Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan Blogger

1 min read

Jika Anda tertarik untuk membuat blog, Anda diberikan dua pilihan. Pilihan pertama membuat blog tanpa biaya, dan pilihan yang kedua membuat blog dengan dikenakan biaya. Baik yang gratis maupun yang menggunakan biaya, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Bergantung pada tujuan Anda membuat blog, pilihan terbaik bagi Anda bisa berupa blog gratisan dan bisa juga blog berbayar.

hosting murah unlimited

Apa perbedaan blog gratisan dan blog berbayar?

Blog gratis adalah sebuah blog yang dibangun menggunakan platform blog dan hosting gratisan. Saat ini ada dua platform blog gratisan terpopuler dengan jumlah pengguna yang hampir merata diberbagai negera, termasuk Indonesia. Dua platform blog gratisan tersebut yaitu blogger.com, wordpress.com.

Blog berbayar adalah blog yang dibuat menggunakan domain dan hosting sendiri (self hosted). Karena sifatnya yang self hosted, maka untuk membuatnya Anda harus mengeluarkan sejumlah uang untuk biaya pembelian nama domain dan menyewa hosting.

Baca review: Hosting terbaik di Indonesia

Apa kelebihan dan kekurangan blog gratisan?

  Cara Mengatasi Masalah Gagal Install Plugin di WordPress

Seperti yang dijelaskan diatas, bahwasannya blog gratisan dapat dibuat tanpa harus mengeluarkan biaya sedikitpun, kecuali biaya untuk langganan koneksi internet. Anda tinggal menentukan pilihan apakah mau menggunakan platform blog gratisan blogger.com atau wordpress.com.

Sisi kekurangan blog gratisan terletak pada profesionalitas dan nilai jual blog tersebut. Apabila Anda berniat untuk menekuni bisnis online dengan menggunakan blog Anda sebagai media perantara, maka idealnya Anda harus bermodalkan blog berbayar. Selain itu, sebagian besar media periklanan online juga lebih memprioritaskan blog berbayar, bahkan cukup banyak dari mereka yang menutup diri untuk blog-blog gratisan. Hal ini tentunya patut menjadi pertimbangan Anda apabila Anda memang serius ingin mendapatkan uang dari blog Anda.

Sedikit gambaran diatas mungkin sudah bisa membantu Anda untuk membuat sebuah kesimpulan, dan menentukan pilihan apakah ingin membuat blog gratisan atau yang berbayar. Untuk membuat blog berbayar menggunakan platform WordPress (wordpress.org), silakan baca artikel panduan cara membuat blog WordPress self hosted. Dan untuk membuat blog gratisan menggunakan platform Blogger, silakan simak panduannya berikut ini.

  3 Cara Meningkatkan Traffic Blog Dengan Artikel "How To"

Untuk membuat blog di Blogger Anda harus memiliki akun email Gmail (Google Mail). Jika Anda belum punya akun email Gmail, silakan membuatnya terlebih dahulu. Klik disini untuk membuat akun email Gmail.

Langkah-langkah membuat blog di Blogger

Masuk ke Blogger.com, selanjutnya Anda akan diminta untuk log in menggunakan akun Gmail Anda.

Cara membuat blog di Blogger

Masukkan username dan password email Anda lalu klik tombol Sign in.

Cara membuat blog di Blogger

Klik tombol Buat baru, kemudian akan tampil jendela seperti gambar dibawah.

Cara membuat blog di Blogger

Pada kolom Judul isilah dengan judul blog yang Anda kehendaki, dan pilihlah nama domain (alamat blog) yang Anda suka. Nama tersebut harus unik karena nama domain di Blogger sudah cukup terbatas. Pada contoh diatas saya memilih nama domain pelajarangeblog.blogspot.com. Selanjutnya silakan pilih template yang ingin Anda gunakan lalu klik tombol Buat Blog.

4

Gambar diatas menunjukkan bahwa blog sudah selesai dibuat. Untuk mulai memposting artikel silakan klik icon pensil, dan untuk melihat blog silakan klik tombol Lihat Blog.

  Cara Custom Sub Domain Blogspot

5

Gambar diatas merupakan tampilan blog dalam kondisi baru dibuat. Selanjutnya Anda dapat melakukan kustomisasi template agar terlihat lebih dinamis.

Membuat blog menggunakan platform Blogger sebenarnya sangat mudah. Sama halnya dengan Anda membuat akun disitus jejaring sosial, tentunya Anda tidak akan menemukan kesulitan yang berarti. Pada fase ini Anda tidak dituntut untuk memiliki keahlian coding atau bahasa pemograman web apapun, berbeda ceritanya ketika Anda sudah memasuki fase pengembangan dan optimasi.

hosting murah gratis domain

Cara Membuat Widget Sticky di Sidebar

Widget sticky adalah widget yang tetap akan muncul meskipun laman blog di scroll ke bagian bawah oleh pengunjung. Widget sticky biasanya digunakan blogger untuk...
bl
1 min read

Cara Backup Blog WordPress

Untuk menghindari kerugian yang disebabkan oleh hal-hal yang tak terduga, ada baiknya Anda melakukan backup blog secara terjadwal. WordPress merupakan CMS opern source yang...
bl
1 min read

Cara Membuat Widget Artikel Terkait di Blogspot

Keberadaan widget artikel terkait atau related post amat berguna untuk meningkatkan page view blog. Jika Anda pengguna WordPress self hosting, banyak plugin artikel terkait...
bl
1 min read

7 Replies to “Cara Membuat Blog Gratis Menggunakan Blogger”

  1. It is wonderful to discover a website about my interest. My first visit to your website is been a massive support. Thank you for the endeavours you been placing on creating. your web site such an exciting and informative spot to look through by means of.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *