6 Aplikasi Backup Android Terbaik

Aplikasi Backup Android

Sebaiknya jangan lupa untuk melakukan backup (membuat cadangan) data Anda di Android. Dalam ulasan ini, kami akan membahas berbagai aplikasi backup Android terbaik dan beberapa metodenya.

Anda perlu membuat cadangan file di HP Anda. Ini adalah salah satu hal terpenting yang perlu dilakukan dengan perangkat smartphone milik Anda. Anda tidak pernah tahu kapan sesuatu akan terjadi, dan Anda tidak ingin kehilangan data-data Anda di HP.

Untungnya, ada banyak cara untuk backup file dan aplikasi Anda di Android. Untuk daftar ini, kita akan melihat aplikasi backup data Android terbaik. Secara umum, kecuali Anda adalah pengguna HP Android yang sudah di root, opsi terbaik biasanya adalah penyimpanan cloud dan layanan backup yang disediakan Google, namun kita akan membahasnya lebih detail dibawah ini.

Daftar Aplikasi Backup Android Terbaik

Dibawah ini bisa disimak tentang kumpulan aplikasi cadangan Android gratis terbaik yang bisa Anda coba. Anda dapat memilih aplikasi yang memiliki fitur yang Anda perlukan sebagaimana dijelaskan secara ringkas berikut ini.

1. Solid Explorer

Solid Explorer adalah pengelola file yang menyediakan sejumlah opsi dan manfaat untuk membantu melakukan backup di HP Android Anda. Ini dapat digunakan untuk mencadangkan data ke kartu SD atau ke pilihan layanan pencadangan cloud online.

Hal yang menyenangkan tentang aplikasi ini adalah memungkinkan Anda menjelajahi perangkat untuk menemukan dan mengelola file dan folder. Anda dapat mencari berdasarkan nama, ukuran file, dan berbagai filter lainnya. Bahkan memberi Anda kemampuan untuk mengatur data Anda dan secara otomatis mengaturnya ke dalam koleksi yang mudah dikelola. Selain itu, Anda dapat menganalisis penyimpanan untuk menemukan aplikasi atau file apa pun yang menghabiskan banyak ruang.

Solid Explorer juga memungkinkan Anda memilih data penting untuk mengamankannya dengan enkripsi AES yang kuat. Aplikasi ini memastikan data penting Anda tidak tersedia sama sekali untuk aplikasi lain. Untuk mengakses data terenkripsi di folder yang dilindungi, Anda dapat mengatur kata sandi atau menggunakan pembaca sidik jari.

  Aplikasi Video Bokeh iPhone XR Full HD Gratis

Konsumen yang ingin mencadangkan ke drive NAS dan server lain akan senang mengetahui bahwa aplikasi ini kompatibel dengan berbagai protokol jaringan, termasuk FTP, SMB, SFTP, dan WebDAV. Plus, aplikasi ini memiliki dukungan untuk pengarsipan (file ZIP, 7ZIP, RAR dan TAR).

2. Autosync

Autosync atau Sinkronisasi otomatis oleh MetaCtrl menjadi yang teratas dalam daftar cadangan Android gratis terbaik karena memiliki nilai 4,6 dari 5 di Play Store. Aplikasi ini tersedia untuk berbagai pencadangan cloud yang berbeda. Ini berarti Anda bisa mendapatkan versi yang dirancang khusus untuk bekerja dengan penyedia penyimpanan cloud favorit Anda. Aplikasi tersedia untuk Google Drive, One Drive, MEGA, Dropbox, dan Box Sync.

Aplikasi ini intuitif dan memungkinkan Anda dengan mudah mencadangkan dan menyinkronkan file dan folder dari ponsel atau tablet Android Anda ke layanan cloud favorit Anda. Aplikasi yang sempurna untuk siapa saja yang ingin mencadangkan foto, video, dokumen, PDF, MP3, dan eBook. Terlebih lagi, Anda juga dapat menggunakan aplikasi ini untuk melakukan sinkronisasi antar perangkat. Artinya, jika Anda mengambil foto di ponsel Android, foto tersebut dapat menunggu di PC saat Anda tiba di rumah.

Satu hal yang kami sukai dari aplikasi ini adalah aplikasi ini menyinkronkan kedua arah secara otomatis. Jadi jika Anda menghapus file di perangkat Anda, file tersebut juga akan terhapus secara online (dan sebaliknya). Hasilnya, cadangan cloud Anda selalu merupakan replika persis dari apa yang ada di perangkat Anda untuk memudahkan pemulihan, jika diperlukan.

Karena ada versi untuk MEGA, Anda dapat dengan mudah memanfaatkan penyimpanan gratis sebesar 50 GB pada platform tersebut. Ini adalah pasangan yang sempurna jika Anda menginginkan aplikasi cadangan gratis dan ruang penyimpanan gratis.

Sinkronisasi otomatis itu sendiri dapat dikonfigurasi agar terjadi pada interval mana pun yang Anda inginkan. Anda dapat memilih setiap 15 menit, setengah jam, setiap jam, dll, tergantung kebutuhan pribadi Anda.

  Aplikasi Nonton Piala Dunia 2022 Qatar (Lengkap)

3. Swift Backup

Aplikasi backup Android terbaik Swift Backup adalah aplikasi pencadangan Android lainnya yang serbaguna dan mudah digunakan. Ini memungkinkan Anda dengan mudah mencadangkan file, folder, pesan SMS, log panggilan, wallpaper, dan file lain yang penting bagi Anda—seperti dokumen atau musik.

Aplikasi gratis ini kompatibel dengan pilihan layanan pencadangan cloud populer, termasuk Google Drive, Dropbox, OneDrive, Box, Mega, dan CloudMail.Ru. Selain itu, Anda dapat menggunakannya untuk membuat cadangan ke server WebDAV (Nextcloud, ownCloud, Synology NAS, dll) dan menggunakan protokol FTP dan SMB.

Hal hebat tentang aplikasi ini adalah tidak seperti aplikasi seperti Titanium dan Helium (yang dulunya merupakan aplikasi cadangan Android favorit konsumen), SwiftApps terus mengembangkan dan memperbarui aplikasi ini. Artinya, ini berfungsi tanpa masalah pada versi Android yang lebih baru.

Yang paling mengesankan, aplikasi ini memulihkan sebagian besar aplikasi sehingga Anda masih masuk dan bahkan sering kali mengembalikannya ke layar beranda persis di tempat Anda menyimpannya.

4. Resilio Sync

Resilio Sync adalah aplikasi sempurna bagi mereka yang ingin mencadangkan data secara mandiri, tanpa mengkhawatirkan potensi implikasi privasi apa pun yang terkait dengan penyimpanan cloud.

Aplikasi ini memungkinkan Anda mencadangkan data ke komputer Anda secara Peer to Peer, menggunakan protokol BitTorrent. Ini melibatkan pengaturan koneksi antara dua perangkat Anda sehingga keduanya dapat disinkronkan. Aplikasi ini memudahkan seluruh proses dengan memungkinkan Anda menautkan perangkat menggunakan kode QR. Dan, Anda dapat mencadangkan melalui jaringan lokal, meskipun internet Anda mati.

Setelah diatur, Anda dapat mencadangkan data sebanyak yang Anda suka. Pada akhirnya, Anda hanya dibatasi oleh seberapa banyak ruang penyimpanan yang Anda miliki di komputer PC, MacBook, perangkat NAS, atau server Anda. Anda bahkan dapat mencadangkan ke kartu SD jika mau.

Tidak seperti beberapa aplikasi lain yang kami rekomendasikan, Resilio memungkinkan Anda mencadangkan file dan folder apa pun di perangkat Anda. Ini termasuk foto, video, musik, PDF, dan dokumen penting lainnya yang ada di ponsel pintar atau tablet Android Anda.

  11 Aplikasi Edit Video di HP Terbaik Untuk Android

Sinkronisasi selektif memungkinkan Anda memilih apa yang ingin Anda simpan ke komputer Anda. Dan, setelah dicadangkan, Anda dapat memilih untuk menghapus konten dari perangkat Android Anda untuk menghemat ruang. Selain itu, untuk memastikan integritas data Anda saat transit, file diamankan dengan enkripsi AES-128 yang kuat. Dan kuncinya berasal dari rahasia yang bisa Anda bagikan kepada teman jika ingin berbagi data.

5. Google Photo

Google Photo adalah aplikasi yang memiliki 4,4 bintang dari 5 bintang di Google Play Store, dan dalam hal mencadangkan foto secara gratis, ini masih merupakan pilihan yang layak. Paket gratisnya memungkinkan Anda menyimpan foto hingga 15 GB, yang merupakan jumlah ruang yang cukup untuk membantu Anda beraktivitas.

Aplikasi ini memungkinkan Anda dengan mudah mencadangkan foto secara otomatis. Setelah Anda menyimpannya di cloud, Anda dapat memilih untuk menghapusnya dari perangkat Android Anda. Ini menghemat ruang. Ini juga mencakup rangkaian pengeditan yang memungkinkan Anda memanipulasi gambar. Selain fitur cerita yang secara otomatis membuat film pendek dari foto Anda, dan berbagai fitur saran berbagi lainnya.

Selain itu, Anda dapat mencari foto Anda menggunakan berbagai filter, dan dapat menggunakan fitur lensa Google untuk mencari informasi dari dalam foto dan mengekstraknya (seperti teks, misalnya).

6. Super Backup and Restore

Aplikasi backup Android terbaik Super Backup and Restore adalah aplikasi backup Android yang memiliki 4,2 bintang yang mengesankan di Google Play store. Ini adalah aplikasi pencadangan andal untuk ponsel dan tablet Android yang dengan mudah memungkinkan Anda mencadangkan data seperti aplikasi, kontak, pesan SMS, log panggilan, dan kalender ke kartu SD. Kemampuan untuk mencadangkan file APK dari perangkat Anda ke kartu SD juga berarti Anda dapat berbagi aplikasi tersebut dengan teman.

Super Backup and Restore memungkinkan Anda menjadwalkan backup otomatis, yang menjadikan seluruh proses menyenangkan dan mudah.

Leave a Reply