8 Cara Mengatasi PlayStore Tidak Bisa Download

8 Cara Mengatasi PlayStore Tidak Bisa Download

Google PlayStore adalah tempat download aplikasi lengkap yang disediakan oleh Google bagi para pengguna OS Android. Meskipun diluar sana Anda bisa download APK, namun PlayStore diyakini memiliki sistem proteksi yang jauh lebih aman untuk perangkat pengguna.

Dalam uraian ini, kita akan menjelaskan cara mengatasi PlayStore tidak bisa download aplikasi atau download pending. Anda dapat menerapkan metode yang dijelaskan dibawah ini agar kembali bisa menginstal aplikasi lewat Google Playstore dengan sebagaimana mestinya.

Cara Mengatasi PlayStore Tidak Bisa Download Aplikasi

Saat Anda membuka Google PlayStore di Android dan ingin download game atau aplikasi, Anda mungkin pernah dihadapkan dengan munculnya keterangan “unduhan tertunda” atau “download pending” yang ditampilkan di layar HP Anda.

Baik karena muncul keterangan download pending ataupun sama sekali tidak bisa download aplikasi di PlayStore, ada solusi yang dapat Anda gunakan untuk menghentikan munculnya kesalahan unduhan setelah menggunakan Google Play Store.

  Cara Mengganti Nama Aplikasi di HP Android

1. Restart HP Anda

Seringkali perangkat (HP) Anda memerlukan pengaturan ulang baru, terutama jika Anda baru saja mengubah pengaturan atau perlu menjadwalkan pembaruan pada sistem operasi Anda. Ini juga memperbaiki masalah membuka banyak aplikasi yang tidak dapat Anda hentikan secara paksa, jadi cara mudah untuk mengatasinya adalah dengan melakukan restart cepat.

2. Cek Download Update Aplikasi

Jika Anda melakukan terlalu banyak unduhan dan pembaruan (secara bersamaan), daftarnya bisa menjadi sangat banyak, yang mungkin menyebabkan terjadinya pending saat mendownload.

Kelola unduhan Google Play Store Anda dengan memeriksa statusnya. Kami menyarankan untuk menjeda pembaruan dan melanjutkan antrean setelah Anda memperoleh game atau aplikasi di perangkat Anda. Jika tidak, atur agar Anda secara manual dapat melakukan pembaruan sendiri.

3. Cek Koneksi Internet Anda

Anda mungkin telah mematikan data seluler atau koneksi Wi-Fi. Jika sumber internet Anda tidak dapat diandalkan, pertimbangkan kembali waktu dan tempat untuk download aplikasi. Anda juga dapat melakukan tes kecepatan internet untuk melihat apakah sumber lain menggunakan bandwidth Anda. Jika tidak, mulai ulang router Anda dan coba lagi.

Anda dapat menyimpan unduhan yang lebih besar untuk jaringan Wi-Fi pribadi dan menonaktifkan sementara pembaruan otomatis dengan aplikasi lain.

  Cara Memperbaiki Pembaruan Aplikasi di Google Play Stuck (Pending)

Saat mengunduh game dan aplikasi di paket data, Anda mungkin mengalami pembatasan atau prioritas jaringan, yang menyebabkan kecepatan internet Anda melambat.

4. Periksa Kapasitas Penyimpanan HP Anda

Terkadang, kesalahan unduhan tertunda disebabkan oleh kurangnya ruang pada penyimpanan internal atau kartu SD Anda. Tidak sedikit aplikasi permainan dengan kebutuhan ruang penyimpanan yang besar. Untuk memberi ruang bagi aplikasi dan game baru, sisakan ruang di penyimpanan internal atau kartu SD Anda. Untuk mengetahui berapa banyak ruang yang tersisa, kunjungi tab Ikhtisar PlayStore.

5. Update Aplikasi Google PlayStore

Biasanya, Google PlayStore meminta pembaruan setelah dibuka. Namun Anda mungkin telah menginstal Google PlayStore dengan file APK atau sumber App Bundle di perangkat Anda. Jadi, untuk memastikan Google PlayStore Anda adalah versi terbaru dan stabil, periksa dengan sumber APK tepercaya apakah Anda telah menggunakan versi terbaru.

6. Hapus PlayStore Lalu Install Ulang

Jika Anda curiga Anda menggunakan versi aplikasi Google Play yang tidak semestinya, hapus instalan seluruh aplikasi seperti yang Anda lakukan pada aplikasi apa pun. Silahkan buka menu Pengaturan, buka Aplikasi, lalu ketuk Copot Pemasangan.

Jika versi Google PlayStore saat ini tampak tidak stabil (jarang terjadi, namun dapat terjadi jika Anda memasang aplikasi dari sumber tidak resmi), pertimbangkan untuk kembali ke versi aplikasi yang lebih lama untuk mencopot pemasangan pembaruan.

  Cara Mengatasi Lupa Passcode iPhone Tanpa Reset?

7. Update Sistem Operasi HP Anda

OS (sistem operasi) Anda mungkin sudah usang, dan Anda mungkin perlu menerapkan beberapa patch keamanan. Masuk ke menu Pengaturan di ponsel Anda untuk melihat apakah perangkat Anda memiliki pembaruan sistem yang telah tersedia. Jika pebaruan OS telah tersedia, silahkan download untuk melakukan pembaruan OS.

8. Hapus Cache dan Data

Umumnya, ketika pembaruan suatu aplikasi tidak berfungsi, langkah pertama adalah melihat aplikasi tersebut dan menghapus cache dan data. Sebelum memilih opsi hapus data, hapus cache aplikasi. Menghapus cache akan merapikan perangkat Anda dan mencegah file-file sementara menghabiskan terlalu banyak ruang. Jika ruang penyimpanan Anda terbatas, kosongkan cache setiap hari.

Di sisi lain, jika Anda mencoba untuk mendorong pembaruan dan masih menerima kesalahan unduhan yang tertunda, hapus datanya. Menghapus data akan menghapus data pengguna, termasuk pengaturan yang dipersonalisasi, file sementara, dan data yang terkait dengan aplikasi. Data login yang disimpan juga dihapus, dan akan berperilaku seperti Anda baru saja mengunduh aplikasi. Terkadang, menghapus data diperlukan ketika file yang rusak ada di aplikasi, sehingga mencegah pembaruan dilakukan.