Niagahoster, hanya dengan biaya Rp 14.900/bulan Anda sudah bisa mendapatkan layanan web host bermutu dengan fitur yang cukup lengkap.

  19. kalo langsung ke .org nya tanpa provider bisa tidak bang,
    dan kalo daftar .org kira kira berapa biaya keseluruhannya?

  20. Domain .org dibanderol antara Rp 100.000 – 150.000, tergantung domain registrar-nya. Saran saya, silakan berlangganan paket hosting di Niagahoster, karena Anda tidak perlu lagi membeli nama domain. Selain paket Bayi, harga sewa paket hosting sudah termasuk gratis 1 nama domain, termasuk domain .org.

    1. Beda. WordPress.com itu kan free, sementara WordPress.org berbayar yang mana Anda harus memiliki layanan web hosting dulu sebelum dapat membuat blog berbasis WordPress.org.

  21. Makasih gan tutornya, saya mau tanya nih, saya mau upgrate tp skarang biaya wordpress jd bludak mahal banget tuhh

  22. Jika hanya beli domain nya saja tanpa membeli hostingnya, Apakah kita msh bisa menggunakan blog kita utk posting2 artikel dan gambar ??
    Thanks.

    1. Domain: alamat
      Hosting: almari file (online)
      Blog: Terbentuk karena adanya domain & hosting
      Jadi, untuk bisa posting artikel/gambar harus membuat blog dulu dengan menyiapkan domain dan hosting.

  23. mas mau nanya misal mau pindah dari blogger ke wp org, itu yang bisa di pindah ( backup ) apa cuma artikelnya saja ? apakah widget blogger tersebut bisa di backup juga ? tolong pencerahannya…

    baru mulai belajar…

  24. gan mau nanya ane punya wprdpres gratis dan pengunjung sudah lumayan gimana kalo mau menguangkan/berisi iklan. bisa bantu buatin engga kira-kira modal dana berapa?? trimksh

    1. Anda bisa beralih ke WP self-hosting. Sayang sekali kalau traffic nya udah lumayan, tapi tidak di monetisasi karena keterbatasan fitur platform. Pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi saya via link Contact.

  25. walah ini blognya orang lamongan toh, salam mas, saya juga dari lamongan. blognya mas din ini keren banyak pengunjungnya.
    boleh tanya mas, misalkan desain template landing page itu sebaiknya disertakan link yang mengarah pada konten (misal : domain.tld/blog) atau tidak perlu, kemudian pengaruhnya seperti apa.

  26. akhirnya jadi juga bikin web selfhost hehe saya ikutin tutorial artikel ini, btw thanks ya hehe. dibuat bingung maklum baru hijrah

  27. klo dh beli domain dan hosting terus ke website wordpress.orgnya bayar lg ga?

  28. numpang tanya, saya sudah membuat wordpress self hosting, saya belin domain dan hosting sendiri, tapi kenapa untuk plugin google adsense gan muncul di wordpress saya, mohon bantuannya gan, newbe ni.

  29. saya mau pasang keyword pada wordpress tapi tidak ketemu ya letak tombolnya. saya lihat di ceksite tidak ada keyword pada blog saya. terima kasih atas petunjuknya.

  30. Jadi intinya untuk membuat blog di wordpress selft host itu harus beli domain dlu baru bikin blog nya? Apakah benar begitu admin?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *