Cara Link Building Untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas

3 min read

Cara Link Building Untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas

Strategi optimasi blog tidak lepas dari link building. Setiap blog membutuhkan backlink untuk bisa bersaing di SERPs. Backlink berperan untuk memberikan voting kepada blog/website hingga dianggap layak untuk ditampilkan dalam hasil pencarian teratas search engine. Semakin banyak backlink (backlink berkualitas), weblog bersangkutan semakin potensial untuk menduduki rangking teratas search engine results.

hosting murah unlimited

Metode link building terbagi menjadi sekian banyak cara. Dari kesekian banyak metode tidak semuanya dapat memberikan hasil yang maksimal. Link building sendiri merupakan salah satu kegiatan optimasi yang cukup menyita waktu. Selain itu, link building juga terkesan monoton jika kita tidak memiliki konsep link building yang tepat. Jika Anda ingin melakukan link building secara instant, Anda bisa menggunakan software atau tool yang didesain untuk membangun backlink. Namun, saya tidak merekomendasikan metode ini, karena hasilnya cenderung kurang maksimal. Link building yang tepat adalah link building yang dilakukan secara natural dan manual.

Kriteria Backlink Berkualitas

Sebelum Anda melakukan link building ada baiknya terlebih dahulu Anda pahami apa saja kriteria link building yang benar sehingga backlink yang didapat nantinya berupa backlink berkualitas. Backlink berkualitas sebenarnya sudah saya jelaskan secara ringkas pada artikel strategi cara optimasi blog tahap I. Dan dibawah ini adalah gambaran backlink berkualitas secara umum yang perlu Anda ketahui sebelum melakukan link building.

  • Backlink dari situs yang memiliki reputasi tinggi.
  • Backlink dari situs yang relevan dengan isi/tema blog Anda.
  • Backlink dari situs yang memiliki pagerank tinggi.
  • Backlink dari situs yang menggunakan attribute dofollow.
  • Backlink dari situs yang tidak menerapkan teknik optimasi blackhat.
  • Backlink dari situs yang tidak sedang masuk sandbox/penalty search engine.
  • Backlink dari situs social media bereputasi
  • Backlink dari situs social networking (Facebook, Twitter, Google+, Linkedin, dsb).
  Tips Ngeblog Untuk Pemula

Backlink yang Anda bangun dari situs-situs tersebut diatas menggambarkan kualitas backlink yang Anda dapat, dan secara teori ia akan memberikan pengaruh yang sangat signifikan bagi perkembangan blog Anda berkaitan dengan wacana persaingan di SERP.

Sebagian besar situs-situs besar, seperti situs social media dan situs social networking memang menggunakan attribute link nofollow, akan tetapi backlink dari situs-situs ini tetap dianggap berkualitas sekalipun berupa backlink nofollow. Bahkan, berdasarkan sejumlah analisa search engine seperti Google saat ini memberi nilai tambah untuk backlink dari situs social networking dalam proses pemeringkatan/pagerank suatu blog.

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Berikut cara link building secara mudah dan natural  untuk mengumpulkan backlink berkualitas dari berbagai situs bereputasi tinggi untuk mendongkrak posisi blog Anda di SERP dan meningkatkan volume trafik blog.

Cara Link Building #1 – Link building menggunakan Facebook

Buatlah akun di Facebook, kemudian buat juga fans page. Hubungkan blog Anda dengan akun Facebook dan fans page Anda. Sosialisasikan secara rutin fans page tersebut ke teman-teman Anda untuk mendapatkan Like mereka. Ketika Anda memposting artikel mereka akan mendapatkan notifikasi, dan jika artikel Anda dianggap menarik tentunya mereka akan mengunjungi blog Anda.

  Strategi Cara Optimasi Blog Tahap I

Cara Link Building #2 – Link building menggunakan Google Plus

Buatlah akun Google+ dan integrasikan dengan blog Anda. Aktifkan Google+ Author di blog Anda lalu hubungkan blog Anda dengan akun Google+ milik Anda. Artikel yang Anda share di Google+ akan terbaca oleh search engine. Selain mendapatkan backlink potensi untuk meningkatkan trafik blog kian terbuka dengan bantuan index artikel di Google+.

Cara Link Building #3 – Link building menggunakan situs social bookmark

Buatlah akun di situs-situs social bookmark. Submit artikel di blog Anda ke situs-situs social bookmark tersebut untuk mendapatkan backlink dan direct visitor. Pilihlah situs social bookmark dofollow untuk membantu pemeringkatan blog Anda di SERP.

Cara Link Building #4 – Link building memanfaatkan forum

Terdapat sekian banyak forum online yang bisa Anda jadikan media untuk membangun backlink. Buatlah akun di forum-forum populer kemudian masuk ke ruang/room yang bahasannya sesuai dengan niche blog Anda. Beberapa forum online terpopuler lokal diantaranya Detik, Viva, dan KasKus.

Cara Link Building #5 – Link building dengan cara pinging blog/artikel

Teknik ini sebenarnya tidak perlu dilakukan jika blog Anda sudah eksis cukup lama. Namun, bagi blog yang masih relatif baru yang tentunya masih minim backlink cara ini bisa Anda lakukan untuk membantu proses index artikel berjalan lebih cepat.

Anda dapat menggunakan blog pinger tool pilihan untuk pinging blog Anda. Beberapa blog pinger yang banyak digunakan oleh blogger, diantaranya totalping, feedshark.brainbliss.com, blogpingtool.com, pingates.com, dan pingler.com.

  Cara Mendatangkan 1000 Pengunjung Blog Per Hari

Kualitas backlink dengan cara pinging memang tidak terlalu bagus, namun ini bisa menjadi alternatif bagi blog-blog yang masih baru untuk menampakkan eksistensinya di internet.

Cara Link Building #6 – Membangun backlink dengan modal artikel berkualitas

Menulis artikel berkualitas selalu menjadi prioritas berkaitan dengan teknik optimasi blog. Sisi keuntungan lainnya yang bisa didapat dengan menulis artikel berkualitas adalah memungkinkan blogger lain untuk link back artikel di blog Anda apabila artikel tersebut dijadikan sebagai artikel referens oleh yang bersangkutan.

Cara Link Building #7 – Menanam backlink dengan memanfaatkan RSS feed submission

Submit feed blog Anda ke sejumlah situs penampung feed untuk mendapatkan backlink dari situs-situs tersebut. Metode link building dengan cara yang satu ini terbukti cukup efektif untuk meningkatkan posisi artikel di SERP. Ada banyak sekali situs feed submission, dan cukup gunakan yang gratisan jika Anda tidak menginginkan yang berbayar.

Cara Link Building #8 – Link building dengan mencari blog yang relevan dengan tema blog Anda

Carilah informasi melalui Google Search untuk menemukan blog-blog yang memiliki persamaan tema dengan blog Anda. Untuk melakukannya Anda dapat menggunakan query pencarian “intitle:judul/temabloganda”. Tinggalkan komentar yang relevan pada masing-masing blog yang Anda kunjungi agar komentar Anda disetujui oleh pemilik blog.

Baca review: Hosting terbaik Indonesia

Jangan melakukan tindakan spamming, dan lakukan blog commenting secara etis. Beberapa indikasi komentar kurang etis yang kemungkinan besar akan di list sebagai komentar spam oleh pemilik blog diantaranya menggunakan nama yang terlalu panjang (memuat kata kunci), jumlah kata dalam komentar terlalu sedikit, meminta pemilik blog untuk mengunjungi blog Anda, dan hanya bertujuan untuk berpromosi/meninggalkan link semata.

hosting murah gratis domain

236 Replies to “Cara Link Building Untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas”

  1. cara diatas sudah saya laksanakan dan mulai mendapat backlink dari situs-situs tersebut,tapi kok akhir2 ini pengunjung blog ane malah turun drastis ya..apanya yang salah

    1. Backlink hanya satu dari kesekian banyak materi pengukur dalam proses pemeringkatan.

  2. lengkap sekali ulasannya tentang link building, tulisannya juga bagus tinggal praktekin nih mas, terimakasih share yang bermanfaat, semoga bermanfaat juga buat lainnya

  3. rumit juga persoalan backlink, seberapa besar pengaruh backlink ke visitor suatu blog gan? dan bagaimana jika backlink tidak dilakukan secara rutin?

  4. sangat membantu sekali Gan.. berkat share sosial media alhmdllh ada hasilnya..
    ane tunggu ingfo-ingfo selanjutnya hehe

  5. Maaf min gue newbie dibidang ini. Gue mo tanya apa dengan berkomentar di blog orang lain seperti ini termasuk tanam backlink? Plis jawab ya min gue lg merintis karir hehe. thank infonya

    1. Benar, blogwalking kemudian meninggalkan komentar seperti yg Anda lakukan di blog ini juga termasuk salah satu aktivitas menanam backlink.

  6. Info yang sangat berkualitas, terutama buat blog atau website yang masih baru, karena back link sangat dibutuhkan untuk mensupport posisi situs di SERP. Thanks kawan ๐Ÿ™‚

  7. terkadang bnyk jg blog lama yg bahasan artikel bgs sekali namun sdh jarang dikunjungi oleh sipemilik blog, pdhal bnyk skali yg ingin sy tanyakan namun komentar sy tak kunjung ditampilkan krna mnggu moderasi dr sipemilik blog. wake up blogger..

  8. terima kasih gan atas infonya.. sangat bermanfaat, teryata untuk menanam backlink itu banyak sekali metode yang bisa d lakukan.. sangat bermanfaat..

    1. Backlink dari Wikipedia bisa didapat dengan cara menautkan link sebagai sumber referensi atau untuk tujuan terkait. Yang perlu Anda ketahui, terdapat pembatasan dalam menautkan link blog pribadi & komersil.

  9. saya sudah mempelajari perihal backlink sejak beberapa bulan terakhir. hanya saja, saya tetap merasa sulit untuk memahami konsep backlink dengan baik. saya lebih fokus pada kualitas artikel untuk menarik banyak pengunjung dibandingkan menggunakan backlink

  10. Terima kasih sebelumnya sobb atas informasinya, semoga ini bisa membantu saya dalam mengoptimasikan blog saya.

  11. apakah mencari link building dari facebook dan twitter akan terbaca sebagai backlink di google webmaster tool, karna selama ini saya tidak pernah mendapatkan backlink dari situs tersebut

    1. Setiap backlink akan terbaca oleh Google Webmaster Tools. Silakan cek pada menu Links to Your Site di GWT.

  12. Terima kasih atas penjelasanya, tpi saya masih penasaran dengan backlink gov dan edu, bagaimana caranya model redirect tersebut dianggap sebagai backlink, terima kasih

  13. Dan meninggalkan komentar di website bloggerlamongan.com juga merupakan salah satu cara menanam backlink yang baik di website populer. Terima kasih gan artikelnya sangat menambah wawasan.

  14. kalo building di domain .edu / .gov apakah masih ada efek?
    backlink saya menurun karena jarang update blog.
    terimakasih atas infonya mas.

    1. Salah satu poin terpenting dalam link building adalah nilai relevansi.

      Backlink Anda menurun bukan karena jarang update blog, tapi karena backlink-backlink tersebut dihapus oleh pemilik situs atau situs pemberi backlink sudah inactive.

  15. Gan, kalau ane mau tanya. Saya punya blog yang pertama DA tinggi sekitar 90 nah saya juga punya blog yang kedua dan pakai domain TLD.

    Niatnya saya pakai blog dengan DA 90 tadi buat nanem backlink menuju blog TLD tadi. Nah saya memakai fitur “Daftar Link” di blogger (di add new gadget di tata letak itu lho gan), saya kasih link tiap pos dengan anchor textnya judul artikel. dan jumlah linknya sekitar 60an dalam semalem, potensi kena penalti gak ya gan ? thanks sebelumnya. salam bloggersakti.

    Tolong balas pertanyaan saya ini via email ya gan

  16. Makasih min. Aku masih newbie di dunia blogging. Pengen belajar and bisa ngasilin duit biar ga ngerepotin orang tua.

    Blog saya msih sepi pengunjung.

    Bakal sering main ke sini nih. Buat bljar

  17. Sangat membantu sekali gan. Terutama buat para blogger pemula yang fungsinnya biar blognya bisa banyak visitor, Makasih gan buat artikelnnya

  18. klo untuk banyak blog bagaimana? apakah harus melakukan hal tersebut 1 per 1 ataukah ada cara yang lebih cepat? mengingat blog yang begitu bayak.

  19. Kalau boleh tau gimana ya cara yang cepat dan ga ribet menghubungkan blogspot ke fb , sehingga artikel yang kita buat bisa muncul di fb ?

    1. Silakan buat akun di dlvr.it, selanjutnya hubungkan blog Anda dengan akun/halaman FB Anda menggunakan feed.

      Langkah-langkahnya cukup mudah, jadi tidak perlu saya jelaskan.

      1. apakah setiap saya postingan blog langsung dapat terhubung atau saya harus posting di dlvr.it ?

  20. sekarang kalau bikin postingan blogspotnya jadi ( .co.id ) ya bukan .com susah ke indeknya lagi ๐Ÿ™

  21. yang pertama saya mau ucapkan terimakasih mas,
    ada beberapa pertanyaan yang mengganjal saya nih mas,
    1. usia berapa blog bisa di buatkan backlink?
    2. berapa jumlah maksimal backlink per harinya?
    3. apa backlink harus menggunakan anchor teks?
    4. bagaimana memilah backlink yang baik?
    5. bangun link dengan blog dummy, apa itu tidak kena Algoritma Google?
    6. untuk backlink sendiri ada persentasenya gak mas, misal harus ke homepage %? atau langsung menuju artikel berapa %?
    7. maaf kebanyakan nanya hihihiโ€ฆโ€ฆ.

    1. 1. Yang penting natural
      2. Tidak ada patokan
      3. Anchor text dampaknya lebih baik
      4. Relevansi, pagerank, natural
      5. Tidak, jika terkesan natural dan relevan
      6. Blog baru fokus ke homepage, blog berusia ke URL yang ditarget.
      7. Tidak mengapa, berbagi itu kan baik.

  22. Saya juga pernah menemui blogger yang berkomentar di blog saya, isi komentarnya sama sekali tidak relevan dengan artikelnya, isinya hanya minta dikunjungi balik, dan dia menyertakan alamat blognya. Kalau admin menemukan blogger seperti itu, what will you do? Langsung dihapuskah? Dibiarkan? Mengunjungi lalu mengomentari apa yang ia tulis di blog kita bahwa itu salah?

    1. Backlink bekualitas ditentukan oleh sejumlah faktor, tidak semata-mata karena backlink tersebut menggunakan atribut dofollow. Beberapa kriteria backlink berkualitas diantaranya adalah relevan, natural, dan berupa anchor text keyword.

  23. saya masih sedikit bingung untuk cara pencariannya , mungkin saya sangat pemula dalam masalah ini , tapi artikelnya sudah memberikan saya bayangan yang cukup untuk mencari backlink

  24. sangat membantu sekali buat blogger pemula seperti saya gan…semoga barokah dari artikel bermanfaat ini..amin

  25. backlink yang mana gan yang paling banyak agan terapkan di blog agan ini?dan sekiranya yang paling efektif yang mana ya? mohon pencerahannya

  26. yang paling efektif dan efisien yang mana gan ya?cukp efektif tapi tidak memakan waktu banyak dalam kita melakukan backlink pada blog kita?

  27. Tidak pakai lama lama, kita langsung praktekan saja. Eniwe, trmksh atas informasi nya, sangat manfaat ๐Ÿ™‚

  28. makasih gan infonya, yg saya mau tanyakan apakah aman jika kita membuat puluhan blog sendiri dan memasukkan link blog kita yang ingin kita beri backlink. intine tanam backlink di beberapa blog sendiri.

  29. membangun backlink berkualitas memang diperlukan untuk meningkatkan seo dan juga meningkatkan pengunjung blog kita… semakin bagus backlink yang kita bangun semakin bagus peringkat seo dan semakin meningkat pengunjung blog kita….

  30. Sedikit keganggu juga sama komentator yang bilang kunbal ato folbek, secara kita bikin artikel susah payah (walau copas beberapabiggrin) tp kan biasanya yang komen begitu , dia gabaca artikelnya, yang dia tau cuma backlink backlink dan backlink sad
    semoga para komentator spam macam kunbaler baca post ini bro, biar sadar kalau yang mereka lakuin itu spam biggrin
    makasih udah mengingatkan smile.

    1. Tergantung teknik link building yang dilakukan jasa backlink bersangkutan. Jika backlink dibangun secara manual tentunya tidak masalah.

  31. noffolow cuman dhitung doank tapi gk ngaruh pringkat . soalny google ngangep cuman kyk widget ato aplah yg biasany noffolow

  32. Ya Tuhan Semoga Situs Ini Selalu Menjadi Blog Ternama Diindonesia !! Berkat Artikel Ini Situs Utama Saya Dapat 120+ Link In Alexa Dalam Waktu 4 Minggu !! Sungguh Bermanfaat Keep Update Mas

  33. wooow, luar biasa, artikel yang sangat menarik, begitu banyak hal yg dapat dilakukan untuk mendapatkan backlink, awalnya nya saya ngak percaya, namun setelah saya coba TERBUKTI ada hasilnya

  34. Saya masih bingung bagaimana para master seo mendapat backlink dari luar. seperti yang banyak beredar mengenai blog edu, gov dan sebagainya. Gimana mereka para master menanam backlink di blog tersebut? mohon penjelasannya gan?

  35. min, sebelumnya terimakasih untuk artikel ini.
    saya mau tanya, untuk backlink dari social network seperti facebook, twitter, dll apa harus dilakukan post manual? atau bisa juga dengan auto post dengan memanfaatkan twiterfeed saja?

  36. Sekali lagi terima kasih gan, baru sekali ini mengunjungi blog agan sudah beberapa artikel yang saya baca dan saya mendapatkan ilmu yang betmanfaat untuk memperbaiki blog saya. Sekali lagi terima kasih gan. Salam sukses

  37. Jika kita memiliki sebuah account sebuah situs yang memiliki reputasi tinggi, dan comment dalam forum dengan mencantumkan tautan blog kita apakah bisa mendapatkan backlink?

    1. pada :
      6. Blog baru fokus ke homepage, blog berusia ke URL yang ditarget.

      Minimal berapa bulan usia web nya sdh bisa targetkan pada URL nya.
      Terima kasih sebelumnya

  38. Link Builidng Aakah berpengaruh besar dengan Seo ? Dengan algoritma Google tahun 2016 ini dan Bulan ini sangat kacau ? Apakah ada link yang bisa menarik perhatian google ?

  39. Makasih mas informasinya sangat bermanfaat sekali,
    oia ada pengaruh ga skrng? soalnya kan google rajin tuh updatenya

  40. Mantap buat nambah ilmu sepputar SEO, tapi saya belum tau persis tentang RSS feed submission, tolong dijelaskan di artikel selanjutnya. makasih gan ilmunya bagus.

  41. ohya min.. kalau sudah dapat blog yang bagus, lalu kita tinggal contact admin nya aja atau kita harus buat permohonan dulu mas ? soalnya biasanya kalau kita langsung contact admin, biasanya 95% diabaikan nih…

  42. artikelnya sangat sistematis sehingga mudah dipahami, ditunggu artikel berikutnya..
    terimakasih min salam sukses terus..

  43. Hight backlink di kupas disini kumplit,dan ternyata sudah rame . Blog nya sangat bermanfaat , mau di coba praktekin . Terima kasih semoga makin rame gan

  44. mau tanya gan,,, bagusnya kita buat backlink yang mengarah ke homepage apa ke postingan ya?
    soalnya saya masih pemula dan selama ini belum pernah coba link bulding,, palingan cuma bisa share ke sosmed.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *